Monday 27 June 2016

RPP KLS 1 Semester 2 PAI Kurikulum 2013 versi revisi terbarukan

RPP KLS 1 Semester 2 PAI Kurikulum 2013 versi revisi terbarukan
RPP KLS 1 Semester 2 PAI Kurikulum 2013 versi revisi terbarukan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  SDN  PRANGGONG III
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          :  I/2
Alokasi Waktu            :  1 x 40  jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

A.      Kompetensi Inti
KI  1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI  2:
Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
KI  3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
KI  4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
1.2
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.2
Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlas
4.2.2
Menghafal Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas.

Indikator
1.2.1
Terbiasa membaca al-Qur’an.
2.2.1
Menunjukkan sikap peduli.
4.2.2.1
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Ikhlas ayat 1-2.
4.2.2.2
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Ikhlas ayat 1-3.

C.      Materi pembelajaran
Hafal QS al-Iklah.

D.      Kegiatan  Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru mengikuti langkah butir 4 subbab sebelumnya.
6.      Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan  mudah dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau media lainnya.
5 menit
Inti
1.      Guru melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
2.      Peserta didik laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali).
3.      Guru melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
4.      Guru melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5.      Peserta didik laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya).
6.      Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan Q.S. al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
30
menit

Penutup
1.      peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
2.      melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan.
3.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memahami hafal QS al-Ikhlas.
4.      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5
menit

E.       Penilaian
1.      Jenis Penilaian
-          Penilaian Sikap                 : Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
-          Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
-          Penilaian ketrampilan
a.       Penilaian Unit kerja    : Mengenal Konsep menghafal QS al-Ikhlas
No.
Urian
Sudah
Belum
1.
Aku sudah hafal QS al-Ikhlas



Ayat pertama



Ayat ke dua



Ayat ke tiga



Ayat ke empat


2.
Aku sudah tahu pesan QS al-Ikhlas



Tugas kelompok
Lafalkan QS. al-Ikhlas secara bergantian tiga temanmu!

No.
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
Sangat Lancar
(A)
Lancar
(B)
Sedang
(C)
Kurang
(D)
1.






2.






3.






4.






5.







Tugas Individu
b.      Penilaian Unit Kerja   : Mengenal menghafal QS al-Ikhlas
No.
Urian
Nilai Perhatian
1.
Aku sudah hafal QS al-Ikhlas
1
2
3
4
2.
Ayat pertama




3.
Ayat ke dua




4.
Ayat ke tiga




5.
Ayat ke empat




Jumlah




         Catatan:
4.  Sangat lancer     :    Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan lancar dan tartil.
3.   Lancar                 :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlas dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
2.   Sedang                :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlas dengan lancar dan        tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 5.
1.  Kurang lancer    :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlas dengan kurang lancar.

Keterangan:           


BT     :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :    Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian sikap
b.      Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media/alat            : Infokus, Laptop, al-Quran (zuz ammah)
2.      Sumber Belajar     :
a.       Lingkungan sekolah yang indah dan asri
b.      Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  halaman 74 – 76.
c.       Buku Siswa pendidikan Agama Islam dan Budi Pekert halaman 50.



Kepala Sekolah




SUKENDAR, S.Pd.
NIP: 196606261988031010
Indramayu,  26 Juni 2016
Guru PAI




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP: 196507032007011011








Lampiran :

Qur’an Surat al-Ikhlas

ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ öNs9 ô$Î#tƒ öNs9ur ôs9qムÇÌÈ öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ


No comments: