RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN BABADAN I
Mata
Pelajaran : PAI
Kelas
/ Semester : 1 / II (Dua)
Alokasi
Waktu : 35menit x 4 JP (1 x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
Ki
1 : Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang di anutnya
Ki 2 :
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, perduli dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru
Ki
3 : Mengetahui pengetahuan
factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, mahluk
ciptaan
tuhan
dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan di
sekolah
Ki
4 : Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||
1.9
|
Meyakini
bahwa berkata baik, sopan dan santun sebagai cerminan dari iman.
|
1.9.1
1.9.2
1.9.3
|
Meyakini
bahwa berkata yang baik sebagai ceminan dari iman
Meyakini
bahwa berkata yang sopan sebagai cerminan dari iman
Meyakini bahwan berkata yang santun sebagai
cerminan dari iman
|
2.9
|
Menunjukkan
sikap yang baik, sopan dan santun ketika berbicara
|
2.9.1
2.9.2
2.9.3
|
Menunjukkan
sikap yang baik ketika berbicara
Menunjukkan
sikap yang sopan ketika berbicara
Menunjukkan sikap yang santun ketika berbicara
|
3.9
|
Memahami
berkata baik, sopan dan santun
|
3.9.1
3.9.2
3.9.3
|
Menyebutkan
contoh berkata yang baik
Menyebutkan
contoh berkata yang sopan
Menyebutkan
contoh berkata yang santun
|
4.9
|
Mencontohkan
cara berkata yang baik, sopan dan santun
|
4.9.1
4.9.2
4.9.3
|
Menunjukkan
contoh berkata yang baik
Menunjukkan
contoh berkata yang sopan
Menunjukkan
contoh berkata yang santun
|
C. Materi
Pembelajaran
Perilaku
terpuji tentang berkata yang baik
D. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
Ø Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang memimpin.
Ø Guru
memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
Ø Guru
menyapa dengan menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Guru
dapat memanfaatkan media yang akan digunakan tayangan visual (film).
Ø Metode
yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk The educationaldiagnosis meeting,
artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
Ø Salah
satu model pengajaran yang digunakan dalam kompetensi ini diantaranya adalah
bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk mengeksplorasi perasaan
peserta didik, mentransfer dan
2.
Kegiatan Inti
Ø Mengamati
Ø Menyimak
contoh yang telah diperlihatkan ddialam tayangan media visual (film) tentang
sikap sopan santun secara individual
Ø Memperhatikan
tayangan media visual (film) tentang sopan santun secara klasikal
Ø Menanya
Ø Guru
membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan
pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan film yang sudah dilihat
Ø Setiap
kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan pada kelompok
lain.
Ø Kelompok
lain menjawabpertanyaan-pertanyaan yang di ajukan kepadanya.
Ø Guru
memberikan penguatan
Ø Mengumpulkan
informasi
Ø Peserta
didik berlatih memperagakan contoh-contoh perilaku sopan santun
Ø Mengasosiasi
Ø Mengidentifikasi
peragaan contoh-contoh perilaku sopan santun yang di anggap mudah dan sukar
Ø Mengomunikasikan
Ø Secara
berkelompok peserta didik menampilkan peragaan contoh-contoh perilaku sopan
santun
3.
Kegiatan Penutup
Ø Guru
mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan
refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan
:
Ø Bagaimana
perasaan kalian mengikuti pelajaran hari ini?
Ø Kegiatan
apa saja yang paling kamu sukai?mengapa?
Ø Kegiatan
mana yang paling mudah/sulit?mengapa?
Ø Sikap
apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah tadi kita
belajar?
Ø Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
Ø Meminta
seorang siswa memimpin doa. Guru mengingatkan siswa untuk bersikap sopan santun
terhadap sesame teman, orang tua, guru dan orang yang lebih tua dari kita.
E. Teknik
Penilaian
Disajikan
nama teknik penilaian, instrument lengkap penilaian setiap pertemuan dimuat
dalam lampiran instrument penilaian subtema 1
F.
Media/alat,
bahan dan sumber belajar
Media
nya menggunakan tayangan visual (film)
Lampiran-lampiran
Materi
pembelajaran pertemuan 1
Instrument
penilaian pertemuan 1
PENGETAHUAN
Jenis
penilaian : Tes
Teknik
penilaian : Tes Tulis
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian tes
tulis
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir
instrument
|
1
|
Menyebutkan
empat ciri berkata baik
|
Nomor 1
|
2
|
Menyebutkan
empat ciri sopan santun terhadap orang tua
|
Nomor
2
|
3
|
Menyebutkan
tiga ciri sopan santun kepada guru
|
Nomor
3
|
Instrumen
Penilaian
Kelas/Semester :
1 / II (dua)
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
Penilai : Guru
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Menyebutkan
empat ciri berkata baik
|
Ciri-ciri berkata baik kepada
orang tua antara lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
1
|
Menyebutkan
empat ciri sopan santun terhadap orang tua
|
Ciri-ciri Sopan santun kepada
orang tua antara lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
2
|
Menyebutkan
tiga ciri sopan santun kepada guru
|
Ciri-ciri Sopan santun kepada
guru antara lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
KETERAMPILAN
Jenis
penilaian : Tes
Teknik
penilaian : Kinerja
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Kinerja
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir instrument
|
1
|
Menunjukkan
contoh berkata baik
|
Nomor 1
|
2
|
Menunjukkan
contoh sopan
|
Nomor 2
|
3
|
Menunjukkan
contoh santun
|
Nomor
3
|
Instrumen
Penilaian
Kelas/Semester :
1 / II (dua)
Teknik
Penilaian : kinerja
Penilai : Guru
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Menunjukkan
contoh berkata baik
|
Ciri-ciri berkata baik antara
lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
2
|
Menunjukkan
contoh ciri sopan
|
Ciri-ciri Sopan santun antara lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
3
|
Menunjukkan
contoh santun
|
Ciri-ciri Sopan santun antara lain:
a. …………………………..
b. …………………………..
c. …………………………..
d. …………………………..
|
Rubrik
Penilaian
Skor
item 1 = 4
Skor
item 2 = 3
Skor
item 3 = 2
Skor
akhir = Skor yang diperoleh x 100
=
Skor Maksimal
Mengetahui,
Kepala
SDN Babadan I Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
DARSILAH,
S.Pd.SD YUYUN YULIANTI,
S.HI
NIP.
19740904 199803 1 003 NIP.
19830718 201001 2 004
Mengetahui,
Kepala
SDN Babadan I Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
DARSILAH,
S.Pd.SD YUYUN
YULIANTI, S.H.I
NIP.
19740904 199803 1 003 NIP.
19830718 201001 2 004
No comments:
Post a Comment