Tuesday 26 April 2016

contoh abstraksi pada tesis 2

contoh abstraksi pada tesis 2

Pengembangan Paket Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian I dengan Model Dick, Carey & Carey di Prodi PAI STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang
Saifuddin
Abstrak
Metodologi Penelitian I merupakan salah satu matakuliah yang termasuk dalam kelompok Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) pada Prodi PAI, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Rahmat Kepanjen Malang. Matakuliah dengan kode MKK. 216 ini biasanya diprogram pada semester VI dengan bobot satuan kredit semester (sks) dan jam semester (js) masing-masing adalah 2.
181
 
Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan, dapat diketahui bahwa rata-rata kemampuan dan penguasaan metodologi penelitian mahasiswa cukup rendah. Hal ini nampak dari hasil ujian skripsi –sebagai tugas akhir– yang dilaksanakan selama bulan Juli sampai Agustus 2008. Penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam membuat skripsi ini merupakan sarana edukatif, sehingga lebih mementingkan validitas internal (caranya yang harus betul) (Sugiyono, 2008:8), yakni metode penelitian yang digunakan benar, sistematika penulisan benar dan alur pikir antar bab runut dan konsisten. Akan tetapi, dari 443 mahasiswa yang mengikuti ujian, kurang lebih hanya 12.5% (yakni ± 55 mahasiswa) dari peserta yang benar.
Hal ini tentu disebabkan oleh rendahnya penguasaan metodologi penelitian. Rendahnya penguasaan metodologi penelitian ini disebabkan oleh beberapa hal: (1) di STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang belum ada sumber belajar yang dirancang secara sistematis untuk matakuliah Metodologi Penelitian I, (2) relatif masih rendahnya minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar meneliti, (3) minimnya pemahaman mahasiswa terhadap manfaat matakuliah metodologi penelitian dalam pengembangan khasanah keilmuan, (4) materi bahan ajar belum disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa STIT Raden Rahmat, (5) kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran.
Permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian I perlu segera mendapat pemecahan, karena bila dibiarkan akan dapat menghambat proses pembelajaran. Hal ini tentu berimplikasi pada mutu lulusan yang rendah dan tidak memiliki kompetensi di bidang pendidikan agama Islam, yang ditopang oleh kemampuan melakukan penelitian yang bagus. Masalah penting yang harus segera ditangani adalah pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang. Oleh karena itu, pengembang ingin mendesain dan mengembangkan paket pembelajaran matakuliah metodologi penelitian I untuk mahasiswa STIT Raden Rahmat Kepanjen Malang dengan model Dick, Carey & Carey, sebagai salah satu solusi untuk memecahkan kesulitan tersebut.
Paket pembelajaran yang dikembangkan meliputi bahan ajar, panduan dosen, panduan mahasiswa, dan media visual berupa CD (Compact Disk) yang berisi keseluruhan bahan ajar, panduan dosen, panduan mahasiswa, dan rangkuman dalam bentuk powerpoint yang didesain dengan sistem hyperlink dalam bentuk offline dan media CD pembelajaran ini digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar.
Dari hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa antara pretes dan postes berbeda sangat signifikan (P 0.000; df = 29; t = -17.462), dengan selisih perbedaan antara keduanya sebesar -25.8333. Nilai negatif pada selisih keduanya menunjukkan pretes lebih rendah daripada postes. Artinya dengan penggunaan paket pembelajaran tersebut telah mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 25,83 dibanding kondisi sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa paket pembelajaran terbukti efektif secara signifikan untuk meningkatkan capaian hasil belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan persentase dan kualitas cara pemanfaatan paket pembelajaran ini diajukan. Saran tersebut adalah (1) pemanfaatan paket pembelajaran ini lebih efektif jika menggunakan strategi pembelajaran yang dianjurkan (sebagaimana tertuang dalam panduan dosen dan panduan mahasiswa), (2) dengan memanfaatkan media CD pembelajaran yang telah dirancang dengan sistem hyperlink yang merupakan bagian integral dari paket pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, metodologi penelitian, model Dick, Carey & Carey


No comments: