Saturday, 31 October 2015

RPP PAI KELAS 1.SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD/MI                      :      SDN Pranggong III
Mata Pelajaran       :      Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester       :      I / I
Materi Pokok          :      Kasih Sayang Allah Swt.
Alokasi Waktu        :      1 x 4 JP

A.    Kompetensi Inti
4.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
3.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar         
1.2   Melafalkan Asmaulhusna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.
3.3   Mengenal makna Asmaulhusna : ar-Rahim, ar-Rahim, al-Malik   

C.    Tujuan Pembelajaran   
Peserta didik mampu:  
       1. melafalkan ar-Rahman, ar-Rahim
       2. mengartikan ar-Rahman, ar-Rahim
       3. menyebutkan kasih sayang Allah Swt.
D.    Materi Pembelajaran
Kasih sayang kepada Nabi Muhammad saw.
    
E.     MetodePembelajaran
Metode:
1.Ceramah, penugasan, Tanya Jawab, eksperimen.
2. Drill (latihan), sciantifiq.

Model :
Direct  Instruction(model pengajaran langsung) dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan),

F. KegiatanPembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.      Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.      Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.       Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.      Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi kasih sayang Allah Swt.
e.        Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik.
f.       Menyampaikan cakupan huruf hijaiyah dan harakatnya;
g.      Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, gambar kisah Nabi Muahaamd saw..
h.      Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
i.        Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya


10
menit
2.
Kegiatan Inti
j.        Mengamati
ü  Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah swt di dalam buku teks.
ü  Peserta didik mengemukaan isi gambar tersebut.

k.      Menanya
ü  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar terebut.

a.       Mengeksperimen/Mengexplorasi
ü  Guru meminta kembalai pendapat peserta didik dari isi gambar tentang “ kita wajib bersyukur kepad Allah Swt”

b.      Asosiasi
ü  Guru menyampaikan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari, seperti diri sendiri, teman, eduli terhadap lingkungan.
ü  Pada kolom “sikapku” guru meminta peserta didik bersama menyayangi keluarga, temanku dan sesama.
1.    Komunikasi.
ü  Guru membimbing peserta didik membacakan ar-Rahman, ar-Rahim

115 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum lancar dalam melakukan perilaku hidup seperti rasulallah dan harakatnya;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15 menit

G. Penilaian Hasil Belajar

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang cinta Rasulallah
Contoh:
Beri tanda (V) di kolom “ ya” atau “tidak”
No.
Uraian
Ya.
Tidak
1.
Aku bisa menyebutkan arti ar-Rahman


2.
Aku bisa menyebutkan arti ar-Rahim


Observasi
·      Mencari teman 5 anak daam satu kelompok. Diskusikan bersama, apa yang sebaiknya kalian lakukan bila teman sakit.

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan Aku sayang Allah Swt.

Tes
·      Tes bentuk lisan mengart”ikan ar-Rahman, ar-Rahim.

Keterangan: (kegiatan pelaksanaan model make a match)

No.
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket.
Kerja sama
Keaktifan
inisiatif
Penguasaan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































Catatan:
1.      Apabila peserta didik belum memperlihat kanperilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.
Rentang Skor    =  Skor Maksimal-Skor Minimal
                          =  16 - 4 =  12
                                     
MK   =   14 - 16
MB   =   11-  13
MT    =   8 - 10
BT     =   4-7

Keterangan:           
BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

Rubrik Penilaian

No.
Aspek.
Nilai
1.
2.
3.
4.
1.
Penguasanaan materi




2.
Penguasaan Nilai-nilai




3.
Keaktifan




4.
Kesantunan





*Catatan kriteria:
4 = Sangat Baik   3 = Baik          2 = Sedang      1 = Kurang Baik

H.  SumberBelajar
1. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
2. Buku Belajar yang relevan
3. Poster tulisan
4. Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


                                    Mengetahui                                               Pranggong, ………………….. 201
                                    Kepala SDN Pranggong III                      Guru Mata Pealajaran PAI




                                   SUKENDAR,S.Pd                                   AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I.
                                   NIP. 196606261988031010                     NIP.  196507032007011011

 

No comments: