Pengembangan Paket Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian I dengan Model Dick, Carey
& Carey di Prodi PAI STIT Raden Rahmat Kepanjen
Malang
Saifuddin
Abstrak
Metodologi Penelitian I
merupakan salah satu matakuliah yang termasuk dalam kelompok Matakuliah
Keilmuan dan Keterampilan (MKK) pada Prodi PAI, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
(STIT) Raden Rahmat Kepanjen Malang. Matakuliah dengan kode MKK. 216 ini
biasanya diprogram pada semester VI dengan bobot satuan kredit semester (sks)
dan jam semester (js) masing-masing adalah 2.
|
Berdasarkan
hasil penelitian pendahuluan, dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan dan
penguasaan metodologi penelitian mahasiswa cukup rendah. Hal ini nampak dari
hasil ujian skripsi –sebagai tugas akhir– yang dilaksanakan selama bulan Juli
sampai Agustus 2008. Penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam
membuat skripsi ini merupakan sarana edukatif, sehingga lebih mementingkan
validitas internal (caranya yang harus betul) (Sugiyono, 2008:8), yakni metode
penelitian yang digunakan benar, sistematika penulisan benar dan alur pikir
antar bab runut dan konsisten. Akan tetapi, dari 443 mahasiswa yang mengikuti
ujian, kurang lebih hanya 12.5% (yakni ± 55 mahasiswa) dari peserta yang benar.
Hal ini
tentu disebabkan oleh rendahnya penguasaan metodologi penelitian. Rendahnya
penguasaan metodologi penelitian ini disebabkan oleh beberapa hal: (1) di STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang
belum ada sumber belajar yang dirancang secara sistematis untuk matakuliah
Metodologi Penelitian I, (2) relatif masih rendahnya minat dan motivasi
mahasiswa dalam belajar meneliti, (3) minimnya pemahaman mahasiswa terhadap
manfaat matakuliah metodologi penelitian dalam pengembangan khasanah keilmuan,
(4) materi bahan ajar belum disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik
mahasiswa STIT Raden Rahmat, (5) kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran.
Permasalahan-permasalahan
yang berkaitan dengan pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian I perlu
segera mendapat pemecahan, karena bila dibiarkan akan dapat menghambat proses
pembelajaran. Hal ini tentu berimplikasi pada mutu lulusan yang rendah dan
tidak memiliki kompetensi di bidang pendidikan agama Islam, yang ditopang oleh
kemampuan melakukan penelitian yang bagus. Masalah penting yang harus segera
ditangani adalah pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan
kebutuhan mahasiswa STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang. Oleh karena itu,
pengembang ingin mendesain dan mengembangkan paket pembelajaran matakuliah
metodologi penelitian I untuk mahasiswa STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang
dengan model Dick, Carey & Carey, sebagai salah satu solusi untuk
memecahkan kesulitan tersebut.
Paket pembelajaran yang
dikembangkan meliputi bahan ajar, panduan dosen, panduan mahasiswa, dan media
visual berupa CD (Compact Disk) yang berisi keseluruhan bahan ajar,
panduan dosen, panduan mahasiswa, dan rangkuman dalam bentuk powerpoint yang
didesain dengan sistem hyperlink dalam bentuk offline dan media
CD pembelajaran ini digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar.
Dari hasil
penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa antara pretes dan postes berbeda
sangat signifikan (P 0.000; df = 29; t = -17.462), dengan selisih perbedaan
antara keduanya sebesar -25.8333. Nilai negatif pada selisih keduanya menunjukkan pretes
lebih rendah daripada postes. Artinya dengan penggunaan paket pembelajaran
tersebut telah mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 25,83
dibanding kondisi sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa paket pembelajaran terbukti efektif secara signifikan untuk
meningkatkan capaian hasil belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil
penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan persentase
dan kualitas cara pemanfaatan paket pembelajaran ini diajukan. Saran tersebut
adalah (1) pemanfaatan paket pembelajaran ini lebih efektif jika menggunakan
strategi pembelajaran yang dianjurkan (sebagaimana tertuang dalam panduan dosen
dan panduan mahasiswa), (2) dengan memanfaatkan media CD pembelajaran yang
telah dirancang dengan sistem hyperlink yang merupakan bagian integral
dari paket pembelajaran.
Kata kunci:
pengembangan, metodologi penelitian, model Dick, Carey & Carey
No comments:
Post a Comment