RPP KLS 1 Semester 2 PAI Kurikulum 2013 versi revisi terbarukan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN PRANGGONG
III
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : I/2
Alokasi Waktu : 1 x 40 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
|
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menunjukkan
perilaku jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
|
KI 3:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
|
KI 4:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar
1.2
|
Terbiasa membaca al-Qur’an
dengan tartil.
|
2.2
|
Menunjukkan
sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S.
al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlas
|
4.2.2
|
Menghafal Q.S.
al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan
benar dan jelas.
|
Indikator
1.2.1
|
Terbiasa membaca al-Qur’an.
|
2.2.1
|
Menunjukkan
sikap peduli.
|
4.2.2.1
|
Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Ikhlas ayat 1-2.
|
4.2.2.2
|
Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Ikhlas ayat 1-3.
|
C.
Materi pembelajaran
Hafal QS al-Iklah.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
3. Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta
didik.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Guru mengikuti langkah butir 4 subbab sebelumnya.
6. Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah
dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun
sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau media
lainnya.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru
melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti
seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
2.
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2
kali).
3.
Guru
melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti
seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
4.
Guru
melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti
seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5.
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara
bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi
melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang
melafalkan secara individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya).
6.
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan Q.S. al-Ikhlas
secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
30
menit
|
Penutup
|
1. peserta didik membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru.
2. melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan.
3. merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
yang belum memahami hafal QS al-Ikhlas.
4. menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
5
menit
|
E.
Penilaian
1.
Jenis Penilaian
-
Penilaian
Sikap : Observasi dan
pencatatan sikap siswa selama kegiatan
-
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
-
Penilaian
ketrampilan
a.
Penilaian
Unit kerja : Mengenal Konsep menghafal
QS al-Ikhlas
No.
|
Urian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
Aku sudah hafal QS al-Ikhlas
|
|
|
|
Ayat pertama
|
|
|
|
Ayat ke dua
|
|
|
|
Ayat ke tiga
|
|
|
|
Ayat ke empat
|
|
|
2.
|
Aku sudah tahu pesan QS al-Ikhlas
|
|
|
Tugas kelompok
Lafalkan QS. al-Ikhlas secara bergantian tiga temanmu!
No.
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
Sangat
Lancar
(A)
|
Lancar
(B)
|
Sedang
(C)
|
Kurang
(D)
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Tugas Individu
b.
Penilaian
Unit Kerja : Mengenal menghafal QS
al-Ikhlas
No.
|
Urian
|
Nilai Perhatian
|
|||
1.
|
Aku sudah hafal QS al-Ikhlas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Ayat pertama
|
|
|
|
|
3.
|
Ayat ke dua
|
|
|
|
|
4.
|
Ayat ke tiga
|
|
|
|
|
5.
|
Ayat ke empat
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Catatan:
4. Sangat lancer :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan
lancar dan tartil.
3. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlas dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari
2.
2. Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlas dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang
dari 5.
1. Kurang lancer : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al-Ikhlas dengan kurang lancar.
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku
yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
sikap
b.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1.
Media/alat : Infokus, Laptop, al-Quran (zuz
ammah)
2.
Sumber
Belajar :
a.
Lingkungan
sekolah yang indah dan asri
b.
Buku
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
halaman 74 – 76.
c.
Buku
Siswa pendidikan Agama Islam dan Budi Pekert halaman 50.
Kepala
Sekolah
SUKENDAR,
S.Pd.
NIP: 196606261988031010
|
Indramayu, 26 Juni 2016
Guru PAI
AKHMAD
NAKIDIN, S.Pd.I
NIP:
196507032007011011
|
Lampiran :
Qur’an Surat al-Ikhlas
ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ öNs9 ô$Î#t öNs9ur ôs9qã ÇÌÈ öNs9ur `ä3t ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ
No comments:
Post a Comment