RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN Cantigi
Wetan II.
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : I/2
Tema : Perilaku terpuji
Sub tema : Jujur
A. KompetensiInti
KI-1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KompetensiDasar Dan Indikator
1.10Meyakinibahwa
Juursebagaicerminandariiman.
2.10MenunjukkanperilakuJujur.
3.10MemahamimaknaJujur.
4.10MencontohkanperilakuJujurterhadap
orang lain
IndikatorPencapaianKompetensi
1.10.1 MeyakiniJujursebagaicerminandariiman
1.10.2 Meyakini Allah SWT pun MahaJujur/Pengampun.
2.10.1 MenunjukkanperilakuJujur
3.10.1 MenyebutkanartiJujurdenganbenar.
3.10.2 MenyebutkancontohperilakuJujurdenganbenar
4.10.1 MemperagakancontohperilakuJujur
4.10.2 Mempraktikanperilaku-perilakuJujur
C. DeskripsiMateriPembelajaran
Jujur Adalah sifat terpuji
.Jujur adalah perbuatan yang mulia kejujuran agar ditanamkkan dari kecil
pada anak anak dalam setiap perbuatan dan ucapan ,jujur adalah modal utama
dalam hubungan degan mauasia.
D.
KegiatanPembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoabersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b. Memulai pembelajaran dengan membaca
al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitandenganpelajaransebelumnya yang telahdibahas (appersepsi).
e.
Memberikanmotivasipentingnyamengaji.
f. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai yaitupeserta didik dapatmencontohkankegiatan agama yang dianutnya di
sekitarrumah.
g. Menyampaikantahapan kegiatan pembelajarandantujuanyang
akandilaksanakan.
h.
Mengadakan evaluasiawal (pretes).
|
20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Guru
mencobasecaraacakmenunjuksatuatauduapesertadidikuntukmenceritakanpengalamannyabergaul
di masyarakat ketika suasana sedang hari raya.
· Pesertadidiksecara
individual
maupunklasikaldimintauntukmelihatdanmencermatigambaratautayangangambarorang
yang sedangmelaksanakansalam-salaman di masjid di
pertemuanperayaanataupundimanasaja.
· Guru
memintapesertadidikuntukmenceritakanisigambartentangsituasidansuasanamaafmemaafkan.
·
Guru
membagipesertadidikkedalambeberapakelompok. Setiapkelompokatauindividumempersiapkanpertanyaan
yang berkaitandengansuasanamaafmemaafkan
yang adadisekitarmasyarakatmaupunlingkungansekolah.
·
Setiapkelompokmengajukanpertanyaan-pertanyaan
yangtelahdipersiapkankepadakelompok
lain.Kelompoklainmenjawabpertanyaan-pertanyaan yang diajukankepadanya.
·
Guru
memberikanpenguatandenganmenceritakanpengalamankeagamaanyangdialamidilingkunganmasyarakatmaupunsekolah.
·
Guru memintasiswauntukmengemukakanisigambar.
· Guru
memintakembalipadapesertadidikuntukmengemukakanisigambarberikutnya.
·
Gurumemintakembalimenyimpulkangambar,
dangambarberikutnya.
· Pesertadidiksecarabergilirandanberpsanganmeragakanperan Prilaku jujur
· Meyimpulkanhasil (melengkapi, mengkonfirmasi)
|
|
3.
|
Penutup
a. Peserta didik dimintauntukbersama-sama berperilaku Jujur.
b. Guru
memintapesertadidikuntukmemberitandaceklispadakolomkolomyaatautidak yang
telahdisediakan
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
d.
Menutuppelajarandenganberdoadansalam.
|
|
E. Penilaian
A. JenisPenilaian : Sikap
No
|
Sikap
|
Ya /
Tidak
|
1
|
Pernahmenyesalikesalahanpadadirisendiri
|
|
2
|
Akuselaluhati-hatidalamperbuatan
|
|
3
|
Jika orang lain mintamaafakumemaafkan
|
|
4
|
Sayapernahbersalahkepadatemandansayamintamaaf
|
|
|
|
|
A. JenisPenilaian : Tugas
Instrumen :CeritakanpengalamanmutentangJujur
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
I
/ Genap
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaiandiri
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|||||||||||
F
. Media BahanSumber
AlatElektronik
Gambar
Bukusiswa
Lampiran-lampiranmateri
Mengetahui,
KepalaSD
Cantigi WetanII
SIHANA, S.Pd,MSi
NIP.
195906061981121002
|
Indramayu, 26 Juni
2016
Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi
Pekerti
TOTO SURNANTO, S.Pd.I
NIP. ................................
|
No comments:
Post a Comment