contoh Program Tahunan kurtilas
PROGRAM TAHUNAN
Tahun pelajaran : 2015 – 2016
SEKOLAH : SDN Pranggong III
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
KELAS : I
SEMESTER : 1 ( Ganjil )
No.
|
Kompetensi Isi
|
Kompetensi Dasar
|
Sub KD
|
Alokasi Waktu
|
Ket.
|
PELAJARAN 1 (
Kasih Sayang )
|
|||||
1.
|
3. Memahamipengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw.
|
Kasih sayang Nabi
Muhammad saw.
|
|
|
2.
|
4. Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis,
dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.
|
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammada saw.
|
Kasih sayang Allah swt
|
|
|
PELAJARAN 2 ( Aku cinta al-Qur’an)
|
|||||
3.
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.5
Terbiasa membaca basmalah setiap
memulai aktivitas.
|
Baca Basmalah
|
|
|
4.
|
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan
yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlaq mulia.
|
4.2.1
Melafalkan surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas dengan benar
dan jelas.
|
Lafal QS al-Fatihah dan
al-Ikhlas
|
|
|
4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar
dan
jelas.
|
Lafal QS al-Fatihah dan
al-Ikhlas
|
|
|
||
5.
|
3. Memahamipengetahuan factual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
3.2
Mengenal pesan-pesan yang
terkandung di dalam Q.s. al-Fatihah, al-
Ikhlas
dan al-’Alaq/96: 1-5.
|
Pesan QS al-Fatihah dan
al-Ikhlas
|
|
|
6.
|
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan
yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlaq mulia.
|
4.1
Melafalkan
huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.
|
Lafal Huruf Hijaiyah dan
Harokatnya
|
|
|
PELAJARAN 3 ( Iman kepada Allah Swt )
|
|||||
7.
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.2
Meyakini
adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayan
|
Yakin Allah swt. itu ada
|
|
|
8.
|
3. Memahamipengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.2
Mengenal keesaan Allah Swt.
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya
dan
makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
|
Allah Swt. Itu Esa
|
|
|
PELAJARAN 4 ( Bersih itu Sehat )
|
|||||
9.
|
3. Memahamipengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.6.
Mengenal
tata cara bersuci.
|
Bersuci
|
|
|
10.
|
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan
yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlaq mulia.
|
4.6
Mempraktikkan tata cara bersuci.
|
Tata cara bersuci
|
|
|
11.
|
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
pendidik.
|
1.4
Terbiasa bersuci sebelum
beribadah.
2.8
Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna
bersuci.
|
Hidup bersih
|
|
|
PELAJARAN 5
(Cinta Nabi dan Rasu )
|
|||||
12.
|
3. Memahamipengetahuan factual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan
yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlaq mulia.
|
3.8
Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam
a.s.
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
|
Keteladanan Nabi Adam
as.
|
|
|
3.10
Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh
a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
|
Kisah Keteladanan Nabi
Nuh as.
|
|
|
||
3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
|
Kisah Keteladanan Nabi
Hud as.
|
|
|
||
Jumlah
|
|
|
Kepala Sekolah,
SUKENDAR, S.Pd.
NIP: 196606261988031010
|
Pranggong
, 20…
Guru
PAI,
AKHMAD
NAKIDIN, S.Pd.I
NIP:
196507032007011011
|
No comments:
Post a Comment