Tuesday 13 September 2016

DINAMIKA KELOMPOK DALAM KML

DINAMIKA  KELOMPOK DALAM KML

 DINAMIKA  KELOMPOK DALAM KML

I.       DASAR  PEMIKIRAN
1.    Sebagai orang dewasa, peserta kursus masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka cendrung kurang dapat bekerja sama satu dengan  lainnya dalam satu tim.
2.    Mereka cenderung saling menutup diri utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing dan lebih menojolkan kelebihan masing-masing bahkan ada kecendrungan untuk tidak mau berbagi pengetahuan dan pengalaman.

II.      TUJUAN
          Tujuan kegiatan dinamika kelompok ialah mengembangkan persaudaraan kerja sama dalam kelompok sebagai team dengan team work yang kompak, agar proses pembelajaran interaktif dapat berjalan dengan lancar.

III.    SASARAN
          Setelah mengikuti kegiatan dinamika kelompok, Peserta mampu :
1.    membangun tim yang kompak dan saling membantu antar anggota yang satu dengan lainnya ;
2.    menciptakan kerja sama yang kompak dan serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada kelompok dapat diatasi dengan mudah ;
3.    terciptanya persaudaraan antar anggota kelompok, saling mempercayai, menghormati satu dengan lainnya,  saling peduli dan saling meningkatkan pengetahuan dan pengalaman

IV.    PELAKSANAAN  DINAMIKA KELOMPOK   
1.    Dinamika  Kelompok dikendalikan oleh  Tim Pelatih.
2.    Tim Pelatih menciptakan kegiatan bersama yang dapat mencairkan kebekuan peserta kursus, dengan permainan (game) bersama sambil menyayi dan menari bersama.
3.    Dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan tersebut, dilakukan  pembentukkan kelompok-kelompok peserta yang akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama kursus.
4.    TimPelatih membagi diri sebagai pendamping kelompok-kelompok yang terbentuk tersebut, dan dalam kebersamaan saling memperkenalkan diri, saling membuka diri dengan jalan masing-masing menginformasikan kelemahan dan kelebihannya, serta hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi.
5.    Tim kerja masing-masing menetapkan Yel-yelnya dan mengundangkan sebagai satu pertanda adanya kekompokkan dalam kelompok.
6.    Sebaiknya dinamika kelompok dalam KML dilaksanakan menurut golongan peserta didik.

V.      WAKTU  : 1 X 45  menit.



No comments: