Sunday 26 June 2016

contoh KI, KD, dan Indikator kelas 1 semester

contoh KI, KD, dan Indikator kelas 1 semester


Tugas kelompok 2 :  Cooferative Learning
Analisis  SKL, KD, dan Indikator
Nama Kelompok : cooperative learning

Komnpetensi Inti
( KI )
Kompetensi Dasar
(KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1  Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.

1.2  Menyakini bahwa Allah ada melalui pengamatan terhadap mahluk ciptaannya disekitar rumah dan sekolah

1.3  Menyakini adanya Allah SWT Yang Maha Melihat Maha Adil dan Maha Agung.

1.4  Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT.

1.5  Meyakini adanya rasul-rasul Allah SWT.

1.6  Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.

1.7  Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.

1.8  Meyakini bahwa prilaku hemat sebagai cerminan dari iman

1.9  Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman

1.10   Meyakini bahwa perialku amanah sebagai cerminan iman

1.11   Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepad orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman.

1.12   Meyakini bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman

1.13   Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagi cerminan dari iman

1.14   Menerapkan ketentuan sariat islam dalam bersuci dsri hadast kecil.

1.15   Menjalankan salat dengan tertib.

1.16   Meyakini kebenaran kisah nabi Ayyub as.

1.17   Meyakini kebenaran kisah nabi Zulkifli as.

1.18   Meyakini kebenaran kisah nabi Harun as.

1.19   Meyakini kebenaran kisah nabi Musa as.

1.20   Meyakini kebenaran kisah nabi Muhammad SAW.

1.21 Meyakini keimanan wali songo kepada Allah SWT.

2.       Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
2.1      Menunjukkan kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna QS Al Falaq dan QS Al fil

2.2      Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman Allah itu ada

2.3      Menunnjukkan sikap hati-hati, hormat dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman makna Al Asmaulhusna Al Basir, Al Adil, Al Adzim.

2.4      Menunjukkan sikap patuh sebagai impelemtasi pemahaman makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah.

2.5      Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para Rasul Allah swt yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.

2.6      Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman

2.7      Menunjukkan sikap rendah hati

2.8      Menunjukkan perilaku hemat

2.9      Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

2.10  Menunjukkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari

2.11  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

2.12  Menunjukkan sikap gemar membaca

2.13  Menunjukkan sikap pantang menyerah

2.14  Menunjukkan perilaku bersih sebagai implementasi pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil

2.15  Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna ibadah solat

2.16  Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi pemahaman kisah teladan Nabi Ayyub as

2.17  Menunjukkan sikap rendah hati sebgai implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Zulkifli as

2.18  Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun as

2.19  Menunjukkan sikap berani dan sikap pntang menyerah sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Musa as

2.20  Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan nabi Muhammad saw

2.21 Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan wali songo

3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1      Memahami makna QS Al Falaq dan QS Al Fil dengan baik dan benar
3.1.1        Menyebutkan arti Al Falaq
3.1.2        Menyebutkan jumlah ayat surat Al Falaq
3.1.3        Menjelaskan perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad dalam surat Al Falaq
3.1.4          Menyebutkan kejahatan yang ada dalam surat Al Falaq
3.1.5          Menjelaskan keuntungan membaca surat Al falaq
3.2      Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap mahluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah

3.3       Memahami makna asmaul Al Husna, Al Bashir, Al Adil, Al Adzim

3.4       Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.

3.5       Memahami makna iman kepada Rasul Allah.

3.6       Memahami sikap santun dan menghargai teman baik di rumah, sekolah maupun di masyarakat sekitar

3.7       Memahami sikap rendah hati

3.8       Memahami perilaku hemat

3.9       Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

3.10   Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari

3.11   Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

3.12   Memahami manfaat gemar membaca

3.13   Memahami makna sikap pantang menyerah

3.14   Memahami tata cara bersuci dan berhadas kecil sesuai ketentuan syariat islam

3.15   Memahami makna ibadah solat

3.16   Memahami kisah keteladanan nabi Ayyub as

3.17   Memahami kisah keteladanan nabi Zulkifli as

3.18   Memahami kisah keteladanan nabi Harun as

3.19   Memahami kisah keteladanan nabi Musa as

3.20   Memahami kisah keteladanan nabi Muhammad saw

3.21 Memahami kisah keteladanan wali songo.

4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1      Membaca QS Al falaq dan QS Al Fil dengan tartil.
4.1.1        Membaca QS Al falaq dan QS Al Fil dengan tartil.
4.1.2          Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan al-Ma‘μn dengan benar.
4.1.3          Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Mā‘ūn dengan lancar.
4.2      Menulis kalimat-kalimat dalam quran surat Al Falaq dan QS Al Fil dengan benar

4.3      Menunjukkan hafalan QS Al Falaq dan QS al Fil dengan lancar.

4.4      Melakukan pengamatan terhadap mahluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.

4.5      Membaca al asmau al husna Al Bashir, al- ‘Adil dan al Adzim

4.6      Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah

4.7      Mencontohkan makna iman kepada rasul Allah

4.8      Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik dirumah di sekolah-sekolah maupun di masyarakat sekitar

4.9      Mencontohkan sikap rendah hati.

4.10  Mencontohkan perilaku hemat.

4.11  Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.12  Mencontohkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari

4.13  Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

4.14  Menunjukkan perilaku gemar membaca

4.15  Menujukkan sikap pantang menyerah
4.15.1    Menunjukkan contoh makna ibadah salat.

4.15.2    Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
4.16  Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat islam

4.17  Menunjukkan contoh makna ibadah solat.

4.18  Menunjukkan pengalaman melaksanakan solat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

4.19  Menceritakan kisah keteladanan nabi Ayyub as.

4.20  Menceritakan kisah keteladanan nabi Zulkifli as.

4.21  Menceritakan kisah keteladanan nabi Harun as.

4.22  Menceritakan kisah keteladanan nabi Musa.

4.23  Menceritakan kisah keteladanan nabi Muhammad SAW.

4.24 Menceritakan kisah keteladanan wali songo.





Kelompok Dua
NAMA KELOMPOK      : COOPERATIVE  LEARNING
KETUA                            :  AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I, MM.
SEKRETARIS                 :  DEDI MULYADI, S.Ag.
ANGGOTA  :
1.      RUMYATI, S.Pd.I
2.      TASMIYAH, S.Pd.I
3.      SUTANTI GUSTININGRUM, S.Pd.I
4.      YUYUN YULIANTI, S.Pd.I
5.      ROISAH, S.Pd.I
6.      RUSINIH, S.Ag.
7.      TOTO SURNANTO, S.Ag


No comments: