Sunday 11 December 2016

Contoh RPP pendampingan kur 2013 terbaru permendikbut PAI SD

Contoh RPP pendampingan kur 2013 terbaru permendikbut PAI SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      : SDN Pranggong III
Tema                           : Bersih itu sehat (pel.4)
Sub Tema                    : Mengenal arti bersih.
Kelas / Semester         : IV / 1
Materi Pokok              : Berwudu
Alokasi Waktu             : 4 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

        I.        Kompetensi Inti
K1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
K3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
K4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

      II.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.14
Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil.


2.14
Menunjukkan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.


3.14
Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
3.14.1


3.14.2


3.14.3


3.14.4


3.14.5


3.14.6

Menjelaskan tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Mendeskripsikan tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Mengklarifikasikan tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Mencontohkan tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Merapkan tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Menanggapi tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.

4.16
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
4.16.1


4.16.2


4.16.3


4.16.4


4.16.5



Menunjukkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Menampilkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Menyelesaikan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Memperbaiki tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Mengontrol tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.
Menyajikan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam.

    III.        Tujuan Pembelajaran
a.  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
b.  Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
c.  Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar sesuai ketentuan syariat Islam.

   IV.        Materi Pembelajaran
Bersih itu indah

     V.        Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, demontrasi, penugasan, eksperimen, dll.

   VI.        Media Pembelajaran
          Diri anak, lingkungan masjid, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah

 VII.        Sumber Belajar
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : buku guru / Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 33 - 43 Buku siswa dan buku guru hal 33 – 43.

VIII.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Awal
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam, berdoa baca quran surat pendek, dan lagu wajib.
2.      Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Menyapa peserta didik.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15
menit

Inti
1.      Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna bersih dan sehat, dan alasan mengapa kita harus bersih. Ahmad yang selalu bersih.
2.      Peserta didik mengamati gambar yang ada di dalam buku teks.
3.      Setelah melakukan pengamatan, guru memberikan waktu 5 s.d. 7 menit kepada peserta didik untuk mendiskusikan secara berkelompok pesan yang terdapat dalam ilustrasi gambar tersebut.
4.      Setiap kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanyakan pertanyaan yang sudah dipersiapkan atau pernyataan yang relevan.
7
menit
Penutup
Guru memberikan penguatan berupa penjelasan singkat pesan yang terdapat dalam ilustrasi gambar tersebut dan mengaitkannya dengan topik yang akan dipelajari.
2
menit

a.      Mengenal arti bersih
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Awal
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam, berdoa baca quran surat pendek, dan lagu wajib.
2.      Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Menyapa peserta didik.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2
menit

Inti
1.      Peserta didik diminta mengamati gambar yang ada di dalam buku teks dan menjelaskan dengan singkat.
2.      Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang mengenal bersih dan suci. Guru menggali pengalaman peserta didik dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Misal: “Siapa yang bisa mencontohkan bersih dan kotor?”. Ayo tunjuk tangan! Jangan takut salah. Kalau tidak ada respon maka guru mengajak siswa membaca buku teks. Peserta didik membaca buku teks tentang mengenal arti bersih dan suci.
3.      Setelah itu, guru mengajukan pertanyaan terkait materi yang ada pada buku teks. Misalnya: “Apakah ada perbedaan bersih dan suci?”
4.      Untuk pendalaman materi, peserta didik dikelompokkan untuk mempelajari tentang arti bersih dan suci. Guru bersama peserta didik membuat panduan kerja.
Misal:
.        Masing-masing kelompok peserta didik menjaga kebersihan dan ketertiban kelompoknya.
.        Menunjuk ketua kelompok, dan berbagi tugas.
.        Bacalah pelajaran tentang mengenal arti bersih dan suci (sebutkan halaman buku teksnya).
.        Diskusikan bersama teman dalam satu kelompok.
.        Semua aktivitas dalam kelompok dicatatkan, seperti pendapat teman, kesepakatan, dan kesimpulan.
.        Bekerjalah dengan sungguh-sungguh.
5.      Mempresentasikan hasil diskusi dengan bimbingan guru. Setiap peserta di masing-masing kelompok mempunyai peran. Masing-masing peran diatur oleh ketua kelompok.
6.      Peserta didik membaca pelajaran tentang pembagian hadas (lihat buku teks). Setelah itu menjelaskan hasil bacaannya di depan kelas.
7.      Guru mengajak peserta didik mensimulasikan tentang membersihkan hadas. Guru dapat menggunakan torso atau manusia buatan. Peserta didik harus paham secara benar.
35
menit

Penutup
1.      Peserta didik membaca materi tentang bersih badan, pakaian, dan tempat dalam ibadah salat. Guru hendaklah memperluas makna kebersihan. Artinya, bersih badan, pakaian, dan tempat memiliki nilai-nilai yang harus berkembang ke semua kehidupan. (Lihat buku teks).
2.      Selanjutnya, guru meminta peserta didik membaca tentang cara membasuh najis. Pembahasan najis ini harus teliti, karena najis dapat menjadi penghalang dalam melaksanakan ibadah.
3.      Praktik membasuh najis, ikuti petunjuk yang terdapat pada buku
5
menit

b.      Aku senang berwudu
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pertama
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam, berdoa baca quran surat pendek, dan lagu wajib.
2.      Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Menyapa peserta didik.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Pada pelajaran ini, guru membangkitkan emosi peserta didik tentang cinta dan senang melakukan wuḍu. Misalnya, pada pelajaran membaca al-Quran agar peserta didik melakukan wuḍu terlebih dahulu. Bahkan Rasulullah menganjurkan orang Islam agar menjaga wuḍu-nya.
6.      Penanaman nilai-nilai kebersihan dimulai dari pembiasaan sejak dini. Untuk pelajaran melakukan wuḍu guru menyiapkan waktu yang cukup. Pelajaran berwuḍu dan praktiknya harus jelas dan teliti.
2 menit
Inti
1.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati ilustrasi gambar yang ada di dalam buku teks.
2.      Peserta didik membaca topik “Aku Senang Melakukan wuḍu” secara individu. Dilanjutkan dengan melakukan identifikasi hal-hal yang tidak dipahami peserta didik baik penjelasan maupun gambarnya.
3.      Mengamati gambar dengan bimbingan guru. Setiap gambar harus dijelaskan secara teliti dan dipahami semua peserta didik. Pertanyaan peserta didik harus terlayani dengan baik.
4.      Khusus mengenai batas-batas basuhan anggota wuḍu sebaiknya diulang-ulang menjelaskannya (ada penekanan). Batas wajah/muka, batas tangan hingga siku dan dilebihkan secukupnya, batas kaki sampai mata kaki juga harus dilebihkan secukupnya.
5.      Dalam berwuḍu , peserta didik harus mampu membedakan antara membasuh dan mengusap/sapu. Misal, membasuh muka dengan mengusap kepala atau sebagian kepala. Peserta didik harus diberitahu dengan baik tentang makna membasuh dan mengusap, karena pengertiannya berbeda. Menjelaskannya harus melalui praktik. (Lihat buku teks). Menyapu sebagian atau seluruh kepala, tapi yang jelas bukan mengusap rambut.
6.      Agar lebih jelasnya, peserta didik membaca bukut teks sekaligus melakukan praktik berwuḍu.
25 menit

Penutup
1.      Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru meminta peserta didik memeragakan cara berwuḍu (selain niat wuḍu dan tertib). Penilaian kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan rubrik berikut.
2.      Evaluasi
5 menit

 
c.       Ayo belajar tanyamum
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pertama
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam, berdoa baca quran surat pendek, dan lagu wajib.
2.      Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Menyapa peserta didik.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Pada pelajaran ini, guru membangkitkan emosi peserta didik tentang cinta dan senang melakukan bertanyamum. Misalnya, pada pelajaran membaca al-Quran agar peserta didik melakukan wuḍu terlebih dahulu. Bahkan Rasulullah menganjurkan orang Islam agar menjaga wuḍu-nya.
6.      Penanaman nilai-nilai kebersihan dimulai dari pembiasaan sejak dini. Untuk pelajaran melakukan wuḍu guru menyiapkan waktu yang cukup. Pelajaran bertanyamum dan praktiknya harus jelas dan teliti.
2 menit
Inti
1.      Guru meminta peserta didik untuk mengamati ilustrasi gambar yang ada di dalam buku teks.
2.      Peserta didik membaca topik “Aku Senang Melakukan bertanyamum” secara individu. Dilanjutkan dengan melakukan identifikasi hal-hal yang tidak dipahami peserta didik baik penjelasan maupun gambarnya.
3.      Mengamati gambar dengan bimbingan guru. Setiap gambar harus dijelaskan secara teliti dan dipahami semua peserta didik. Pertanyaan peserta didik harus terlayani dengan baik.
4.      Khusus mengenai batas-batas basuhan anggota bertanyamum sebaiknya diulang-ulang menjelaskannya (ada penekanan). Batas wajah/muka, batas tangan hingga siku dan dilebihkan secukupnya.
5.      Dalam bertanyamum, peserta didik harus mampu membedakan antara membasuh dan mengusap/sapu. Misal, membasuh muka dengan mengusap kepala atau sebagian kepala. Peserta didik harus diberitahu dengan baik tentang makna membasuh dan mengusap, karena pengertiannya berbeda. Menjelaskannya harus melalui praktik. (Lihat buku teks). Menyapu sebagian.
6.      Agar lebih jelasnya, peserta didik membaca bukut teks sekaligus melakukan praktik bertanyamum.
25 menit

Penutup
1.      Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru meminta peserta didik memeragakan cara bertsnysmum (selain niat bertanyamum dan tertib). Penilaian kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan rubrik berikut terlempir.
2.      Evaluasi.
15 menit


   IX.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Penilaian spiritual
2.      Penilaian social
3.      Penilaian pengetahuan
4.      Penilaian ketarampilan
a.    Teknik Test
b.    Prosedur Test
c.    Bentuk Test
d.    Instrument Test

Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensinya maka mereka mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Ada beberapa pilihan. Apabila peserta didik sudah kompeten dalam pemahaman dan dapat memberikan contoh-contoh, guru boleh menjadikan peserta didik tersebut menjadi tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Interaksi guru dan orang tua

Aktivitas peserta didik di sekolah sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis, sekolah (guru) dan orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan komentar balasan dan paraf.





Mengetahui,
Kepala SDN Pranggong III




MUKIYA, S.Pd. SD
NIP. : 19620613 198204 1 003
Indramayu, 13 Desember  2016

Guru Mata Pelajaran PAI




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I.,
NIP. : 196507032007011011

No comments: