tugas
mandiri terstruktur (TMT tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT)
Apa
itu tugas mandiri terstruktur (TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT)
? Mungkin rekan atau kita sering mendengarnya namun apa perbedaan
diantara keduanya. Kedua tugas mandiri ini, sesuai dengan namanaya
mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa
setelah ia memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah
mata pelajaran atau bidang studi. Apalagi dengan berlakunya KTSP di mana
implementasi KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) salah satunya sangat
akrab dengan tugas mandiri ini. Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur
manakala tugas itu diselesaikan seorang siswa dengan batas yang telah
ditentukan oleh guru. Misalnya tugas itu dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya atau beberapa hari lagi tergantung guru. Dan tugas
mandiri tidak terstruktur manakala tugas itu diselesaikan dan dikumpulkan pada
batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya
kapan saja yang penting antara renatng batas maksimum yang telah
ditentukan. Misalnya tugas dikumpulkan paling lambat satu minggu sebelum
midle semester atau satu minggu sebelum semester atau dua minggu sebelum ujian
nasional, dll. Namun sebaiknya tugas mandiri ini dibarengi dengan
pegangan murid seperti konsep materi pembelajaran dari guru, diktat , modul,
bahan ajar lainnya, seperti perpustakaan sebagai referensi mereka dalam
melaksanakan tugas tersebut. Bisa juga koran atau Internet. Kalau
memang tugas itu berat boleh dikerjakan secara berkelompok. Sebagai
gambaran saya sajikan contoh TMT dan TMTT, bidang studi PKn adalah :
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
|
1.2. menganalisis Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
|
Berikan contoh nilai praksis
yang hidup, berkembang, dan dilaksanakan oleh semua warga
sekolahmu sebagai wujud dari nilai instrumental, yaitu Tata Tertib Sekolah.
|
Dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
1. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideology terbuka
|
1.3. Menampilkan sikap positif terhadap
pancasila sebagai ideology terbuka
|
Amati perilaku masyarakat
sekitar tempat tinggalmu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila mulai
sila pertama sampai kelima. Klasifikasikan menurut masing-masing sila.
|
Dikumpulkan 3 hari sebelum mid
semester.
|
Tugas tidak terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem pemerintahan
|
2.2. Menganalisis pelaksanaan system pemerintahan Negara Indonesia
|
Gambarkan dalam satu lembar kertas manila struktur ketatanegaraan RI,
kemudian analisa serta berikan deskripsi mengenai perbedaannya, baik
dari segi lembaga negaranya maupun tugas dan fungsi lembaga Negara tersebut.
|
Waktu pengumpulan tugas pada pertemuan berikutnya
|
Di presentasikan di depan kelas.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem
pemerintahan
|
2.2. Menganalisis pelaksanaan
system pemerintahan Negara Indonesia
|
Amati dan analisa pasal-pasal
dalam UUD 1945 yang menyangkut system Check anda Balances antar
lembaga Negara (Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif), dan
buatlah analisamu mengenai check and balances ketiga lembaga tersebut.
|
Waktu pengumpulan tugas paling
lambat 3 hari sebelum ujian semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
2. Menganalisis berbagai isitem
pemerintahan
|
2.3. Membandingkan pelaksanaan
system pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain
|
Amati dan analisa berita di TV,
Internet, Koran, tentang peristiwa yang terjadi di Negara kita.
Tunjukkan kelemahan dan kelebihan system pemerintahan RI dari peristiwa yang
terjadi di Negara kita tersebut.
|
Dikumpulkan paling lambat 3 hari
sebelum ujian semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers
dalam masyarakat demokrasi
|
3.1. Mendeskripsikan pengertian,
fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia
|
Cari berita di Koran atau
majalah yang berkaitan dengan fungsi pers sebagai media Informasi, media
pendidikan, Fungsi hiburan, fungsi kontrol sosial dan pers sebagai lembaga
ekonomi. Berita –berita tersebut dibuat kliping dan dibawahnya diberi
deskripsi, yaitu termasuk fungsi apa.
|
Waktu pengumpulan tugas sebelum
ulangan mid semester
|
Tidak Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers
dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mendeskripsikan pengertian,
fungsi dan peranan serta perkembangan pers di Indonesia
|
Menganalisis pelanggaran kode
etik jurnalistik dari Tayangan TV, siaran radio, atau internet.
Pelanggaran tersebut melanggar pasal berapa kode etik jurnalistik.
|
Waktu pengumpulan tugas pada
pertemuan 2 minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers
dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mengevaluasi kebebasan pers
dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di
indonesia
|
|
Dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3. Mengevaluasi peranan pers
dalam masyarakat demokrasi
|
3.2. Mengevaluasi kebebasan pers
dampak penyalah gunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di indonesia
|
Menjadi Reporter dan menyusun
pedoman wawancara untuk siaran Radio, atau TV, topik wawancara bebas.
|
2 jam pelajaran untuk minggu
berikutnya
|
Tugas terstruktur dan
dipraktikkan di depan kelas minggu berikutnya
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.1.Mendeskripsikan proses,
aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
|
Dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.2. Mengevaluasi pengaruh
globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan Negara indonesia
|
|
Dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.3. Menentukan sikap terhadap
pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia
|
|
Dikumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.4. Mempresentasikan tulisan
tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara indonesia
|
|
Tugas dukumpulkan pada pertemuan
minggu berikutnya
|
Tugas terstruktur
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
4. Mengevaluasi dampak
globalisasi
|
4.4. Mempresentasikan tulisan
tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan Negara Indonesia
|
|
Terserah siswa paling lambat 1
(satu) minggu sebelun ujian nasional
|
Tugas tidak terstruktur dan
dipresentasikan di depan kelas
|
No comments:
Post a Comment