RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) PAI
Satuan
Pendidikan : SDN PRANGGONG III
Mata pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kelas/Semester
: V / 1
Tema : Mari Belajar al-Qur’an ( pel.1)
Sub tema :
Surah at-Tin.
Alokasi
waktu : 4 X 35 m (1 x pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2.
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
|
3.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
|
4.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
|
Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan tartil.
|
2.4
|
Memiliki
sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.at-Tin
|
3.3
|
Mengetahui
makna Q.S. at-Tin dan Q.S. at-Tin dengan benar
|
4.1
|
Membaca
Q.S. al-Ma’μn dan Q.S.at-Tin dengan tartil.
|
4.2
|
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Tin dan Q.S.at-Tin dengan baik
dan benar.
|
4.3
|
Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Tin dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
|
4.4
|
Mencontohkan
perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.at-Tin.
|
C. TUJUAN
Peserta
didik dapat:
a.
Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
b.
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
c.
Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin.
d.
Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan
benar
e.
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan
sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tin
f.
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai
implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tin.
D.
MATERI
Surah at-Tin
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Projec Based Learning
Metode : Penugasan,
ceramah, eksperimen, problem solfing.
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
guru
mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
2.
guru
memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran;
3.
guru
menyapa peserta didik; dan
4.
guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
a.
Membaca
1)
Hikmah membaca
surah al-Tin
2)
Guru menanyakan manfaat surah al-Tin
3)
Guru mananyakan cerita yang terkandung dalam surah at-Tin.
4)
Peserta didik diminta membaca surah al-Tin bersama-sam
dengan guru.
5)
Peserta didik mengamati penggalan surah al-Tin dan membacanya
hingga mahir.
6)
Peserta didik membaca
surah at-Tin ayat per ayat hingga
mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedak sin dengan r ر= dengan
w = و
b.
Menghafal
1.
Guru
memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang
membaca al-Quran. Di dalam buku teks.
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa
kita perlu menghafal surah at-Tin?
Lihat buku teks.
3.
Siapa di antara kalian yang sudah hafal
surah at-Tin? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu
kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.
Guru
meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah at-Tin hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara
berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5.
Guru
terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal
surah at-Tin.
6.
Pada
kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin
surah at-Tin pada buku tulis masing-masing.
c.
Menulis
1.
Guru
meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di
antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah at-Tin? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai
motivasi bagi teman-temannya.
2.
Selanjutnya
guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung
huruf yang ada pada surah at-Tin.
3.
Guru
mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat
garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau
dengan ba/dal, dan seterusnya.
Peserta
didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan
“Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah at-Tin dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.
d.
Makna
Kandungan Surah at-Tin
1.
Guru
meminta peserta didik untuk membaca dan memaknai isi surah at-Tin.
2. Mengamati .
Menanya:
Melalui
format lembar kerja dari guru, siswa :
1. bertanya “ mengapa kita perlu membaca surat at-Tin?
2. Bertanya “ mengapa kita meng hafal surat at-Tin?
Eksperimen/Explore
1. secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan berapa ayat dari
surah at-Tin dengan anggota kelompoknya secara bergantian
2. secara individu dan kelompok peserta didik melafalkan surah at-Tin
dengan anggota kelompoknya secara bergantian
3. secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan makna surah
at-Tin dengan anggota kelompoknya secara bergantian
Asosiasi
1.
kelompok satu membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang arti surah at-Tin secara tertulis
2.
kelompok dua membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang menandai makna surah at-Tin secara tertulis
3.
kelompok tiga membuat
rumusan hasil proyek kerja tentang hal-hal peserta didik yang hafal dan yang belum secara tertulis.
Komunikasi
1. kelompok satu menyampaikan hasil
proyek kerja surah at-Tin secara
kelompok di depan kelas
2. kelompok dua menyampaikan hasil
proyek kerja tentang menghafal surah at-Tin secara kelompok di depan kelas
3. kelompok tiga menyampaikan hasil
proyek kerja tentang hal-hal menulis surah at-Tin secara kelompok di depan kelas.
4. menyimpulkan hasil
proyek kerja semua kelompok tentang surah at-Tin secara individual
atau kelompok
5. mempraktikkan/mensimulasikan
tata cara wudhu baik secara
individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
|
125
menit
|
|
||
Penutup
|
1.
peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru
2.
melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
3.
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
yang belum memahami tata cara wudhu dengan benar
4.
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, lingkungan masjid, lingkungan keluarga dan lingkungan
sekolah.
·
Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
·
Gambar, foto, info
cus. Dll.
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan praktik. ( terlampir )
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
a.
Penilaian Kinerja.
b.
Penilaian Produk.
c.
Lembar kerja
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Praktik
Penilaia Membaca.
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kriteria
|
|||
Sangat lancar(4)
|
Lancer (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang Lancar (1)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Sangat Lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya
tepat, panjang dan pendek bacaannya benar. (4)
Lancar :
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya
benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
Cukup : Bacaannya
lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya
kurang sempurna.(2)
Kurang : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan
pendek bacaannya kurang sempurna.(1)
Konversi
dalam Bentuk Angka
Sangat
lancar = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer = 3 dan skor yang
diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang = 2 dan
skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/4
x 100 = 2
Menghafal
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kriteria
|
|||
Sangat lancer(4)
|
Lancer (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang Lancar (1)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Sangat Lancar : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya
tepat, panjang dan pendek bacaannya benar. (4)
Lancar :
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya
benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
Cukup :
Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan
hurufnya kurang sempurna.(2)
Kurang : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan
pendek bacaannya kurang sempurna.(1)
Konversi
dalam Bentuk Angka
Sangat
lancar = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer = 3 dan skor yang
diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang = 2 dan
skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/4
x 100 = 2
Menulis. Rubrik penilaian
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kriteria
|
|||
Sangat baik (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Kurang Baik (1)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Sangat
Baik
|
:
|
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek
bacaannya benar. (4)
|
Baik
|
:
|
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek
bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
|
Cukup
|
:
|
Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar
tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.(2)
|
Kurang Baik
|
:
|
Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang
sempurna.(1)
|
Tugas kelompok
Rubrik
Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konversi
dalam Bentuk Angka
Sangat
lancar = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer = 3 dan skor yang
diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang = 2 dan
skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang = 1 dan skor yang diperoleh 1/4
x 100 = 2
Keterangan:
Baik : Hasil penyampaian runtun,
relevan, dan jelas.
Cukup : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun
kurang jelas.
Kurang : Hasil penjelasan
kurang runtun, kurang relevan, dan kurang jelas.
Konversi dalam
Bentuk Angka
Lancer = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x
100 = 100
Sedang = 2 dan skor yang
diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang
= 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33
Remedial
Jika terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal,
dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-T³n, guru memberikan
kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-T³n yang
benar (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta
didik mendapatkan tambahan jam untuk belajar lagi cara membaca, menghafal dan
menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Selanjutnya, memberikan
pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-T³n melalui berbagai
pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30
menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)
Interaksi Guru
dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,”
dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat
juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi
langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang tua
mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan,
hafalan, dan tulisan Q.S. at-Tin di rumah.
Penilaian
sikap
No
|
Peserta didik
|
Kriteria
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Partisipasi
|
Inisiatif
|
||||||||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MK = membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB = mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = mulai terlihat (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator namun belum konsisten).
BT = belum terlihat (apabila
peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator).
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi
peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca,
menghafal, dan menulis surah al-Falaq dengan tart³l, lancar, dan baik-benar)
diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru.
Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik
sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta
didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.
Remedi
Bagi peserta didik yang belum
menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum
dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan
bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah
jam belajar selesai.
Interaksi Guru dan Orang Tua
Aktivitas peserta didik di sekolah
sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk
keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis, sekolah (guru) dan
orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan
komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan
komentar balasan dan paraf.
Mengetahui,
Kepala SDN Pranggong III
SUKENDAR, S.Pd
NIP. : 19660626 198803 1 010
|
Indramayu, …………….
Guru Mata Pelajaran PAI
AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP. : 196507032007011011
|
No comments:
Post a Comment