RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : SDN
Pranggong III
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
I / I
Materi Pokok : Kasih
Sayang ( pel.1 )
Alokasi Waktu : 1 x 2 JP
I.
Kasiah
Sayang Nabi Muhammad saw.
A. Kompetensi Inti
3.
Memahamipengetahuan factual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq
mulia.
B.
Kompetensi Dasar
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw.
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammada
saw.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menceritakan, menyebutkan, dan menunjukkan
kasih kepada saying Nabi Muhammad saw.
D.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik mampu dapat:
1.
Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad
saw.
2.
Menyebutkan kasih saying Nabi
Muhammad saw.
3.
Menunjukkan sikap kasih saying Nabi
Muhammad saw.
E.
Materi
Pembelajaran
Kasih
sayang kepada Nabi Muhammad saw.
F.
MetodePembelajaran
Metode:
1.
Ceramah, penugasan, Tanya Jawab,
eksperimen.
2.
Drill (latihan), sciantifiq.
Model :
Direct Instruction(model pengajaranlangsung) dipadukan dengan model make a match
(membuat/mencari pasangan),
G.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
||||||||||||
1.
|
Pendahuluan
|
10 menit
|
||||||||||||
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1.
Guru meminta peserta didik mengamati gambar seri (1.1),(1.2),(1,3),(1.4)
tentang kejujuran di dalam buku teks.
2.
Peserta didik mengemukaan isi gambar tersebut.
b.
Menanya
1.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar terebut.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
1. Guru meminta kembalai pendapat peserta didik dari isi gambar pada
halaman berikutnya ( tentang sikap jujur)
d.
Asosiasi
1. Guru menyampaikan sikap jujur nabi Muhammad saw. ( berikan ilustrasi
gambar tersebut )
2. Pada kolom “sikapku” guru meminta peserta didik selalu berkata dan
berbuat juju”
e.
Komunikasi.
1. Guru membimbing peserta didik menyanyi “ aku anak jujur”
|
115 menit
|
||||||||||||
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
yang belum lancar dalam melakukan perilaku
hidup seperti rasulallah dan harakatnya;
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaiaan
Tugas
·
Mengisi
rubrik tentang cinta
Rasulallah
Contoh:
Beri tanda (V)
di kolom “ ya” atau “tidak”
No.
|
Uraian
|
Ya.
|
Tidak
|
1.
|
Aku selalu berbuat jujur kepada orang tua,
guru, dan temanku.
|
|
|
2.
|
Anak jujur akan beruntung
|
|
|
3.
|
Aku yang tidak jujur akan merugi.
|
|
|
4.
|
Aku yang jujur punya banyak teman.
|
|
|
5.
|
Aku selalu mengakui kesalahan yang telah
kuperbuat.
|
|
|
Observasi
·
Mengamati gambar berisi tentang pesan
kejujuran..
Portofolio
·
Membuat
paparan tentang
kejujuran.
Tes
·
Tes
bentuk lisan ”
Ayo berlatih
1.
Nabi Muhammad saw. Adalah teladan bagi …..
2.
Nabi Muhammad saw. Selalu jujur dalam …… dan
……
3.
Berkat kejujurannya Nabi Muhammad saw. Mendapat
gelar…..
4.
Anak yang jujur akan ……
5.
Anak yang bohong akan …………….
Jawaban 1.
Manusia. 2. Kata dan perbuatan.
3. Al-Amin. 4. Bayak teman.5. dijauhi
teman.
Keterangan: (kegiatan pelaksanaan
model make a match)
No.
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jml skor
|
Nilai (MK,MB,MT,BT)
|
Ket.
|
||||||||||||||||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
inisiatif
|
Penguasaan materi
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
1.
Apabila peserta didik belum memperlihat kanperilaku yang
dinyatakan dalam indikator.
2.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum
konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten
yang dinyatakan dalam indikator.
4.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
Rentang Skor = Skor Maksimal-Skor Minimal
= 16 - 4 = 12
MK = 14 - 16
MB = 11- 13
MT = 8 - 10
BT = 4-7
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek.
|
Nilai
|
|||
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
||
1.
|
Penguasanaan materi
|
|
|
|
|
2.
|
Penguasaan Nilai-nilai
|
|
|
|
|
3.
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4.
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
*Catatan kriteria:
4 = Sangat Baik 3 = Baik 2
= Sedang 1 = Kurang Baik
I.
SumberBelajar
2.
Buku Belajar yang relevan
3.
Poster tulisan
4.
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Mengetahui Pranggong,
…………………..
Kepala
SDN Pranggong III Guru
Mata Pealajaran PAI
SUKENDAR,S.Pd AKHMAD
NAKIDIN, S.Pd.I.
NIP. 196606261988031010 NIP. 196507032007011011
No comments:
Post a Comment