Monday 27 June 2016

RPP PAI KLS 1 SMT 2 Kurikulum 2013 versi Revisi

RPP PAI KLS 1 SMT 2 Kurikulum 2013 versi Revisi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SDN BABADAN I
Mata Pelajaran            : PAI
Kelas / Semester          : 1 / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 35menit  x 4 JP (1 x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
Ki 1          : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya
Ki 2          : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, perduli dan percaya     
  diri   
  dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru
Ki 3          : Mengetahui pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
                   membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk    
  ciptaan
  tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah dan di
  sekolah
Ki 4          : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan          berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
1.9
Meyakini bahwa berkata baik, sopan dan santun sebagai cerminan dari iman.
1.9.1

1.9.2

1.9.3

Meyakini bahwa berkata yang baik sebagai ceminan dari iman
Meyakini bahwa berkata yang sopan sebagai cerminan dari iman
Meyakini bahwan berkata yang santun sebagai cerminan dari iman
2.9
Menunjukkan sikap yang baik, sopan dan santun ketika berbicara
2.9.1

2.9.2

2.9.3
Menunjukkan sikap yang baik ketika berbicara
Menunjukkan sikap yang sopan ketika berbicara
Menunjukkan sikap yang santun ketika berbicara
3.9
Memahami berkata baik, sopan dan santun
3.9.1
3.9.2
3.9.3
Menyebutkan contoh berkata yang baik
Menyebutkan contoh berkata yang sopan
Menyebutkan contoh berkata yang santun
4.9
Mencontohkan cara berkata yang baik, sopan dan santun
4.9.1
4.9.2
4.9.3
Menunjukkan contoh berkata yang baik
Menunjukkan contoh berkata yang sopan
Menunjukkan contoh berkata yang santun


C.       Materi Pembelajaran
Perilaku terpuji tentang berkata yang baik

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
Ø  Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang memimpin.
Ø  Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Ø  Guru menyapa dengan menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø  Guru dapat memanfaatkan media yang akan digunakan tayangan visual (film).
Ø  Metode yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk The educationaldiagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.


Ø  Salah satu model pengajaran yang digunakan dalam kompetensi ini diantaranya adalah bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan
2.      Kegiatan Inti
Ø  Mengamati
Ø  Menyimak contoh yang telah diperlihatkan ddialam tayangan media visual (film) tentang sikap sopan santun secara individual
Ø  Memperhatikan tayangan media visual (film) tentang sopan santun secara klasikal
Ø  Menanya
Ø  Guru membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mempersiapkan pertanyaan yang berhubungan dengan tayangan film yang sudah dilihat
Ø  Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang telah dipersiapkan pada kelompok lain.
Ø  Kelompok lain menjawabpertanyaan-pertanyaan yang di ajukan kepadanya.
Ø  Guru memberikan penguatan
Ø  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik berlatih memperagakan contoh-contoh perilaku sopan santun
Ø  Mengasosiasi
Ø  Mengidentifikasi peragaan contoh-contoh perilaku sopan santun yang di anggap mudah dan sukar
Ø  Mengomunikasikan
Ø  Secara berkelompok peserta didik menampilkan peragaan contoh-contoh perilaku sopan santun
3.      Kegiatan Penutup
Ø  Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan :
Ø  Bagaimana perasaan kalian mengikuti pelajaran hari ini?
Ø  Kegiatan apa saja yang paling kamu sukai?mengapa?
Ø  Kegiatan mana yang paling mudah/sulit?mengapa?
Ø  Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah tadi kita belajar?
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
Ø  Meminta seorang siswa memimpin doa. Guru mengingatkan siswa untuk bersikap sopan santun terhadap sesame teman, orang tua, guru dan orang yang lebih tua dari kita.

E.       Teknik Penilaian
Disajikan nama teknik penilaian, instrument lengkap penilaian setiap pertemuan dimuat dalam lampiran instrument penilaian subtema 1
F.        Media/alat, bahan dan sumber belajar
Media nya menggunakan tayangan visual (film)

Lampiran-lampiran
Materi pembelajaran pertemuan 1
Instrument penilaian pertemuan 1















PENGETAHUAN

Jenis penilaian             : Tes
Teknik penilaian          : Tes Tulis
Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian tes tulis
Kisi-kisi                       :

No
Indikator
Butir instrument
1
Menyebutkan empat ciri berkata baik
Nomor  1
2
Menyebutkan empat ciri sopan santun terhadap orang tua
Nomor  2
3
Menyebutkan tiga ciri sopan santun kepada guru
Nomor  3


Instrumen Penilaian
Kelas/Semester            : 1 / II (dua)
Teknik Penilaian          : Tes Tulis
Penilai                         : Guru

No
Indikator
Instrumen
1
Menyebutkan empat ciri berkata baik
Ciri-ciri berkata baik kepada orang tua antara lain:
a.    …………………………..
b.   …………………………..
c.    …………………………..
d.   …………………………..
1
Menyebutkan empat ciri sopan santun terhadap orang tua
Ciri-ciri Sopan santun kepada orang tua antara lain:
a.    …………………………..
b.    …………………………..
c.    …………………………..
d.   …………………………..
2
Menyebutkan tiga ciri sopan santun kepada guru
Ciri-ciri Sopan santun kepada guru antara lain:
a.    …………………………..
b.    …………………………..
c.    …………………………..
d.   …………………………..

























KETERAMPILAN

Jenis penilaian             : Tes
Teknik penilaian          : Kinerja
Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Kinerja
Kisi-kisi                       :

No
Indikator
Butir instrument
1
Menunjukkan contoh berkata baik
Nomor  1
2
Menunjukkan contoh sopan
Nomor  2
3
Menunjukkan contoh santun
Nomor  3


Instrumen Penilaian
Kelas/Semester            : 1 / II (dua)
Teknik Penilaian          : kinerja
Penilai                         : Guru

No
Indikator
Instrumen
1
Menunjukkan contoh berkata baik
Ciri-ciri berkata baik antara lain:
a.     …………………………..
b.     …………………………..
c.     …………………………..
d.    …………………………..
2
Menunjukkan contoh  ciri sopan
Ciri-ciri Sopan santun  antara lain:
a.     …………………………..
b.     …………………………..
c.     …………………………..
d.    …………………………..
3
Menunjukkan contoh santun
Ciri-ciri Sopan santun  antara lain:
a.    …………………………..
b.   …………………………..
c.    …………………………..
d.   …………………………..


Rubrik Penilaian
Skor item 1 = 4
Skor item 2 = 3
Skor item 3 = 2

Skor akhir  = Skor yang diperoleh  x  100 =
                      Skor Maksimal


Mengetahui,
Kepala SDN Babadan I                                              Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti




DARSILAH, S.Pd.SD                                                           YUYUN YULIANTI, S.HI
NIP. 19740904 199803 1 003                                                NIP. 19830718 201001 2 004

































Mengetahui,
Kepala SDN Babadan I                                              Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti



DARSILAH, S.Pd.SD                                                           YUYUN YULIANTI, S.H.I
NIP. 19740904 199803 1 003                                                NIP. 19830718 201001 2 004

No comments: