Saturday 12 March 2016

contoh RPP PKN Kelas 5 kurtilas

contoh RPP PKN Kelas 5 kurtilas
contoh RPP PKN Kelas 5 kurtilas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah        :  SDN ARAHAN KIDUL II
Mata Pelajaran       :  Pendidikan Kewarganegaraan                
Kelas                     :  V (Lima)
Semester                :  I (Satu)

I. Standar Kompetensi            
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II. Kompetensi Dasar              
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
III.Indikator
-          Menjelaskan pengertian NKRI
-          Menyebutkan dasar hukum NKRI.
-          Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
-          Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
-          Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI
-          Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
-          Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
-          Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
-          Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
-          Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.

IV.  Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.(Cinta tanah air)
     Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya(cinta tanah air)
     Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. (cinta tanah air).
     Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI. (cinta tanah air).
     Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI. (cinta tanah air).
     Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI. (cinta tanah air)
V.  Materi Pokok
     Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
     Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
VI. Alokasi Waktu   :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

VII.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
     Pendekatan Kontekstual.
     Diskusi dengan teman sebangku.
     Tanya jawab.
     Ceramah.
     Penugasan.

VIII.  Langkah-langkah Kegiatan


Pertemuan Pertama


No


Kegiatan Pembelajaran
Pengelolaan Kelas
waktu
siswa
Nilai Pendidikan yang dikembangkan
A.
PENDAHULUAN
10 menit


  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.

Klasikal


Klasikal
Klasikal
Relijius
Disiplin

Cinta tanah air
B.
INTI
40 menit


     Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
     Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
     Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
     Guru menyiapkan kelas diskusi.
     Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
     Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.
     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.



Klasikal

Klasikal

Klasikal

Grup

Grup

Indfividu

Klasikal



Cinta tanah air





Demontrasi

Komunikatif

Menghargai prestasi


Komunikatif

C.
PENUTUP
20 menit


Dalam kegiatan penutup, guru:
      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar. ( komunikatif)
      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.( komunikatif )
      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. ( relijius )



Klasikal



Klasikal


Klasikal


Komunikatif



Bersahabat


Relijius


Pertemuan Kedua



No


Kegiatan Pembelajaran
Pengelolaan Kelas
waktu
siswa
Nilai Pendidikan yang dikembangkan
A.
PENDAHULUAN
10 menit


   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
   Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

klasikal

klasikal


klasikal
Relijius

Cinta tanah air
komunikatif
B.
INTI
40 menit


  Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
  Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
  Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
  Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
  Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
  Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  membantu menyelesaikan masalah;
  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.



klasikal
grup

grup
grup
grup

grup

grup

grup

grup

grup


klasikal


grup

klasikal

grup


klasikal




individu

klasikal


klasikal

klasikal








Cinta tanah       air
Komunikatif

Demontrasi
Tanggung jawab

Kreatif

Komunikatif

Bersahabat

Komunikatif


Mandiri

Bersahabat


Kreatif

Menghargai prestasi
Komunikatif

Bersahabat.


mandiri

kreatif

kreatif

  semangat        kebangsaan


C.
PENUTUP
20 menit


Dalam kegiatan penutup, guru:
   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya peta dunia.


Klasikal


Klasikal


Klasikal


Klasikal

Individu





individu

Kreatif

Menghargai prestasi


Komunikatif

Mandiri


Tanggung jawab.




Cinta tanah air
IX.  Sumber/Bahan Belajar
-            Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
-            Buku Pendidikan Kewarganegaraan (BSE)untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Pusat perbukuan.
               X.  Penilaian   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§  Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.

§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. 
§ Diskusi kelompok










§ Diskusi kelompok



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum  untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan  NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....



Mengetahui
Kepala sekolah,




NURSILAH, S.Pd
NIP.: 196402041984102002
Arahan, ....................................... 20 .....
Guru Kelas V,




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP.: 196507032007011011

No comments: