RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah/Madrasah
: SDN PAOMAN IV
Mata
Pelajaran : Pendidikkan Agama Islam
Kelas/
Semester : 1/II (Dua)
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.12. Memahami sholat
dan kegiatan agama disekitar rumahnya melalui pengamatan
|
3.12.1 menyebutkan
lima sholat wajib
3.12.2 Menyebutkan
bilangan rokaat sholat wajib
|
4.12 melaksanakan
sholat dan kegiatan agama disekitar rumahnya melalui pengamatan
|
4.12.1 Menunjukan
sholat wajib yang bilangannya ganjil
4.12.2 menunjukan
Sholat wajib yang bilangannya genap
4.12.3 Menunjukkan
sholat wajib yang dilksanakan pada pagi, siang, sore dan malam hari
|
C. Materi Pembelajaran
Sholat lima waktu dan bilangan rokaatnya
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a. Guru mengkodisikan kelas
b. Siswa berdoa bersama dipimpin oleh salah
satu siswa
c. Menyapa siswa kemudian menjelaskan
indicator yang ingin dicapai
d. Guru bertanya tentang materi pelajaran yang
akan dibahas untuk mengetahui sejauh mana siswa pengetahuan siswa (pretest
2. Kegiatan Inti (100 menit)
a. Mengamati
Guru mencoba secara
acak menunjuk satu atau dua peserta didik untuk menunjukan lima sholat wajib
dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat.
Peserta didik secara
individual atau klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar diatas
karton.
b. Menanya
Guru membagi peserta
didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertayaan yang
berkaitan dengan lima sholat wajib dan jumlah rokaatnya.
Guru memberikan
penguatan dengan menjelaskan lima sholat wajib dan bilangan rokaatnya.
c. Mengumpulkan informasi
Guru menyebutkan lima
sholat wajib dan jumlah rokaatnya secara berurutan dan berulang . Peserta didik
secra individual atau klasikal menirukan secara berulang.
d. Mengasosiasikan
Secara individual
maupun kelompok, peserta didik mengelompokan tentang lima sholat wajib dan
bilangan rokaatnya.
Peserta didik baik
secara individu maupun kelompok mengindentivikasi lima sholat wajib dan
bilangan rokaatnya.
Menghubungkan
pentingnya melaksanakan sholat wajib dengan kehidupan sehar- hari .
e. Mengkomunikasikan
Peserta didik
menyampaikan hasil diskusi tentang lima sholat wajib dan bilangannya baik secara
kelompok maupun individual.
Peserta didik yang
lain baik secara individu maupun
kelompok menanggapi
Hasil presentasi (melengkapi,
mengkonfirmasi dan menyanggah)
3. Penutup (20 menit)
a. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukkan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksaakan sebagai masukkan.
c. Merencanakkan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikkan tugas baik secra individu maupun kelompok sebagai peserta didik.
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
e. Menutup pelajaran dengan berdoa dan
salam
E. Penilaian
1. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Tehnik Penilaian : Tes Tulis
c. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian tes tulis
d. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir
instrumen
|
1.
|
Menyebutkan
lima sholat wajib
|
Nomor
1 -2
|
2
|
Menyebutkan
bilangan rokaat
|
Nomor
3 - 8
|
e. Instrumen Penilaian
Kelas/Semester : 1 / Genap
Tehnik Penilaian : Penilaian diri
Penilai : Guru
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Menyebutkan
lima sholat wajib
|
1.
Sholat
wajib sehari semalam ada …. Waktu
2.
Yang
termasuk sholat wajib adalah …
|
2
|
Menunjukkan bilangan rokaat sholat wajib
|
3.
Sholat
subuh ada …. Rokaat
4.
Sholat
zuhur ada…. Rokaat
5.
Sholat
ashar ada …. Rokaat
6.
Sholat
Magrib ada …. Rokaat
7.
Sholat
Isya ada …. Rokaat
8.
Jumlah
rokaat sholat wajib seluruhnya ada…. rokaat
|
|
|
|
Penilaian
Skor masing-masing
item nomor 1,2,3,4,5,6,7 dan 8 adalah 1
Skor item nomor 2
adalah 2
Skor akhir : Skor yang
diperoleh x 100 = ….
Skor maksimal
2. Ketrampilan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Tehnik Penilaian : Tes kinerja
c. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian kinerja
d. Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir
instrumen
|
1.
|
Menunjukkan
sholat wajib yang bilangannya ganjil
|
Nomor
1
|
2
|
Menunjukkan
sholat wajib yang bilanggannya genap
|
Nomor
2
|
3
|
Menujukkan
sholat wajib yang dilaksanakan pada pagi, siang, sore dan malam hari
|
Nomor
3
|
e. Instrumen Penilaian
Kelas/Semester : 1 / Genap
Tehnik Penilaian : Penilaian kinerja
Penilai : Guru
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Menunjukkan
sholat wajib yang bilangan rokaatnya ganjil
|
Tunjukkan
sholat wajib yang bilangan rokaatnya ganjil
|
2
|
Menunjukkan
sholat wajib yang bilangan rokaatnya genap
|
Tunjukkan
sholat wajib yang bilangan rokaatnya genap
|
3
|
Menunjukkan
sholat wajib yang dilaksanakkan pada pagi, siang, sore dan mlam hari
|
Tunjukkan
sholat wajib yang dilaksanakkan pada pagi, siang, sore dan malam hari
|
F. Media/Alat,Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/alat : Tulisan nama – nama sholat
wajib dan bilangan rokaatnya
2. Bahan : kertas dan spidol
3. Sumber belajar :Buku PAI dan Budi
Pekerti SD/MI Kls I. Penulis : Ahmad Hasim dan Otong Jaelani Kemdikud, Jakarta
2014.
Mengetahui,
Kepala
SDN Paoman IV
TUTI
HERNI, S.Pd
NIP. 19620609 198305
2 006
|
Indramayu, 26 Juni
2016
Guru PAI
ROISAH,
S.Pd.I
NIP. 19650603 198610
2 008
|
Lampiran 1
Materi
Pembelajaran
Dua
Kalimat Syahadat
Lafal dua kalimat syahadat.
Lafalkan perlahan-lahan
aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah.
dan aku bersaksi bahwa Nabi
Muhammad utusan Allah.
1.Syahadat Tauhid
Artinya : aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
2.Syhadat Rosul
artinya: aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan
Allah.
No comments:
Post a Comment