Friday 19 August 2016

CARA MENYUSUN PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (YOUTH PROGRAMME)

CARA MENYUSUN PROGRAM KEGIATAN

PESERTA DIDIK (YOUTH PROGRAMME)


I.       PENDAHULUAN
1.    Program kegiatan merupakan faktor  yang sangat penting bagi suatu perkumpulan/organisasi dalam upaya mencapai tujuan bersama dengan cara yang efektif dan efisien.

2.    Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang baik yang sanggup bertanggung jawab dan mempu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

3.    Kepramukaan ialah pendidikan luar lingkungan sekolah dan luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di ALAM TERBUKA dengan PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN dan METODE KEPRAMUKAAN, yang sasaran akhirnya pembentukan watak.


II.      MATERI POKOK
1.    Kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang bagi peserta didik/mitra didik adalah kegiatan yang sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuan peserta didik, oleh karena itu hanyalah peserta didik sendiri yang tahu persis kegiatan mana yang mereka minati dan butuhkan tersebut.

2.    Kepramukaan merupakan proses kegiatan belajar sendiri yang progresif (maju dan meningkat) bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya baik dalam aspek mental/spritual, pisik, intelektual, emosional maupun sosial.

3.    Kepramukaan adalah suatu proses, dan aktivitas bagi kaum muda/peserta didik yang dinamis dan selalu bergerak maju, kapan saja dan dimana saja, serta selalu berubah sesuai dengan kepentingan, kebutuhan dan kondisi setempat.

4.    Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) merupakan keseluruhan apa yang dilakukan peserta didik, serta pengalaman-pengalaman yang didapat karena keikutsertaan mereka dalam kegiatan kepramukaan yang menarik dan menantang yang dilaksanakan dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among dengan selalu berorientasi atas tercapainya tujuan Gerakan Pramuka.
      
M
E
T
O
D
E

 
PRODIK

 
5.    Kegiatan apa yang dilakukan peserta didik metode yang diterapkan, dan tujuan yang mau dicapai merupakan tiga bagian terpadu dalam PRODIK

 

6.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Program Kegiatan peserta Didik.
a.     Kegiatan yang menarik dan  menantang bagi peserta didik adalah kegiatan yang sesuai dengan minat kebutuhan serta kemampuan peserta didik yang bersangkutan.

b.    Minat, kebutuhan dan kemampuan peserta didik hanyalah ketahui secara tepat oleh mereka sendiri sehingga dalam menyusun program kegiatan peserta didik hendaknya dilibatkan langsung.

c.     Kegiatan kepramukaan selalu berorientasi pada asas:
1)    Modern, sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, situasi dan kondisi peserta didik dan masyarakat linkungannya.
2)    Manfaat, bagi peserta didik dan masyarakat.
3)    Ketaantan, pada pengalaman Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.

d.    Keterlibatan Pembina dalam penyusunan dan pelaksanaan PRODIK.
1)    Membantu menyeleksi macam-macam kegiatan yang terhimpun yang selanjutnya membantu merancang program kegiatan mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan.
2)    Membantu menetapkan memilih metode yang tepat pada masing-masing kegiatan mereka menjadi media pembinaan watak oleh Pembina.
3)    Mengupayakan setiap kegiatan memiliki tema tertentu serta mengkaitkan dengan tercapainya sasaran Strategik Gerakan Pramuka, ialah :
a)    Sikap & Moral Pancasila :
       -  penghayatan Kode Kohormatan Pramuka
       -  pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
b)    Keterampilan Manajerial :
       -  kepemimpinan
       -  manajemen
       -  hubungan insani (human relation)
       -  kehumasan (public relation)
c)    Ketrampilan kepramukaan :
       -  keterampilan "Survival"
       -  olah raga
       -  pengembaraan di alam terbuka
       -  pengabdian


d)    Keterampilan Teknologi
       -  kewirausahaan
       -  SAKA

4)    Membantu memberikan bimbingan agar kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan aman, sehingga dapat memberikan kepuasan batin kepada para peserta didik terlibat dalam kegiatan tersebut.

5)    Mengadakan koordinasi dengan orang tua peserta didik, masyarakat serta badan/lembaga yang terkait dengan program, dalam upaya menciptakan keterlibatan mereka dan memberi dukungan (support) pada proses pendidikan progresif sepanjang hayat lewat kegiatan yang menarik, menantang, bersifat rekreatif, dialam terbuka dan bermuatan/mengandung pendidikan dengan penerapan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

6)    Memerankan diri sebagai fasilitator, konselor pembimbing, motivator, dinamisator serta dukungan atas kegiatan peserta didik.

7.    Cara menyusun PRODIK
a.     Pembina bersama Peserta Didik (Dewan S/G/T/D) menghimpun macam-macam kegiatan yang menjadi minat dan kebutuhan peserta didik, perkembangan teknologi, trend, dan masyarakat lingkungannya, misalnya terhimpun keinginan kegiatan bagi Pramuka Penggalang sebagai berikut :
1)    lintas alam
2)    mendaki gunung (moutainering)
3)    berkemah
4)    peluncuran
5)    penjelajahan
6)    pengembaraan
7)    arum jeram
8)    panjat tebing dan turun tebing
9)    bela diri
10)  berkebun
11)  menolong bencana alam
12)  teknologi tapat guna
13)  dll
b.    Sebagai fasilitator dan konsultan pembina bersama Peserta Didik memilah-milah materi kegiatan tersebut di atas, untuk kemudian kegiatan yang sejenis dikelompokkan menjadi satu kelompok, sehingga dimungkinkan akan didapat beberapa kelompok kegiatan, misalnya :
1)    Kelompok Kegiatan I : Lintas alam, panjat tabing, peluncuran, pengembaraan, arum jeram, pendakian.
2)    Kelompok Kegiatan II : berkemah, menolong bencana alam, teknologi


c.     Pelaksanaan kegiatan, misalnya :
a.    Kelompok Kegiatan I dilaksanakan pada semester 1 (6 bulan)
b.    Kelompok kegiatan II dilaksanakan pada semester 2 (6 bulan)

d.    Selanjutnya diupayakan menjabarkan/mengadakan analisis materi kegiatan, misalnya :
       Kelompok Kegiatan I


NO

JENIS KEGIATAN

ANALISIS MATERI KEGIATAN

1.
Lintas Alam
1.        peta medan
2.        peta pita
3.        penggunaan kompas
4.        panorama sket
5.        mengenal peta topografi
6.        isyarat/semboyan
7.        sandi
8.        tanda jejak
9.        dll

2.
Pendakian
1.        pengetahuan tentang cuaca
2.        tanda-tanda gejala alam
3.        tali-menali
4.        pembekalan fisik
5.        latihan survival
6.        P3k
7.        dll

3.
dan seterusnya .........


      
       Analisis/uraian materi kegiatan tersebut diramu manjadi beberapa kegiatan mingguan yang bervariatif selama 6 bulan (1 semester) dengan puncak kegiatan, misalnya pendakian Pengunungan Teger (bagi satuan yang berada di sekitarnya), pada akhir semester 1.

8.    Pelaksanaan Prodik
a.     Dalam segala kegiatan, Pembina Pramuka selalu memposisikan peserta didik sebagai subyek pendidikan, oleh karena itu pelaksanaan kegiatan kepramukaan dilakukan sendiri oleh peserta didik dengan bimbingan pembina untuk membantu mereka agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, teratur, terarah, sesuai dengan yang diharapkan serta aman.
b.    SKU/TKU,SKK/TKK,SPG/TPG, merupakan alat pendidikan terus menerus diupayakan pelaksanaannya, sejalan dengan pelaksanaan Prodik.

c.     Pada setiap akhir, Pembina menciptakan suasana rileks untuk memasuki ketahap penerangan dalam upaya mengadakan ketegangan, dan pada saat demikian pembina mengajak para peserta didik untuk mengadakan evaluasi kegiatan serta menggali peroleh apa saja yang didapat dari kegiatan tersebut, termasuk perolehan perkembangan tentang mental/spiritual,pisik,intelektual, emosional maupun sosial.

III.    PENUTUP
1.    PRODIK dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.     Perencanaan      :    disusun Peserta Didik bersama Pembina Pramuka
b.    Pelaksanaan      :    oleh Peserta Didik dengan dukungan Pembina yang bertindak sebagai konsultan, konselor, pembimbing dan fasilitator.
c.     Evaluasi            :    oleh Peserta Didik bersama Pembina

2.    Sasaran Pembinaan
     Melalui  PRODIK diharapkan peserta didik memiliki kemantapan mental/spiritual, pisik, intelektual, emosi, sehingga akhirnya mereka menjadi pribadi yang : mandiri, peduli, bertanggung jawab dapat dipercaya, terampil, demokratis, menghargai pendapat orang lain.

3.    Prodik dilaksanakan sesuai dengan golongan peserta didik dan kepentingan kebutuhan, situasi dan kondisi kaum muda dan masyarakatnya.

KEPUSTAKAAN/REFERENSI
1.    Makalah, PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK), Youth Programme, oleh Drs. Endy R. Atmasulistya, Lemdikanas
2.    AD & ART Gerakan Pramuka
3.    Youth Programme = A GUIDE TO PROGRAMME DEVELOPMENT ; WOSM.
4.    Youth Programme =  THE WORLD PROGRAMME POLICY ; WOSM.

No comments: