Saturday, 31 October 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAI Kelas 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD/MI                                  :    SDN Pranggong III
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                   :    I / I
Materi Pokok                      :   Kasih Sayang ( pel.1 )
Alokasi Waktu                    :   1 x 2 JP

I.          Kasiah Sayang Nabi Muhammad saw.

A.      Kompetensi Inti
3.   Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.
B.            Kompetensi Dasar      
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammada saw.          

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Menceritakan, menyebutkan, dan menunjukkan kasih kepada saying Nabi Muhammad saw.
D.      Tujuan Pembelajaran   
Peserta didik mampu dapat:  
1.      Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw.
2.      Menyebutkan kasih saying Nabi Muhammad saw.
3.      Menunjukkan sikap kasih saying Nabi Muhammad saw.
E.       Materi Pembelajaran
Kasih sayang kepada Nabi Muhammad saw.
    
F.       MetodePembelajaran

Metode:
1.    Ceramah, penugasan, Tanya Jawab, eksperimen.
2.    Drill (latihan), sciantifiq.
Model :
Direct  Instruction(model pengajaranlangsung) dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan),

G.      Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)
Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoaBersama
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)
Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
6)
Guru dapat memanfaatkan model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masingmasing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.      Guru meminta peserta didik mengamati gambar seri (1.1),(1.2),(1,3),(1.4) tentang kejujuran di dalam buku teks.
2.      Peserta didik mengemukaan isi gambar tersebut.

b.    Menanya
1.      Guru memberikan penjelasan  tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar terebut.
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
1.      Guru meminta kembalai pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya ( tentang sikap jujur)

d.    Asosiasi
1.      Guru menyampaikan sikap jujur  nabi Muhammad saw. ( berikan ilustrasi gambar tersebut )
2.      Pada kolom “sikapku” guru meminta peserta didik selalu berkata dan berbuat juju”
e.    Komunikasi.
1.      Guru membimbing peserta didik menyanyi “ aku anak jujur”


115 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melakukan perilaku hidup seperti rasulallah dan harakatnya;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15 menit

H.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaiaan
Tugas
·      Mengisi rubrik tentang cinta Rasulallah
Contoh:
Beri tanda (V) di kolom “ ya” atau “tidak”
No.
Uraian
Ya.
Tidak
1.
Aku selalu berbuat jujur kepada orang tua, guru, dan temanku.


2.
Anak jujur akan beruntung


3.
Aku yang tidak jujur akan merugi.


4.
Aku yang jujur punya banyak teman.


5.
Aku selalu mengakui kesalahan yang telah kuperbuat.



Observasi
·      Mengamati gambar berisi tentang pesan kejujuran..

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kejujuran.
Tes
·      Tes bentuk lisan
Ayo berlatih
1.      Nabi Muhammad saw. Adalah teladan bagi …..
2.      Nabi Muhammad saw. Selalu jujur dalam …… dan ……
3.      Berkat kejujurannya Nabi Muhammad saw. Mendapat gelar…..
4.      Anak yang jujur akan ……
5.      Anak yang bohong akan …………….
Jawaban  1.  Manusia. 2.  Kata dan perbuatan. 3. Al-Amin. 4. Bayak teman.5.  dijauhi teman.
Keterangan: (kegiatan pelaksanaan model make a match)

No.
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket.
Kerja sama
Keaktifan
inisiatif
Penguasaan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4















































Catatan:
1.    Apabila peserta didik belum memperlihat kanperilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.
Rentang Skor    =  Skor Maksimal-Skor Minimal
                          =  16 - 4 =  12
MK           =   14 - 16
MB           =   11-  13
MT            =   8 - 10
BT            =   4-7

Keterangan:           
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

Rubrik Penilaian

No.
Aspek.
Nilai
1.
2.
3.
4.
1.
Penguasanaan materi




2.
Penguasaan Nilai-nilai




3.
Keaktifan




4.
Kesantunan





*Catatan kriteria:
4 = Sangat Baik   3 = Baik          2 = Sedang      1 = Kurang Baik

I.         SumberBelajar
2.    Buku Belajar yang relevan
3.    Poster tulisan
4.    Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


                                    Mengetahui                                               Pranggong, …………………..
                                    Kepala SDN Pranggong III                      Guru Mata Pealajaran PAI




                                   SUKENDAR,S.Pd                                   AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I.
                                   NIP. 196606261988031010                     NIP.  196507032007011011

No comments: