RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Karanganyar
Kelas/Semester : 1 /2
Materi Pokok :
Al Malik
Alokasi Waktu
: 1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlakmulia.
KI-3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.
B.
Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
B. Kompetensi
Dasar (KD)
|
.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
2.
3.
4,
|
1.5 Menerima adanya Allah Swt. Maha
Pengasih, Maha Penyayang dan Maharaja.
2.5 Menunjukkan sikap kasih sayang,
peduli, kerjasama dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman
Asmā'ul Hūsna: ar-Rahmān, ar-Rahīm, al-Mālik.
3.5 Memahami makna Asmā'ul Hūsna:
ar-Rahmān, ar-Rahīm, dan al-Mālik.
4.5 Melafalkan Asmā'ul Hūsna: ar-Rahmān,
ar-Rahīm, dan al-Mālik
|
3.5.1 Melafalkan Asmā'ul Hūsna al-Mālik.
3.5.2
Mengartikan Asmā'ul Hūsna al-Māli
4.5.1 Menunjukkan contoh Asmā'ul Hūsna al-Mālik.
4.5.2 Mendemontrasikan contoh Asmā'ul Hūsna
al-Mālik.
|
C. Materi Pembelajaran
Allah Maha raja
D. Kegiatan Pembelajaran
a.
Persiapan
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5)
Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa tulisan dipapan
tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat dibaca),Jika
memungkinkan dapat memanfaatkan tayangan terawangan, slide(media projector)
untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkandan bentuk tulisannya.
b. Pelaksanaan
Proses
melafalkan dengan langkah berikut ini:
1)
Guru menceritakan keindahan dan keteraturan alam, serta menanyakankepada
peserta didiksiapa yang mengatur itu dan menguasai itu semua.
2)
Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yangmerata kepada
siswa.
3)
Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-samamengucapkan “aku
percayaAllah Maharaja”.
4)
Pada kolom “ayo kerjakan”, peserta didik secara berpasangan (denganteman
sebangku)mengamati gambar lalu menceritakannya
kepada teman.Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Allah. Dapat juga
ditambahkantugas mengamati lingkungan sekitar dan mencari jawaban siapa
yangmenciptakannya.
5)
Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) padakolom ‘ya’ atau
‘tidak’. dalam kolom“ dalam insya Allah aku bisa”.
6)
Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Allah Maharaja”.
E.
Teknik Penilaian
tulis
F.Media /alat /Bahan dan Sumber
1. Media
: gambar alam
2, alat : kertas
3, Sumber
: Buku PAI dan Budi pekertiKls 1
SD/MI .Penulis Achmad Hasim dan OtongJaelani,Kemdikbud ,Jakarta,2014
Mengetahui :
Kepala Sekolah
SUMINTA,
S.Pd.SD.
NIP. 19611005 198211 1 002
|
Karanganyar, 26
Juni 2016,
Guru
Agama Islam
Hj. RUSINIH, S.Ag.
NIP. 19650217
1986102 004
|
|
|
LAMPIRAN
MATERI
A. al-Malik
Allah
Maharaja.
Dia menguasai alam semesta
LAMPIRAN PENILAIAN
Ayo berlatih
1, sebutkan arti Al Malik............
2. Allah menguasai ......................
3. Ppenguasa alam semesta adalah...............
No comments:
Post a Comment