Monday 27 June 2016

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan



RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah/Madrasah  : SDN PAOMAN IV
Mata Pelajaran       : Pendidikkan Agama Islam
Kelas/ Semester     : 1/II (Dua)
Alokasi Waktu       : 4 x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI  1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI  2  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri         dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru

KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk   ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

     KI 4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya      yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,  dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.12. Memahami sholat dan kegiatan agama disekitar rumahnya melalui pengamatan
3.12.1 menyebutkan lima sholat wajib
3.12.2 Menyebutkan bilangan rokaat sholat wajib
4.12 melaksanakan sholat dan kegiatan agama disekitar rumahnya melalui pengamatan
4.12.1 Menunjukan sholat wajib yang bilangannya ganjil
4.12.2 menunjukan Sholat wajib yang bilangannya genap
4.12.3 Menunjukkan sholat wajib yang dilksanakan pada pagi, siang, sore dan malam hari

C.     Materi Pembelajaran
Sholat lima waktu dan bilangan rokaatnya

D.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.       Guru mengkodisikan kelas
b.      Siswa berdoa bersama dipimpin oleh salah satu siswa
c.       Menyapa siswa kemudian menjelaskan indicator yang ingin dicapai
d.      Guru bertanya tentang materi pelajaran yang akan dibahas untuk mengetahui sejauh mana siswa pengetahuan siswa (pretest
2.      Kegiatan Inti (100 menit)
a.       Mengamati
Guru mencoba secara acak menunjuk satu atau dua peserta didik untuk menunjukan lima sholat wajib dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat.
Peserta didik secara individual atau klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar diatas karton.
b.      Menanya
Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertayaan yang berkaitan dengan lima sholat wajib dan jumlah rokaatnya.
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan lima sholat wajib dan bilangan rokaatnya.
c.       Mengumpulkan informasi
Guru menyebutkan lima sholat wajib dan jumlah rokaatnya secara berurutan dan berulang . Peserta didik secra individual atau klasikal menirukan secara berulang.
d.      Mengasosiasikan
Secara individual maupun kelompok, peserta didik mengelompokan tentang lima sholat wajib dan bilangan rokaatnya.
Peserta didik baik secara individu maupun kelompok mengindentivikasi lima sholat wajib dan bilangan rokaatnya.
Menghubungkan pentingnya melaksanakan sholat wajib dengan kehidupan sehar- hari .
e.       Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tentang lima sholat wajib dan bilangannya baik secara kelompok maupun individual.
Peserta didik yang lain  baik secara individu maupun kelompok menanggapi
Hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi dan menyanggah)
3.      Penutup (20 menit)
a.     Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukkan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksaakan sebagai masukkan.
c.     Merencanakkan kegiatan tindak lanjut dengan memberikkan tugas baik secra individu maupun kelompok sebagai peserta didik.
d.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e.     Menutup pelajaran dengan berdoa dan salam


E.     Penilaian
1.      Pengetahuan
a.       Jenis Penilaian       : Tes
b.      Tehnik Penilaian    : Tes Tulis
c.       Bentuk Instrumen  : Lembar Penilaian tes tulis
d.      Kisi-kisi
No
Indikator
Butir instrumen
1.
Menyebutkan lima sholat wajib
Nomor 1 -2
2
Menyebutkan bilangan rokaat
Nomor 3 - 8

e.       Instrumen Penilaian
Kelas/Semester    : 1 / Genap
Tehnik Penilaian  : Penilaian diri
Penilai                 : Guru
No
Indikator
Instrumen
1
Menyebutkan lima sholat wajib
1.    Sholat wajib sehari semalam ada …. Waktu
2.    Yang termasuk sholat wajib adalah …
2
Menunjukkan bilangan rokaat sholat wajib
3.    Sholat subuh ada …. Rokaat
4.       Sholat zuhur ada…. Rokaat
5.       Sholat ashar ada …. Rokaat
6.       Sholat Magrib ada …. Rokaat
7.       Sholat Isya ada …. Rokaat
8.       Jumlah rokaat sholat wajib seluruhnya ada…. rokaat




 Penilaian
Skor masing-masing item  nomor 1,2,3,4,5,6,7 dan 8 adalah 1
Skor item nomor 2 adalah 2
 
Skor akhir : Skor yang diperoleh x 100 = ….
                  Skor maksimal


2.      Ketrampilan
a.       Jenis Penilaian       : Tes
b.      Tehnik Penilaian    : Tes kinerja
c.       Bentuk Instrumen  : Lembar Penilaian kinerja
d.      Kisi-kisi
No
Indikator
Butir instrumen
1.
Menunjukkan sholat wajib yang bilangannya ganjil
Nomor 1
2
Menunjukkan sholat wajib yang bilanggannya genap
Nomor 2
3
Menujukkan sholat wajib yang dilaksanakan pada pagi, siang, sore dan malam hari
Nomor 3

e.       Instrumen Penilaian
Kelas/Semester    : 1 / Genap
Tehnik Penilaian  : Penilaian kinerja
Penilai                 : Guru
No
Indikator
Instrumen
1
Menunjukkan sholat wajib yang bilangan rokaatnya ganjil
Tunjukkan sholat wajib yang bilangan rokaatnya ganjil
2
Menunjukkan sholat wajib yang bilangan rokaatnya genap


                      
Tunjukkan sholat wajib yang bilangan rokaatnya genap
3
Menunjukkan sholat wajib yang dilaksanakkan pada pagi, siang, sore dan mlam hari
Tunjukkan sholat wajib yang dilaksanakkan pada pagi, siang, sore dan malam hari







F.      Media/Alat,Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/alat : Tulisan nama – nama sholat wajib dan bilangan rokaatnya
2.      Bahan : kertas dan spidol
3.      Sumber belajar :Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls I. Penulis : Ahmad Hasim dan Otong Jaelani Kemdikud, Jakarta 2014.


Mengetahui,
Kepala SDN Paoman IV



TUTI HERNI, S.Pd
NIP. 19620609 198305 2 006
Indramayu, 26 Juni 2016
Guru PAI



ROISAH, S.Pd.I
NIP. 19650603 198610 2 008




Lampiran 1

Materi Pembelajaran
Dua Kalimat Syahadat
                                                                                                            
Lafal dua kalimat syahadat. 


Lafalkan perlahan-lahan
    aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah.
dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.

1.Syahadat Tauhid

Artinya :    aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
2.Syhadat Rosul

artinya:    aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.

No comments: