Sunday 1 November 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) PAI

Satuan Pendidikan      :  SDN PRANGGONG III
Mata pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Kelas/Semester            :  V / 1
Tema                           :  Mari Belajar al-Qur’an ( pel.1)
Sub tema                     :  Surah at-Tin.
Alokasi waktu             :  4 X 35 m (1 x pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.4
Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin
3.3
Mengetahui makna Q.S. at-Tin dan Q.S. at-Tin dengan benar
4.1
Membaca Q.S. al-Ma’μn dan Q.S.at-Tin dengan tartil.
4.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Tin dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Tin dan Q.S.at-Tin dengan baik dan benar.
4.4
Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.

C.     TUJUAN
Peserta didik dapat:
a.       Membaca Q.S.at-Tin dengan tartil.
b.      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin.
c.       Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin.
d.      Mengetahui makna Q.S.at-Tin dengan benar
e.       Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin
f.       Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S.at-Tin.

D.    MATERI
Surah at-Tin

E.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan           : Scientific
Strategi                  : Projec Based Learning
Metode                  : Penugasan, ceramah, eksperimen, problem solfing.

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu

Pendahuluan
1.      guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
2.      guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3.      guru menyapa peserta didik; dan
4.      guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    10
   menit

Inti
Mengamati:
a.      Membaca
1)      Hikmah membaca surah al-Tin
2)      Guru menanyakan manfaat surah al-Tin
3)      Guru mananyakan cerita yang terkandung dalam surah at-Tin.
4)      Peserta didik diminta membaca surah al-Tin bersama-sam dengan guru.
5)      Peserta didik mengamati penggalan surah al-Tin dan membacanya hingga mahir.
6)       Peserta didik membaca surah at-Tin  ayat per ayat hingga mahir, dan mencermati huruf/tanda baca, seperti membedak sin dengan  r   ر=   dengan  w = و     

b.      Menghafal
1.      Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks.
2.       Peserta didik menjawab pertanyaan “Mengapa kita perlu menghafal surah at-Tin? Lihat buku teks.
3.       Siapa di antara kalian yang sudah hafal surah at-Tin? Jika ada, mintalah untuk memperdengarkan hafalan itu kepada teman-temannya. Jika tidak, ajaklah peserta didik menghafalkannya.
4.      Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah at-Tin hingga hafal. Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka.
5.      Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah at-Tin.
6.      Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah at-Tin pada buku tulis masing-masing.

c.       Menulis

1.      Guru meminta peserta didik mencermati gambar dan mengajukan pertanyaan “Siapa di antara kalian yang bisa menulis satu ayat surah at-Tin? Jika ada, mintalah ia menuliskan di papan tulis sebagai motivasi bagi teman-temannya.
2.      Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk mencermati bentuk huruf dan cara menyambung huruf yang ada pada surah at-Tin.
3.      Guru mencontohkan cara menulis huruf arab dengan benar. Terlebih dahulu membuat garis buku. Jelaskan letak huruf pada garis, misalnya antara huruf ra/wau dengan ba/dal, dan seterusnya.
Peserta didik menyempurnakan tulisannya dengan bimbingan guru. Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah at-Tin dalam huruf Arab pada buku tulis masing-masing.

d.      Makna Kandungan Surah at-Tin
1.      Guru meminta peserta didik untuk membaca dan memaknai isi surah at-Tin.

2.    Mengamati .

Menanya:
Melalui format lembar kerja dari guru, siswa :
1.    bertanya “ mengapa kita perlu membaca surat at-Tin?
2.    Bertanya “ mengapa kita meng hafal surat at-Tin?

Eksperimen/Explore
1.    secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan berapa ayat dari surah at-Tin dengan anggota kelompoknya secara bergantian
2.    secara individu dan kelompok peserta didik melafalkan surah at-Tin dengan anggota kelompoknya secara bergantian
3.    secara individu dan kelompok peserta didik menyebutkan makna surah at-Tin dengan anggota kelompoknya secara bergantian

Asosiasi
1.    kelompok satu membuat rumusan hasil proyek kerja tentang arti surah at-Tin secara tertulis
2.    kelompok dua membuat rumusan hasil proyek kerja tentang menandai makna surah at-Tin secara tertulis
3.    kelompok tiga membuat rumusan hasil proyek kerja tentang hal-hal peserta didik yang hafal dan yang belum secara tertulis.

Komunikasi
1.  kelompok satu menyampaikan hasil proyek kerja surah at-Tin secara kelompok di depan kelas
2.  kelompok dua menyampaikan hasil proyek kerja tentang menghafal surah at-Tin secara kelompok di depan kelas
3.  kelompok tiga menyampaikan hasil proyek kerja tentang hal-hal menulis surah at-Tin secara kelompok di depan kelas.
4.  menyimpulkan hasil proyek kerja semua kelompok tentang surah at-Tin secara individual atau kelompok
5.  mempraktikkan/mensimulasikan tata cara wudhu baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
125
menit


Penutup
1.    peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
2.    melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
3.    merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memahami tata cara wudhu dengan benar
4.    menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15
menit

G.    SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak, lingkungan masjid, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·         Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : buku guru / Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
·         Gambar, foto, info cus. Dll.

H.    PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan praktik. ( terlampir )

2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
a.    Penilaian Kinerja.
b.   Penilaian Produk.
c.    Lembar kerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Praktik
Penilaia Membaca.
            Rubrik penilaian
No.
Nama Peserta didik
Kriteria
Sangat lancar(4)
Lancer (3)
Cukup (2)
Kurang Lancar (1)
1.





2.





3.






Keterangan :
Sangat  Lancar  : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar. (4)
Lancar                : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
Cukup            : Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.(2)
Kurang                           : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna.(1)

Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar                = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer                         = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang                                    = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang                                    = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 2

Menghafal
            Rubrik penilaian
No.
Nama Peserta didik
Kriteria
Sangat lancer(4)
Lancer (3)
Cukup (2)
Kurang Lancar (1)
1.





2.





3.






Keterangan :
Sangat  Lancar  : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar. (4)
Lancar                : Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
Cukup                : Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.(2)
Kurang                           : Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna.(1)
Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar                = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer                         = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang                                    = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang                                    = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 2

Menulis. Rubrik penilaian
No.
Nama Peserta didik
Kriteria
Sangat baik (4)
Baik  (3)
Cukup (2)
Kurang Baik (1)
1.





2.





Keterangan :
Sangat Baik
:
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar. (4)
Baik
:
Bacaannya lancar, pengucapan hurufnya tepat, panjang dan pendek bacaannya benar, akan tetapi sedikit kurang tepat. (3)
Cukup
:
Bacaannya lancar sebagian, panjang dan pendek bacaannya benar tetapi pengucapan hurufnya kurang sempurna.(2)
Kurang Baik
:
Bacaannya tersendat-sendat, panjang dan pendek bacaannya kurang sempurna.(1)

Tugas kelompok
Rubrik Penilaian
No.
Nama Siswa
Kriteria
Baik
Cukup
Kurang











Konversi dalam Bentuk Angka
Sangat lancar                = 4 dan skor yang diperoleh 4/4 x 100 = 100
Lancer                         = 3 dan skor yang diperoleh 3/4 x 100= 75
Sedang                                    = 2 dan skor yang diperoleh 2/4 x 100 = 50
Kurang                                    = 1 dan skor yang diperoleh 1/4 x 100 = 2

Keterangan:
Baik                 : Hasil penyampaian runtun, relevan, dan jelas.
Cukup                          : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun kurang jelas.
Kurang                        : Hasil penjelasan kurang runtun, kurang relevan, dan kurang jelas.
Konversi dalam Bentuk Angka
Lancer             = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100
Sedang                        = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang                        = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33
Remedial
Jika terdapat peserta didik yang belum lancar membaca, menghafal, dan menulis, serta belum memahami kandungan Q.S. at-T³n, guru memberikan kembali contoh cara membaca, menulis, dan menghafal Q.S. at-T³n yang benar (belum mencapai KKM pada kurun waktu yang telah ditentukan). Peserta didik mendapatkan tambahan jam untuk belajar lagi cara membaca, menghafal dan menulis yang benar dan menirukannya secara berulang. Selanjutnya, memberikan pemahaman kembali tentang kandungan Q.S. at-T³n melalui berbagai pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang. (Untuk penilaian dapat dilihat pada poin 5)

Interaksi Guru dengan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan bagian “Ayo Berlatih,” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk bertukar infomasi. Selanjutnya orang tua mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bacaan, hafalan, dan tulisan Q.S. at-Tin di rumah.


Penilaian sikap
No
Peserta didik
Kriteria
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
MK
MB
MT
BT
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















6.
















































































































































MK = membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB = mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT  = mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator namun belum konsisten).
BT  = belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).


Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai kompetensi yang ditentukan (membaca, menghafal, dan menulis surah al-Falaq dengan tart³l, lancar, dan baik-benar) diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. Untuk kompetensi membaca/menghafal/menulis, guru boleh menjadikan peserta didik sebagai tutor sebaya, untuk memantapkan kemampuannya. Alternatif lain, peserta didik dapat membaca/menghafal/menulis ayat/surat pendek yang lain.

Remedi
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi, guru terlebih dahulu mengidentifikasi hal-hal yang belum dikuasai. Berdasarkan itu, peserta didik kembali mempelajarinya dengan bimbingan guru, dan melakukan penilaian kembali. Pelaksanaan remedi dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, misal 30 menit setelah jam belajar selesai.

Interaksi Guru dan Orang Tua
Aktivitas peserta didik di sekolah sebaiknya dikomunikasikan dengan orang tuanya. Komunikasi ini berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Secara teknis, sekolah (guru) dan orang tua menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan komentar guru pada buku penghubung kepada orang tuanya dengan memberikan komentar balasan dan paraf.




Mengetahui,
Kepala SDN Pranggong III




SUKENDAR, S.Pd
NIP. : 19660626 198803 1 010
Indramayu, …………….

Guru Mata Pelajaran PAI




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP. : 196507032007011011

No comments: