Monday 27 June 2016

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan

RPP PAI Kelas 1 Smt 2 Kurikulum 2013 versi Revisi terbarukan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  SDN RAMBATAN KULON  I
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          :  I/2
Alokasi Waktu            :  1x4 jam pelajaran ( 1x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI  1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI  2:
Menunjukkan perilaku jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman guru dan tetangganya
KI  3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah.
KI  4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
1.7
Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.7
Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna
do’a sebelum dan sesudah belajar.
4.7
Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
3.7
Memahami makna do’a sebelum dan sesudah belajar.

Indikator
1.7.1
Terbiasa berdoa sebelum belajar.
1.7.2
Terbiasa berdoa sesudah belajar.
2.7.1
Menunjukkan sikap disiplin.
4.7.2
Melafalkan doa sesudah belajar.
3.7.1
Mengartikan doa sebelum belajar.
3.7.2
Mengartikan doa sesudah belajar.

C.      Materi pembelajaran
Membaca dan menulis

D.      Kegiatan  Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
6.      Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajarandi kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya, agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
5
menit

Inti
1.      Guru meminta peserta didik mengamati gambar kegiatan membaca dan menulis di dalam buku teks.
2.      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
3.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut, yaitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis. Disertai penjelasan pesan Q.S. al-‘Alaq/96: 1-5.
4.      Guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku percaya Allah menciptakan manusia” (kolom “sikapku”).
5.      Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
6.      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
7.      Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda () pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’ (kolom “insya Allah aku bisa”).
30
menit
Penutup
1.      Memberi penguatan
2.      Evaluasi
5
menit

E.       Penilaian
1.      Jenis Penilaian
-          Penilaian Sikap                 : Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
-          Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
-          Penilaian ketrampilan
a.       Penilaian Unit kerja    : Mengenal Konsep  membaca
             Berilah tanda ceklis ( ˅) di kolom  ya  atau  tidak
No.
Uraian
Ya
Tidak
1.
Aku selalu belajar membaca


2.
Aku selalu belajar menulis


3.
Aku selalu belajar bersama teman



b.      Penilaian tertulis :
Jawablah dengan benar!
1)      Anak yang rajin membaca dan menulis akan ....
2)      Anak yang dapat membaca dan menulis adalah ....
3)      Supaya pandai, kita harus dapat ....... dan ..........
Jawaban :
1)      Pandai
2)      Anak pintar
3)      Membaca dan menuli

2.      Instrumen Penilaian

a.       Penilaian sikap mengamati gambar dan memberi jawaban dengan bahasa sendiri.
b.      Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media/alat            :
2.      Sumber Belajar     :
a.       Lingkungan sekolah
b.      Buku Guru....
c.       Buku Siswa....







Kepala Sekolah




TARMADI, S.Ag.
NIP: 196201121982061002
Indramayu, ..... Juni 2016
Guru PAI




TASMIYAH, S.Pd.I
NIP: 195703101983082001




















Lampiran
Amati gambar berikut

No comments: