Monday, 27 June 2016

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                :    SDN Cantigi Wetan  II.
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    I/2
Tema                                   :   Perilaku terpuji
Sub tema                              :   Jujur
AlokasiWaktu                     :   4x 35 menit(1 pertemuan)

A. KompetensiInti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KompetensiDasar Dan Indikator

1.10Meyakinibahwa Juursebagaicerminandariiman.
2.10MenunjukkanperilakuJujur.
3.10MemahamimaknaJujur.
4.10MencontohkanperilakuJujurterhadap orang lain
IndikatorPencapaianKompetensi
1.10.1    MeyakiniJujursebagaicerminandariiman
1.10.2    Meyakini Allah SWT pun MahaJujur/Pengampun.
2.10.1    MenunjukkanperilakuJujur
3.10.1  MenyebutkanartiJujurdenganbenar.
3.10.2  MenyebutkancontohperilakuJujurdenganbenar
4.10.1  MemperagakancontohperilakuJujur
4.10.2    Mempraktikanperilaku-perilakuJujur


C.  DeskripsiMateriPembelajaran
Jujur Adalah sifat terpuji
.Jujur adalah perbuatan yang mulia kejujuran agar ditanamkkan dari kecil pada anak anak dalam setiap perbuatan dan ucapan ,jujur adalah modal utama dalam hubungan degan mauasia.


D.    KegiatanPembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoabersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitandenganpelajaransebelumnya yang telahdibahas (appersepsi).
e.    Memberikanmotivasipentingnyamengaji.
f.     Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai yaitupeserta didik dapatmencontohkankegiatan agama yang dianutnya di sekitarrumah.
g.    Menyampaikantahapan kegiatan pembelajarandantujuanyang akandilaksanakan.
h.    Mengadakan evaluasiawal (pretes).
20 menit
2.
Kegiatan Inti

·      Guru mencobasecaraacakmenunjuksatuatauduapesertadidikuntukmenceritakanpengalamannyabergaul di masyarakat ketika suasana sedang hari raya.
·      Pesertadidiksecara individual maupunklasikaldimintauntukmelihatdanmencermatigambaratautayangangambarorang yang sedangmelaksanakansalam-salaman di masjid di pertemuanperayaanataupundimanasaja.
·      Guru memintapesertadidikuntukmenceritakanisigambartentangsituasidansuasanamaafmemaafkan.

·      Guru membagipesertadidikkedalambeberapakelompok. Setiapkelompokatauindividumempersiapkanpertanyaan yang berkaitandengansuasanamaafmemaafkan yang adadisekitarmasyarakatmaupunlingkungansekolah.
·      Setiapkelompokmengajukanpertanyaan-pertanyaan yangtelahdipersiapkankepadakelompok lain.Kelompoklainmenjawabpertanyaan-pertanyaan yang diajukankepadanya.
·      Guru memberikanpenguatandenganmenceritakanpengalamankeagamaanyangdialamidilingkunganmasyarakatmaupunsekolah.
·      Guru memintasiswauntukmengemukakanisigambar.
·      Guru memintakembalipadapesertadidikuntukmengemukakanisigambarberikutnya.
·      Gurumemintakembalimenyimpulkangambar, dangambarberikutnya.
·      Pesertadidiksecarabergilirandanberpsanganmeragakanperan Prilaku jujur
·      Meyimpulkanhasil (melengkapi, mengkonfirmasi)


3.
Penutup
a.    Peserta didik dimintauntukbersama-sama berperilaku Jujur.
b.    Guru memintapesertadidikuntukmemberitandaceklispadakolomkolomyaatautidak yang telahdisediakan
c.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
d.   Menutuppelajarandenganberdoadansalam.


E. Penilaian

A.    JenisPenilaian      : Sikap
No
Sikap
Ya      /       Tidak
1
Pernahmenyesalikesalahanpadadirisendiri

2
Akuselaluhati-hatidalamperbuatan

3
Jika orang lain mintamaafakumemaafkan

4
Sayapernahbersalahkepadatemandansayamintamaaf





A.    JenisPenilaian            : Tugas
Instrumen :CeritakanpengalamanmutentangJujur
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Genap
TeknikPenilaian
:
Penilaiandiri
Penilai
:
Guru      






















































F . Media BahanSumber
            AlatElektronik
            Gambar
Bukusiswa

Lampiran-lampiranmateri

Mengetahui,
KepalaSD Cantigi WetanII





SIHANA, S.Pd,MSi
NIP. 195906061981121002
Indramayu,   26  Juni  2016

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti





TOTO SURNANTO, S.Pd.I
NIP. ................................

No comments: