Wednesday, 20 July 2016

materi al-Falaq

materi al-Falaq



Materi surah al-Falaq
b. pelaksanaan
peserta didik diajak mengamati dan menceritkan isi gamabar.
Sub bab A membaca suarah al-Falaq

1.       Guru memberikan motivasi baaimana kelebihan orang yang membaca a-Qur’an alam buku teks diawali dengan kalimat ‘ Ammati dan ceritakan amba berkut I “ di setap akhir bab ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih.
2.       Guru menanyakan arti al-Falaq
3.       Gru menanakan manfaat surah a-Falaq
4.       Guru menanykan cerita yang terkandungi dalam srah al-Flaq

Membaca surah a-Falaq

1.       Peserta didik dimintamembaca surah al-Falaq bersama-sama dengan guru.
2.       Peserta didik mengamati penggalan surah al-Falaq da membaca ya hinga mahir.
3.       Peserta didik membaca suah al-Falaq ayat  per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tad abaca, seperti membedakan sin dengan shin, sa degan sin,tasdid, dst.


Sub bab B. Menghafal al-Falaq

1.       Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah.
2.       Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat buku teks.
3.       Siapa di antara kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.        Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5.       Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq.
6.       Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.

Catatan.

Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru membimbing peserta didik

untuk menghafal surah al-Falaq yang benar. Secara individu peserta didik
menirukannya berulang sampai hafal. Kemudian peserta didik diminta untuk

mendemonstrasikan hafalannya baik secara individu, kelompok maupun klasikal.



Sub Bab C. Menulis Surah al-Falaq

1.        Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.       Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.       Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
4.       Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.

Catatan umum.

Setiap akhir pembelajaran, setiap kompetensi (membaca, menghafal, menulis) Guru selalu memberikan penguatan, terutama bagi peserta didik yang tergolong lambat. Jangan lupa, senantiasa memberikan motivasi belajar.

Pada kolom “Hikmah,” sebagai motivasi, guru memberikan penjelasan singkat bahwa hadis nabi tersebut menceritakan sya'faat keuntungan bagi orang yang membaca alQur’an, yaitu mendapat kebaikan yang berlipat ganda.

Rangkuman

Pada kolom “Rangkuman,” guru menyampaikan poin-poin penting dalam pembelajaran

surah al-Falaq. Sub Bab C. Menulis surah al-Falaq.

5. Penilaian
Perhatikan kolom Ayo Berlatih, guru dapat memberikan penilaian sbb.


Tugas A, Membaca.
Pada penilaian kompetensi membaca Guru terlebih dahulu menentukan rentang nilainya.

Semua soal (ayat) no.1 s.d 5 yang tingkat kerumitannya relatif sama. Oleh karena itu
bobot dan skornya pun harus sama.
Pada penilaian kompetensi membaca surah al-Falaq setiap ayat menggunakan rentang nilai, yaitu sangat baik, baik, sedang, kurang.
Ketentuan nilai masing-masing rentang sebagai berikut:
Sangat baik, jika membaca tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek).
Rentang nilainya 90 - 100
•Baik, jika membaca kurang tartil sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 80 - 89
Sedang, jika membaca kurang tartil dan kurang sesuai dengan kaidah (makhraj, panjang-pendek). Rentang nilainya 70 - 78
Kurang, jika membaca tidak tartil. Rentang nilainya < 70
Untuk mengamati unjuk kerja peserta didik guru dapat menggunakan alat atau
instrumen, misalnya daftar cek (checklists).


Buku Guru

Pendidikan Agama Islamdan Budi Pekerti

SD/MI Kelas IV



No comments: