Thursday 10 November 2016

Cara membersihkan najis

Cara membersihkan najis




Membersihkan najis (darah, air seni dan tinja) harus menggunakan air mutlak, misalnya air sumur, air hujan. Caranya, air yang datang (dikucurkan) ke benda bernajis, bukan najis yang datang ke air. Lihat gambar.
Cebok (membersihkan kotoran, seperti tinja) atau istinja’ adalah salah satu cara membersihkan najis yang sering kita lakukan. Cebok harus dilakukan setelah buang air kecil atau buang air besar. Cebok dapat menggunakan air, tisu, batu ataupun benda kesat lainnya. Bila cebok menggunakan air, maka tangan kanan menyiram kubul/dubur, sedangkan tangan kiri mengusapnya hingga bersih.

Doa ketika masuk toilet/wc









  Artinya:“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran.

Aku senang berwudu

“Kalau kalian anak muslim yang baik, pasti senang berwudu,” kata Pak Guru. “Aku senang berwudu, Pak,” kata Umi. “Aku juga senang, Pak,” timpal Fahmi. “Oya, kalian semua pasti senang,” puji Pak Guru.
Kalian pasti masih ingat, sewaktu duduk di kelas 2 SD dua tahun yang lalu, ada pelajaran tentang berwudu. Sekarang, pelajaran itu kita periksa kembali. Sudah benarkah wudu kita selama ini? Wudu adalah ibadah yang sangat penting. Kalau melakukan wudu kita tidak benar, maka salat-nya tidak sah. Mari kita pelajari kembali tentang membasuh anggota wudu yang benar !
1.      Dianjurkan membasuh dua tangan hingga pergelangan tangan.
2.      Dianjurkan berkumur-kumur dengan sempurna.
3.       Dianjurkan membasuh rongga hidung dengan cara menghirup air.
4.      Diwajibkan membasuh muka dengan sempurna. Batas muka/wajah adalah ujung dagu sebelah bawah dan tempat tumbuh rambut di atas kening sebelah atas. Batas sebelah kiri-kanan yaitu pangkal telinga.
5.      Diwajibkan membasuh dua tangan, dari ujung jari tangan hingga siku. Lebihkan basuhan dari batasnya agar sempurna.
6.      Diwajibkan menyapu/mengusap kepala (sebagian/seluruh).
7.      Dianjurkan mengusap dua daun teling ba-gian luar dan dalam.
8.      Diwajibkan membasuh dua kaki, dari ujung/ telapak kaki hingga mata kaki. Lebihkan basuhan dari batasnya agar sempurna

No comments: