Sunday, 1 November 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembeljaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) PAI

Satuan Pendidikan      :  SDN PRANGGONG III
Mata pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kelas/Semester            :  4/1
Tema                           :  Mari Belajar Surah al-Falaq ( pel.1)
Sub tema                     :  Surah al-Falaq
Alokasi waktu             :  4 x 35 menit (1 x pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
4.1  Membaca surah al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan tartil.
4.2  Menulis kalimat-kalimat al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan benar.
4.3  Menunjukkan hafalan surah al-Falaq, al-Maun dan al-Fil dengan benar.

C.     TUJUAN
Peserta didik mampu:
a.       Membaca surah al-Falaq dengan tartil.
b.      Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq
c.       Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.

D.    MATERI
Surah al-Falaq

E.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                  : Projec Based Learning
Metode                  : Penugasan

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
1.    Pembelajaran dimulai dengan mengucapkan salam dan berdo’a bersama, dipimpin oleh salah satu peserta didik.
2.    Menyiapkan psikis dan mental peserta didik untuk menerima pelajaran
3.    Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikandengan kegiatan pembelajaran.
4.    Guru memberi motivasi kepada peserta didik
·         Bagimana kelebihan orang membaca al-Qur’an.
·         Amati dan ceritakan gambar.
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit

Inti
Mengamati:
a.      Membaca
1)      Hikmah membaca surah al-Falaq
2)      Guru menanyakan manfaat surah al-Falaq
3)      Guru mananyakan cerita yang terkandung dalam surah al-Falaq.
4)      Peserta didik diminta membaca surah al-Falaq bersama-sam dengan guru.
5)      Peserta didik mengamati penggalan surah al-Falaq dan membacanya hingga mahir.
6)       Peserta didik membaca surah al-Falaq ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedak sin dengan shin, sa dengan sin, tasdid dst.

b.      Menghafal
1.       Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah.
2.        Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah al-Falaq? Lihat buku teks.
3.        Siapa di antara kalian yang sudah hafal surah al-Falaq? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.       Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5.       Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq.
6.       Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing.

c.       Menulis
1.       Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah al-Falaq? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.       Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah al-Falaq.
3.       Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
 Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.

1.    Mengamati .

Menanya:
Melalui format lembar kerja dari guru, siswa :
1.    bertanya “ mengapa kita perlu membaca”

Eksperimen/Explore
1.    secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan 6 rukun  wudhu dengan anggota kelompoknya secara bergantian
2.    secara individu dan kelompok peserta didik melafalkan doa sebelum dan sesudah wudhu dengan anggota kelompoknya secara bergantian
3.    secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu dengan anggota kelompoknya secara bergantian

Asosiasi
1.    kelompok satu membuat rumusan hasil proyek kerja tentang 6 rukun wudhu secara tertulis
2.    kelompok dua membuat rumusan hasil proyek kerja tentang doa sebelum dan sesudah wudhu secara tertulis
3.    kelompok tiga membuat rumusan hasil proyek kerja tentang hal-hal yang membatalkan wudhu secara tertulis.

Komunikasi
1.  kelompok satu menyampaikan hasil proyek kerja tentang 6 rukun wudhu secara kelompok di depan kelas
2.  kelompok dua menyampaikan hasil proyek kerja tentang doa sebelum dan sesudah wudhu secara kelompok di depan kelas
3.  kelompok tiga menyampaikan hasil proyek kerja tentang hal-hal yang membatalkan wudhu secara kelompok di depan kelas.
4.  menyimpulkan hasil proyek kerja semua kelompok tentang wudhu secara individual atau kelompok
5.  mempraktikkan/mensimulasikan tata cara wudhu baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
    125
   menit


Penutup
1.    peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
2.    melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
3.    merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memahami tata cara wudhu dengan benar
4.    menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
    15
   menit

G.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak, lingkungan masjid, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·         Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : buku guru / Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
·         Gambar, foto, video tentang wudhu

H.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan praktik wudhu (terlampir).


2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1.   Penilaian Kinerja.
2.   Penilaian Produk.
3.   Lembar kerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Praktik

 Penilaia membaca.

Nama peserta didik : …………….                                                   Kelas/no.abs. : ……


No.

Aspek Yang dinilai
Rentang Nilai

1
2
3
4
1.
Makhraj huruf




2.
Panjang Pendek Bacaan




3.
Kelancaran.




Skor





1 = kurang     2 = sedang      3 = baik          4 = sangat baik. Penilaian sikap membaca




No.

Aspek Yang dinilai
Rentang Nilai

1
2
3
4
1.
Keterlibatan




2.
Inisiatif




3.
Perhatian




4.
Tanggung jawab




Skor




Skor maksimal




 1 = kurang    2 = sedang      3 = baik          4 = sangat baik.

Penilaian Menghafal



No.

Peserta Didik
Rentang Nilai

1
2
3
4
1.





2.





3.





4.





5.





Skor




Skor maksimal





1 = kurang     2 = sedang      3 = baik          4 = sangat baik.
Keterangan :
Sangat baik     : Hafalan lancer, tartil, lagu/berirama
baik                 : hafalan lancer sesuai kaidah bacaan
sedang             : hafalan kurang lancar.
kurang             : hafalan tidak lancar.
Penilaian sikap
No.
Peserta didik
Kriteria
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT

1.


















2.


















3.



















MK = membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB = mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT  = mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
BT  = belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca, menghafal, dan menulis surah al-Falaq dengan tart³l, lancar, dan baik-benar) diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

Remedi
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

Interaksi Guru dan Orang Tua
Aktivitas peserta didik di sekolah sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis, sekolah (guru) dan orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan komentar balasan dan paraf.





Mengetahui,
Kepala SDN Pranggong III




SUKENDAR, S.Pd
NIP. : 19660626 198803 1 010
Indramayu,……………………

Guru Mata Pelajaran PAI




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I.
NIP. : 196507032007011011

No comments: