Saturday 13 August 2016

PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN SEBAGAI NORMA HIDUP ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN

SEBAGAI NORMA HIDUP ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA



I.       PENDAHULUAN
1.    Prinsip Dasar adalah asas yang mendasar, yang menjadi dasar dalam berpikir dan bertindak.

2.    Prinsip Dasar Kepramukaan adalah asas yang mendasari kegiatan Kepramukaan dalam upaya membina watak peserta didik.

3.    Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dan pendidikan lainnya.

II.      MATERI POKOK
1.    Komponen - komponen pada Kepramukaan, diantaranya :
a.     Tujuan Kepramukaan, pembinaan watak (karakter)
b.    Prinsip Dasar Kepramukaan
c.     Metode Kepramukaan
d.    Kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang
e.     Alam terbuka

2.    Prinsip Dasar Kepramukaan harus diupayakan dididikkan Pembina Pramuka kepada peserta didik agar secara sukarela mereka memilikinya yang berangsur-angsur mampu mempengaruhi jiwa mereka dalam bersikap dan bertindak pada kehidupan mereka sehari-hari, baik sebagai mahluk Tuhan, individu, maupun sebagai anggota masyarakat dan lingkungannya.

3.    Dengan menghayati isi Prinsip Dasar Kepramukaan pada jiwa peserta didik  tertanam jiwa :
a.     Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ;
       dengan meningkatkan keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan beribadah sesuai dengan tata cara agama yang dipeluknya dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya.
b.    Peduli terhadap Bangsa dan Tanah Air, sesama hidup dan alam se isinya ;
1)    mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri, melainkan hidup bersama dan saling membutuhkan dengan mahluk lain khususnya sesama manusia yang telah diberi derajat yang lebih mulia dari mahluk lainnya, dalam kehidupan bersama didasari oleh prinsip perikemanusiaan yang adil dan beradab;
2)    bertanggungjawab, menghormati keberadaan setiap orang, berperan aktif dan konstruktif dalam masyarakat, siap menolong saat dibutuhkan;
3)    menyadari bahwa diberi tempat untuk hidup dan berkembang oleh Tuhan Yang Maha Esa di bumi yang berunsurkan tanah, air dan udara yang merupakan tempat bagi manusia untuk hidup bersama, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan rukun dan damai;
4)    merasa memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan, menerima kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5)    menyadari bahwa manusia memerlukan lingkungan hidup yang bersih dan sehat agar dapat memberikan kenyamanan dan kesejahteraan hidupnya, karena itu merasa wajib peduli terhadap lingkungan hidupnya, dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik.

c.     Peduli terhadap dirinya sendiri
       Dengan diperankan sebagai subyek pendidikan, peserta didik diharapkan memiliki motivasi diri bahwa mereka harus selalu berusaha meningkatkan kualitas diri dibidang mental/spiritual, moral, intelektual, fisik, sosial dan emosionalnya agar dapat mengambil peran aktif dalam kehidupannya di masyarakat, bangsa dan negara.
d.    Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka
       Kode Kehormatan Pramuka merupakan janji dan ketentuan moral Pramuka yang wajib ditepati dan diamalkan setiap hari dalam kehidupannya, setelah dengan sukarela dan penuh kesadaran diucapkan oleh seorang Pramuka.

4.    Prinsip Dasar Kepramukaan dengan demikian merupakan seperangkat sikap jiwa yang dimiliki Pramuka dan akan merupakan tata nilai dan norma hidup seorang Pramuka dalam bertingkah laku dan perbuatannya sehari-hari baik sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa, individu dan anggota masyarakat.

5.    Cara mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan
a.     Setiap acara kegiatan hendaknya disusun dengan tema tertentu yang bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan, sehingga setelah selesai bergiat dengan bantuan pembina, para Pramuka menemukan apa tema kegiatan tersebut serta apa pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa Pramuka.
b.    Pembina Pramuka hendaknya dapat menentukan metode yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan, karena dengan menggunakan metode yang tepat peserta didik akan dapat melaksanakan kegiatan dengan penuh kegairahan, disamping itu berdampak timbulnya pemahaman dan penghayatan terhadap Prinsip Dasar kepramukaan.
c.     Lewat kegiatan yang menarik, menyenangkan dan menantang yang dilaksanakan di alam terbuka akan sangat membantu pembina untuk menanamkan Prinsip Dasar Kepramukaan kepada para peserta didik.




III.    PENUTUP
1.    Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan kepada para Pramuka dilakukan dengan mendayagunakan kegiatan sebagai medianya dengan jalan :
a.     Memasukkan Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai tema kegiatan.
b.    Menggunakan pilihan Metode Kepramukaan yang tepat dalam suatu kegiatan kepramukaan.
c.     Mengkondisikan situasi sedemikian rupa sehingga para peserta didik siap menerima dan mengamalkan Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup mereka.

2.    Prinsip Dasar Kepramukaan dalam kegiatan, berfungsi sebagai :
a.     Norma hidup Pramuka.
b.    Landasan Kode Etik Gerakan Pramuka.
c.     Landasan Sistem Nilai Gerakan Pramuka.
d.    Pedoman dan arah Pembinaan Anggota Gerakan Pramuka.
e.     Landasan Gerak dan Kegiatan Gerakan Pramuka dalam mencapai Sasaran dan Tujuan Gerakan Pramuka.

3.    Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka akan terwujud dengan jelas dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran bilamana dalam jiwa Pramuka terpateri dengan kuat Prinsip Dasar Kepramukaan karena Prinsip Dasar Kepramukaanlah yang akan menjadi dasar filosofi pelaksanaan Kode Kehormatan Pramuka dalam kehidupan sehari-hari seorang Pramuka, sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa, individu dan anggota masyarakat serta lingkungannya.


KEPUSTAKAAN/REFERENSI
1.    Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
2.    Panduan Praktis Membina Pramuka, Drs. H. Endy R. Atmasulistya dkk.
3.    Fundamental Principles,
4.    Scouting and Educational System, WOSM


Gambar Prinsip Dasar

No comments: