RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) PAI
Satuan
Pendidikan : SDN PRANGGONG III
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kelas/Semester
: 4/1
Tema : Mari Belajar Surah al-Falaq ( pel.1)
Sub tema :
Surah al-Falaq
Alokasi
waktu : 4 x 35 menit (1 x pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
4.1
Membaca surah al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan tartil.
4.2
Menulis kalimat-kalimat al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan benar.
4.3
Menunjukkan hafalan surah al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan benar.
C. TUJUAN
Peserta
didik mampu:
a.
Membaca surah al-Falaq dengan tartil.
b.
Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq
c.
Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.
D.
MATERI
Surah al-Falaq
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Projec Based Learning
Metode : Penugasan
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pembelajaran dimulai dengan
mengucapkan salam dan berdo’a bersama, dipimpin oleh salah satu peserta
didik.
2.
Menyiapkan psikis dan mental peserta
didik untuk menerima pelajaran
3.
Memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengan kegiatan pembelajaran.
4.
Guru memberi motivasi kepada peserta
didik
·
Bagimana kelebihan orang membaca al-Qur’an.
·
Amati dan ceritakan gambar.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
a.
Membaca
1)
Hikmah
membaca surah al-Falaq
2)
Guru menanyakan manfaat surah al-Falaq
3)
Guru mananyakan cerita yang terkandung dalam surah al-Falaq.
4)
Peserta didik diminta membaca surah al-Falaq bersama-sam
dengan guru.
5)
Peserta didik mengamati penggalan surah al-Falaq dan
membacanya hingga mahir.
6)
Peserta didik membaca
surah al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca,
seperti membedak sin dengan shin, sa dengan sin, tasdid dst.
b.
Menghafal
1.
Guru
memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang
membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati
dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah.
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa
kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat buku teks.
3.
Siapa di antara kalian yang sudah hafal
surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada
teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.
Guru
meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal.
Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati
hafalan di antara mereka.
5.
Guru
terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal
surah al-Falaq.
6.
Pada
kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin
surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.
c.
Menulis
1.
Guru
meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di
antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah al-Falaq? Jika ada, mintalah
ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.
Selanjutnya
guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung
huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.
Guru
mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat
garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau
dengan ba/dal, dan seterusnya.
Peserta didik menyempurnakan tulisannya
dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta
didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis
masing-masing.
1.
Mengamati .
Menanya:
Melalui
format lembar kerja dari guru, siswa :
1. bertanya “ mengapa kita perlu membaca”
Eksperimen/Explore
1. secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan 6 rukun wudhu dengan anggota
kelompoknya secara bergantian
2. secara individu dan kelompok peserta didik melafalkan doa sebelum dan
sesudah wudhu dengan anggota kelompoknya secara bergantian
3. secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan hal-hal yang
membatalkan wudhu dengan anggota kelompoknya secara bergantian
Asosiasi
1.
kelompok satu membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang 6 rukun wudhu secara tertulis
2.
kelompok dua membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang doa sebelum dan sesudah wudhu secara tertulis
3.
kelompok tiga membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang hal-hal yang membatalkan wudhu secara tertulis.
Komunikasi
1. kelompok satu menyampaikan hasil
proyek kerja tentang 6 rukun wudhu secara
kelompok di depan kelas
2. kelompok dua menyampaikan hasil
proyek kerja tentang doa sebelum dan sesudah wudhu secara kelompok di depan kelas
3. kelompok tiga menyampaikan hasil
proyek kerja tentang hal-hal yang membatalkan wudhu secara kelompok di depan kelas.
4. menyimpulkan hasil
proyek kerja semua kelompok tentang wudhu secara individual
atau kelompok
5. mempraktikkan/mensimulasikan
tata cara wudhu baik secara
individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
|
125
menit
|
|
||
Penutup
|
1.
peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru
2.
melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
3.
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
yang belum memahami tata cara wudhu dengan benar
4.
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, lingkungan masjid, lingkungan keluarga dan lingkungan
sekolah.
·
Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
·
Gambar, foto, video
tentang wudhu
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan praktik wudhu (terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1.
Penilaian Kinerja.
2.
Penilaian Produk.
3.
Lembar kerja
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Praktik
Penilaia membaca.
Nama peserta didik : ……………. Kelas/no.abs.
: ……
No.
|
Aspek Yang dinilai
|
Rentang Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Makhraj huruf
|
|
|
|
|
2.
|
Panjang Pendek Bacaan
|
|
|
|
|
3.
|
Kelancaran.
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik. Penilaian sikap
membaca
No.
|
Aspek Yang dinilai
|
Rentang Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Keterlibatan
|
|
|
|
|
2.
|
Inisiatif
|
|
|
|
|
3.
|
Perhatian
|
|
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
|
|
|
|
1 = kurang 2
= sedang 3 = baik 4 = sangat baik.
Penilaian Menghafal
No.
|
Peserta Didik
|
Rentang Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
|
|
|
|
1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik.
Keterangan :
Sangat baik : Hafalan lancer,
tartil, lagu/berirama
baik : hafalan
lancer sesuai kaidah bacaan
sedang : hafalan kurang
lancar.
kurang : hafalan
tidak lancar.
Penilaian
sikap
No.
|
Peserta didik
|
Kriteria
|
||||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
Inisiatif
|
|||||||||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK = membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB = mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = mulai terlihat (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator namun belum konsisten).
BT = belum terlihat (apabila
peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator).
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi
peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca,
menghafal, dan menulis surah al-Falaq dengan tart³l, lancar, dan baik-benar)
diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru.
Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik
sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta
didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.
Remedi
Bagi peserta didik yang belum
menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum
dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan
bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah
jam belajar selesai.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Aktivitas peserta didik di sekolah
sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk
keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis, sekolah (guru) dan
orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan
komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan
komentar balasan dan paraf.
Mengetahui,
Kepala SDN Pranggong III
SUKENDAR, S.Pd
NIP. : 19660626 198803 1 010
|
Indramayu,……………………
Guru Mata Pelajaran PAI
AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I.
NIP. : 196507032007011011
|
No comments:
Post a Comment