RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN RAMBATAN KULON I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : I/2
Alokasi Waktu : 1x4 jam pelajaran ( 1x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menunjukkan
perilaku jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
|
KI 3:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
|
KI 4:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.7
|
Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar.
|
2.7
|
Menunjukkan
sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna
do’a sebelum dan sesudah belajar.
|
4.7
|
Melafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
|
3.7
|
Memahami
makna do’a sebelum dan sesudah belajar.
|
Indikator
1.7.1
|
Terbiasa berdoa sebelum belajar.
|
1.7.2
|
Terbiasa
berdoa sesudah belajar.
|
2.7.1
|
Menunjukkan
sikap disiplin.
|
4.7.2
|
Melafalkan
doa sesudah belajar.
|
3.7.1
|
Mengartikan
doa sebelum belajar.
|
3.7.2
|
Mengartikan
doa sesudah belajar.
|
C.
Materi pembelajaran
Membaca dan menulis
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.
Guru
memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta
didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru menyapa
peserta didik.
4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.
Guru dapat
memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa illustrasi gambar atau
tayangan visual (film) yang relevan.
6.
Guru
menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting,
artinya peserta didik berbincang mengenai pelajarandi kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya,
agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru meminta peserta
didik mengamati gambar kegiatan membaca dan menulis di dalam buku teks.
2.
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
3.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang isi gambar tersebut, yaitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis.
Disertai penjelasan pesan Q.S. al-‘Alaq/96: 1-5.
4.
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku percaya Allah menciptakan
manusia” (kolom “sikapku”).
5.
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati
gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
6.
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
7.
Guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda () pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’ (kolom “insya Allah aku bisa”).
|
30
menit
|
Penutup
|
1.
Memberi
penguatan
2.
Evaluasi
|
5
menit
|
E.
Penilaian
1.
Jenis Penilaian
-
Penilaian
Sikap : Observasi dan
pencatatan sikap siswa selama kegiatan
-
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
-
Penilaian
ketrampilan
a.
Penilaian
Unit kerja : Mengenal Konsep membaca
Berilah tanda ceklis ( ˅) di
kolom ya atau tidak
No.
|
Uraian
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Aku selalu
belajar membaca
|
|
|
2.
|
Aku selalu
belajar menulis
|
|
|
3.
|
Aku selalu
belajar bersama teman
|
|
|
b.
Penilaian
tertulis :
Jawablah dengan benar!
1)
Anak
yang rajin membaca dan menulis akan ....
2)
Anak
yang dapat membaca dan menulis adalah ....
3)
Supaya
pandai, kita harus dapat ....... dan ..........
Jawaban
:
1)
Pandai
2)
Anak
pintar
3)
Membaca
dan menuli
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
sikap mengamati gambar dan memberi jawaban dengan bahasa sendiri.
b.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1.
Media/alat :
2.
Sumber
Belajar :
a.
Lingkungan
sekolah
b.
Buku
Guru....
c.
Buku
Siswa....
Kepala
Sekolah
TARMADI,
S.Ag.
NIP: 196201121982061002
|
Indramayu,
..... Juni 2016
Guru PAI
TASMIYAH,
S.Pd.I
NIP:
195703101983082001
|
Lampiran
Amati gambar berikut
No comments:
Post a Comment