Tugas kelompok 2
: Cooferative Learning
Analisis SKL, KD, dan Indikator
Nama Kelompok :
cooperative learning
Komnpetensi Inti
( KI )
|
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan tartil.
|
|
1.2 Menyakini
bahwa Allah ada melalui pengamatan terhadap mahluk ciptaannya disekitar rumah
dan sekolah
|
|
|
1.3 Menyakini
adanya Allah SWT Yang Maha Melihat Maha Adil dan Maha Agung.
|
|
|
1.4 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT.
|
|
|
1.5 Meyakini
adanya rasul-rasul Allah SWT.
|
|
|
1.6 Meyakini
bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
|
|
|
1.7 Meyakini
bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.
|
|
|
1.8 Meyakini
bahwa prilaku hemat sebagai cerminan dari iman
|
|
|
1.9 Meyakini
bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman
|
|
|
1.10
Meyakini bahwa perialku amanah
sebagai cerminan iman
|
|
|
1.11
Meyakini bahwa perilaku hormat dan
patuh kepad orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman.
|
|
|
1.12
Meyakini bahwa perilaku gemar
membaca sebagai cerminan dari iman
|
|
|
1.13
Meyakini bahwa sikap pantang
menyerah sebagi cerminan dari iman
|
|
|
1.14
Menerapkan ketentuan sariat islam
dalam bersuci dsri hadast kecil.
|
|
|
1.15
Menjalankan salat dengan tertib.
|
|
|
1.16
Meyakini kebenaran kisah nabi
Ayyub as.
|
|
|
1.17
Meyakini kebenaran kisah nabi
Zulkifli as.
|
|
|
1.18
Meyakini kebenaran kisah nabi
Harun as.
|
|
|
1.19
Meyakini kebenaran kisah nabi Musa
as.
|
|
|
1.20
Meyakini kebenaran kisah nabi
Muhammad SAW.
|
|
|
1.21
Meyakini keimanan wali songo kepada Allah SWT.
|
|
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur
disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
|
2.1
Menunjukkan kerja sama dan peduli
sebagai implementasi pemahaman makna QS Al Falaq dan QS Al fil
|
|
2.2
Menunjukkan sikap percaya diri
sebagai implementasi pemahaman Allah itu ada
|
|
|
2.3
Menunnjukkan sikap hati-hati,
hormat dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman makna Al Asmaulhusna Al
Basir, Al Adil, Al Adzim.
|
|
|
2.4
Menunjukkan sikap patuh sebagai
impelemtasi pemahaman makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah.
|
|
|
2.5
Menunjukkan sikap yang dipengaruhi
oleh keimanan kepada para Rasul Allah swt yang tercermin dari perilaku
kehidupan sehari-hari.
|
|
|
2.6
Menunjukkan sikap santun dan
menghargai teman
|
|
|
2.7
Menunjukkan sikap rendah hati
|
|
|
2.8
Menunjukkan perilaku hemat
|
|
|
2.9
Menunjukkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
2.10
Menunjukkan perilaku amanah dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
2.11
Menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru
|
|
|
2.12
Menunjukkan sikap gemar membaca
|
|
|
2.13
Menunjukkan sikap pantang menyerah
|
|
|
2.14
Menunjukkan perilaku bersih
sebagai implementasi pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil
|
|
|
2.15
Menunjukkan sikap disiplin sebagai
implementasi pemahaman makna ibadah solat
|
|
|
2.16
Menunjukkan sikap sabar sebagai
implementasi pemahaman kisah teladan Nabi Ayyub as
|
|
|
2.17
Menunjukkan sikap rendah hati
sebgai implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Zulkifli as
|
|
|
2.18
Menunjukkan perilaku kasih sayang
sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun as
|
|
|
2.19
Menunjukkan sikap berani dan sikap
pntang menyerah sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Musa as
|
|
|
2.20
Menunjukkan sikap santun dan
menghargai teman baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar sebagai
implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Muhammad saw
|
|
|
2.21
Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi pemahaman
kisah keteladanan wali songo
|
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Memahami makna QS Al Falaq dan QS
Al Fil dengan baik dan benar
|
3.1.1
Menyebutkan arti Al Falaq
3.1.2
Menyebutkan jumlah ayat surat Al
Falaq
3.1.3
Menjelaskan perintah Allah SWT
kepada Nabi Muhammad dalam surat Al Falaq
3.1.4
Menyebutkan kejahatan
yang ada dalam surat Al Falaq
3.1.5
Menjelaskan keuntungan
membaca surat Al falaq
|
3.2
Memahami Allah itu ada melalui
pengamatan terhadap mahluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
|
|
|
3.3
Memahami makna asmaul Al Husna, Al
Bashir, Al Adil, Al Adzim
|
|
|
3.4
Memahami makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam
sekitar.
|
|
|
3.5
Memahami makna iman kepada Rasul
Allah.
|
|
|
3.6
Memahami sikap santun dan
menghargai teman baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat sekitar
|
|
|
3.7
Memahami sikap rendah hati
|
|
|
3.8
Memahami perilaku hemat
|
|
|
3.9
Memahami makna perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
3.10
Memahami makna perilaku amanah
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
3.11
Memahami makna perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru
|
|
|
3.12
Memahami manfaat gemar membaca
|
|
|
3.13
Memahami makna sikap pantang
menyerah
|
|
|
3.14
Memahami tata cara bersuci dan
berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam
|
|
|
3.15
Memahami makna ibadah solat
|
|
|
3.16
Memahami kisah keteladanan nabi
Ayyub as
|
|
|
3.17
Memahami kisah keteladanan nabi
Zulkifli as
|
|
|
3.18
Memahami kisah keteladanan nabi
Harun as
|
|
|
3.19
Memahami kisah keteladanan nabi
Musa as
|
|
|
3.20
Memahami kisah keteladanan nabi
Muhammad saw
|
|
|
3.21
Memahami kisah keteladanan wali songo.
|
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Membaca QS Al falaq dan QS Al Fil
dengan tartil.
|
4.1.1
Membaca QS Al falaq dan QS Al Fil
dengan tartil.
4.1.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘μn dengan benar.
4.1.3
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Mā‘ūn dengan
lancar.
|
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam
quran surat Al Falaq dan QS Al Fil dengan benar
|
|
|
4.3
Menunjukkan hafalan QS Al Falaq
dan QS al Fil dengan lancar.
|
|
|
4.4
Melakukan pengamatan terhadap
mahluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal
Allah itu ada.
|
|
|
4.5
Membaca al asmau al husna Al
Bashir, al- ‘Adil dan al Adzim
|
|
|
4.6
Melakukan pengamatan diri dan alam
sekitar sebagai implementasi makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah
|
|
|
4.7
Mencontohkan makna iman kepada
rasul Allah
|
|
|
4.8
Mencontohkan sikap santun dan
menghargai teman, baik dirumah di sekolah-sekolah maupun di masyarakat
sekitar
|
|
|
4.9
Mencontohkan sikap rendah hati.
|
|
|
4.10
Mencontohkan perilaku hemat.
|
|
|
4.11
Mencontohkan perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
4.12
Mencontohkan perilaku amanah dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
|
4.13
Mencontohkan perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru
|
|
|
4.14
Menunjukkan perilaku gemar membaca
|
|
|
4.15
Menujukkan sikap pantang menyerah
|
4.15.1
Menunjukkan contoh makna ibadah
salat.
4.15.2
Menceritakan
pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah.
|
|
4.16
Mempraktikkan tata cara bersuci
dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam
|
|
|
4.17
Menunjukkan contoh makna ibadah
solat.
|
|
|
4.18
Menunjukkan pengalaman
melaksanakan solat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
|
|
|
4.19
Menceritakan kisah keteladanan
nabi Ayyub as.
|
|
|
4.20
Menceritakan kisah keteladanan
nabi Zulkifli as.
|
|
|
4.21
Menceritakan kisah keteladanan
nabi Harun as.
|
|
|
4.22
Menceritakan kisah keteladanan
nabi Musa.
|
|
|
4.23
Menceritakan kisah keteladanan
nabi Muhammad SAW.
|
|
|
4.24
Menceritakan kisah keteladanan wali songo.
|
|
|
|
|
|
Kelompok
Dua
NAMA
KELOMPOK : COOPERATIVE LEARNING
KETUA : AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I, MM.
SEKRETARIS : DEDI MULYADI, S.Ag.
ANGGOTA :
1. RUMYATI, S.Pd.I
2. TASMIYAH, S.Pd.I
3. SUTANTI
GUSTININGRUM, S.Pd.I
4. YUYUN YULIANTI,
S.Pd.I
5. ROISAH, S.Pd.I
6. RUSINIH, S.Ag.
7. TOTO SURNANTO,
S.Ag
No comments:
Post a Comment