Monday, 27 June 2016

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan


RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                 :    SDN Karanganyar
Kelas/Semester               :    1 /2
Materi Pokok :    Al Malik
Alokasi Waktu  :    1 x 4 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlakmulia.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.

B. Kompetensi Dasar (KD)  Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
B. Kompetensi Dasar (KD)

. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.


2.



3.


4,


1.5 Menerima adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maharaja.
2.5 Menunjukkan sikap kasih sayang, peduli, kerjasama dan percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Asmā'ul Hūsna: ar-Rahmān, ar-Rahīm, al-Mālik.
3.5 Memahami makna Asmā'ul Hūsna: ar-Rahmān, ar-Rahīm, dan al-Mālik.

4.5 Melafalkan Asmā'ul Hūsna: ar-Rahmān, ar-Rahīm, dan al-Mālik
3.5.1  Melafalkan Asmā'ul Hūsna al-Mālik.
3.5.2 Mengartikan Asmā'ul Hūsna al-Māli
4.5.1  Menunjukkan contoh Asmā'ul Hūsna al-Mālik.
4.5.2  Mendemontrasikan contoh Asmā'ul Hūsna al-Mālik.







C.    Materi Pembelajaran
Allah Maha raja

D.   Kegiatan Pembelajaran
a. Persiapan
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5) Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa tulisan dipapan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat dibaca),Jika memungkinkan dapat memanfaatkan tayangan terawangan, slide(media projector) untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkandan bentuk tulisannya.
b. Pelaksanaan
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
1) Guru menceritakan keindahan dan keteraturan alam, serta menanyakankepada peserta didiksiapa yang mengatur itu dan menguasai itu semua.
2) Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yangmerata kepada siswa.
3) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-samamengucapkan “aku percayaAllah Maharaja”.
4) Pada kolom “ayo kerjakan”, peserta didik secara berpasangan (denganteman sebangku)mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman.Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Allah. Dapat juga ditambahkantugas mengamati lingkungan sekitar dan mencari jawaban siapa yangmenciptakannya.
5) Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) padakolom ‘ya’ atau ‘tidak’. dalam kolom“ dalam insya Allah aku bisa”.
6) Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Allah Maharaja”.

E.  Teknik Penilaian
tulis
F.Media /alat /Bahan dan Sumber
1.  Media          :   gambar alam
2,  alat               :  kertas
3,  Sumber        :  Buku PAI dan Budi pekertiKls 1 SD/MI .Penulis Achmad Hasim dan OtongJaelani,Kemdikbud ,Jakarta,2014



Mengetahui :
Kepala Sekolah



SUMINTA, S.Pd.SD.
NIP. 19611005 198211 1 002
Karanganyar,   26   Juni  2016,
Guru Agama Islam



Hj. RUSINIH, S.Ag.
NIP. 19650217 1986102 004

















LAMPIRAN MATERI
A. al-Malik
Allah Maharaja.
Dia menguasai alam semesta


LAMPIRAN PENILAIAN
Ayo berlatih
1,    sebutkan arti Al Malik............
2.   Allah menguasai ......................
3.   Ppenguasa alam semesta adalah...............

No comments: