Saturday 3 September 2016

KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF BAGI PRAMUKA PENEGAK

KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF

 BAGI PRAMUKA PENEGAK 


I.     PENDAHULUAN
1.    Kegiatan  kreatif dan rekreatif dalam kepramukaan selalu bermuatan: modern, bermanfaat  dan adanya ketaatan kepada Kode Kehormatan Pramuka.
2.    Kegiatan kratif dan rekreatif yang dilakukan pada setiap kegiatan, akan memicu meningkatnya krativitas peserta didik dalam menghadapi segala tantangan yang timbul menjadi peluang untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.


II.   MATERI POKOK
1.    Manfaat kratifvitas dalam menghadapi tantangan, ialah :
a.     dapat membangun harga diri
b.    menguatkan kesadaran diri
c.     membangun rasa memiliki integritas diri dalam mengembangkan bakat dan keterampilanya
d.    dapat merubah tantangan menjadi peluang usaha
e.     dapat mengukur kemampuan diri

2.    Cara mengembangkan Kreativitas Pramuka Penegak
a.     Pembina Pramuka Penegak untuk dapat mengembangkan kreativitas Pramuka Penegak hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik akan tugas-tugas pekembangan mereka, diataranya ialah :
1)    berfikir kritis
2)    mudah terjadi identifikasi yang sangat emosional
3)    minat dan aktivitasnya mulai mencerminkan jenis (kelamin) secara lebih
4)    dorongan kuat untuk ekspansi diri dan bertualang
5)    pengaruh kelompok sebaya sangat besar
6)    memerlukan kehangatan dan keserasian dalam keluarga di rumah
7)    memerlukan dukungan emosional orang tua bila mengalami kekecewaan dalam bergaul
8)    mengenangi perilaku yang penuh kejutan, tantangan dan perilaku mengganggu orang lain
9)    permainan kelompok/tim sangat menarik baginya.




b.    Pembina Pramuka Penegak memberi fasilitas dan kesempatan seluas-luasnya kepada para Pramuka Penegak lewat Dewan Pasukan Penegak   untuk menciptakan kegiatan sesuai dengan kebutuhan pemenuhan tugas-tugas perkembangan jiwa mereka.  Kegiatan yang mereka susun sendiri sedemikian ini pasti merupakan kegiatan yang menyenangkan, sehingga dengan kegiatan tersebut mereka mengadakan rekreasi.
c.     Pembina Penegak ikut terlibat dalam kegiatan, dan bilamana kegiatan yang mereka susun, dapat mereka laksanakan dengan sukses maka akan terkembangkan kreativitas yang ada pada mereka.
d.    Keikut sertaan Pembina dalam kegiatan tidak untuk memberikan petunjuk-petunjuk, tetapi semata-mata untuk memberikan dukungan moral saja.

3.    Sebagai  fasilitator Pembina Pramuka akan berperan :

       a.     mendorong belajar mandiri sebanyak mungkin 
b.    memotivasi pada peserta didik untuk berani memberikan kritik secara konstruktif serta mampu menilai diri sendiri
c.     berusaha menghindari pemberian dukungan atau celaan terhadap ide-ide yang tidak biasa
d.    dapat menerima perbedaan menurut waktu dan kecepatan antara peserta didik dalam kemampuan melahirkan ide-ide baru

4.    Kegiatan kreatif akan mendidik Pramuka Penegak untuk selalu menemukan hal-hal baru, dengan jalan :
a.     merubah yang sudah ada menjadi baru
b.    menciptakan hal yang baru sama sekali
Bila mana hal ini dilakukan secara berkesinambungan akan tertanam semangat inovotif pada peserta didik yang akan membekali mereka pada kehidupan yang penuh tantangan, persaingan, dan hambatan.  Bagi mereka yang berjiwa inovatif hal tersebut tidak akan menjadi masalah, karena tantangan, persaingan dan hambatan yang mereka hadapi akan mereka rubah menjadi suatu peluang usaha.

5.    Kegiatan kreatif dapat mengembangkan kemampuan
a.     berfikir kritis
b.    berfikir luwes
c.     berfikir orisinil
d.    berfikir terperinci
e.     berani mengambil resiko

6.    Macam-macam teknik kegiatan yang dapat mengembangkan proses berfikir kritis dan kreatif, diataranya ialah :
a.     pemecahan masalah
b.    membuat klasifikasi
c.     membandingkan dan mempertimbangkan
d.    membuat pertimbangan sesuai dengan kriteria tertentu
e.     melakukan penelitian
f.     diskusi
j.     tugas membuat perencanaan
k.    penugasan untuk mengevaluasi

7.    Pembina Pramuka Penegak berfungsi sebagai model bagi peserta didik.  Sehubungan dengan hal tersebut diatas kiranya perlu suatu persyaratan bagi seorang Pembina Pramuka Penegak anatara lain.
a.     Persyaratan profesional, meliputi :
1)    memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup
2)    mempunyai teknik membina yang bervariasi
3)    bijaksana dan kreatif dalam memecahkan masalah
4)    mempunyai kemampuan mengelola kegiatan
5)    mempunyai kegemaran membaca dan belajar
6)    dalam segala langkah dan perilakunya sehari-hari tercermin jiwa Trisatya dan Dasadarma       
b.    Persyaratan kepribadian, meliputi :
1)    bersikap terbuka terhadap hal-hal baru
2)    peka terhadap perkembangan peserta didik
3)    memiliki pertimbangan luas dan dalam
4)    penuh pengertian
5)    mempunyai sifat toleransi
6)    mempunyai kemampuan kreatif tinggi
7)    bersikap ingin tahu
c.     Persyaratan hubungan sosial, meliputi
1)    menghargai kreativitas peserta didik
2)    bersikap terbuka terhadap gagasan-gagasan baru yang muncul dari peserta didik
3)    mengakui dan menghargai adanya perbedaan induvidual
4)    bersikap menerima dan menunjang konsep kreatif peserta didik
5)    menyediakan pengalaman belajar yang berdeferensiasi

III. PENUTUP
Pembina hendaknya lebih banyak memberikan tantangan dari pada tekanan.  Tantangan yang diberikan pada peserta didik akan memberikan peluang bagi peserta didik untuk membangkitkan kreativitasnya dalam menghadapi tantangan tersebut disamping itu akan melatih rasa percaya diri, berfikir kritis, mengembangkan kemampuan menganalisis, mengembangkan kemampuan menemukan keputusan serta mengembangkan keberanian untuk bertindak

KEPUSTAKAAN
1.      Munanadar, Prof. Dr. S.C. Utami. PENGEMBANGAN  BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK SEKOLAH, PENUNTUN BAGI GURU DAN ORANG TUA. Jakarta. Gramedia.1987.
2.      Semiawan. Prof. Dr. Conny. PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Jakarta. Gramedia. 1989.
3.      Widyono. Bambang S. MENYIAPKAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIF PESERTA DIDIK. Surabaya. 1996.
4.         Atmasulistya, 

No comments: