Materi surah al-Falaq
b. pelaksanaan
peserta didik diajak mengamati dan menceritkan isi
gamabar.
Sub bab A membaca suarah al-Falaq
1. Guru
memberikan motivasi baaimana kelebihan orang yang membaca a-Qur’an alam buku
teks diawali dengan kalimat ‘ Ammati dan ceritakan amba berkut I “ di setap
akhir bab ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih.
2. Guru
menanyakan arti al-Falaq
3. Gru
menanakan manfaat surah a-Falaq
4. Guru
menanykan cerita yang terkandungi dalam srah al-Flaq
Membaca surah a-Falaq
1. Peserta
didik dimintamembaca surah al-Falaq bersama-sama dengan guru.
2. Peserta
didik mengamati penggalan surah al-Falaq da membaca ya hinga mahir.
3. Peserta
didik membaca suah al-Falaq ayat per
ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tad abaca, seperti membedakan sin
dengan shin, sa degan sin,tasdid, dst.
Sub bab B. Menghafal al-Falaq
1. Guru
memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca
al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan
ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah.
2. Peserta
didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat
buku teks.
3. Siapa
di antara kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk
memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta
didik menghafalkannya.
4. Guru meminta peserta didik membaca ayat per
ayat surah al-Falaq hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara
berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5. Guru
terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah
al-Falaq.
6. Pada
kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin
surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.
Catatan.
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru
membimbing peserta didik
untuk menghafal surah al-Falaq yang benar. Secara
individu peserta didik
menirukannya berulang sampai hafal. Kemudian
peserta didik diminta untuk
mendemonstrasikan hafalannya baik secara individu,
kelompok maupun klasikal.
Sub Bab C. Menulis Surah al-Falaq
1. Guru meminta peserta didik mencermati gambar
dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat
surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai
motivasi bagi teman-temannya.
2. Selanjutnya
guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung
huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3. Guru
mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat
garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau
dengan ba/dal, dan seterusnya.
4. Peserta
didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan
“Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq
dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.
Catatan umum.
Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensi
(membaca, menghafal, menulis) Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi
peserta didik yang tergolong lambat. Jangan lupa, senantiasa memberikan
motivasi belajar.
Pada kolom “Hikmah,” sebagai motivasi, guru
memberikan penjelasan singkat bahwa hadis nabi tersebut menceritakan sya'faat
keuntungan bagi orang yang membaca alQur’an, yaitu mendapat kebaikan yang
berlipat ganda.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman,” guru menyampaikan poin-poin
penting dalam pembelajaran
surah al-Falaq. Sub Bab C. Menulis surah al-Falaq.
5. Penilaian
Perhatikan kolom Ayo Berlatih, guru dapat
memberikan penilaian sbb.
Tugas A, Membaca.
Pada penilaian kompetensi membaca Guru terlebih dahulu
menentukan rentang nilainya.
Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat
kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu
bobot dan skornya pun harus sama.
Pada penilaian kompetensi membaca surah al-Falaq
setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik, sedang, kurang.
Ketentuan nilai masing-masing rentang sebagai
berikut:
Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan
kaidah (makhraj, panjang-pendek).
Rentang nilainya 90 - 100
•Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan
kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 80 - 89
•
Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang
sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 70 - 78
•
Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya
< 70
Untuk mengamati unjuk kerja peserta didik guru
dapat menggunakan alat atau
instrumen, misalnya daftar cek (checklists).
Buku Guru
Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti
SD/MI Kelas IV
No comments:
Post a Comment