Thursday 10 November 2016

Mengenal arti bersih


Mengenal arti bersih


Mengenal arti bersih
Bersih artinya bebas dari kotoran. Suci artinya bebas dari najis. Najis adalah yang menjadikan terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah, seperti terkena jilatan anjing, darah, kotoran/tinja, dan air seni/urin. Najis pasti kotor. Kotor belum tentu najis, misalnya: terkena tanah, tinta, cat, dan ludah. Bersih atau suci dibagi menjadi dua, yaitu bersih dari hadas dan bersih dari najis.
Hadas ada dua, yaitu hadas besar dan hadas kecil. Contoh hadas besar, seperti mimpi basah bagi laki-laki dan haid bagi perempuan. Cara menghilangkan hadas besar adalah dengan mandi atau tayammum jika tidak ada air. Hadas kecil (buang air seni, buang air besar, buang angin) menyebabkan batal wudu. Menghilangkannya dengan cara dicuci dengan air bersih, kemudian melakukan wudu .
Hadas kecil:
Buang air (air seni, tinja) dan buang angin, menyebabkan batal wudu. Cara menghilangkannya dicuci dengan air bersih, lalu melakukan wudu.
Hadas besar:
Mimpi basah bagi laki-laki dan haid bagi perempuan. Cara menghilangkan hadas besar dengan mandi atau tayamum, jika tidak ada air.

 



Jika kita akan salat, harus bersih badan, pakaian, dan tempat dari kotoran dan najis. Cermati gambar berikut!
1.      Badan (badan orang yang salat)
2.      Pakaian (pakaian yang dipakai)
3.      Tempat (seluas sajadah)

Bersih badan, pakaian, dan tempat tidak hanya ketika melaksanakan salat (lihat gambar). Akan tetapi, harus diartikan ke seluruh kehidupan.
Di luar salat pun badan kita harus bersih. Bersih pakaian artinya segala sesuatu yang dipakai, seperti baju, celana, peci/topi, tas, sepatu, sepeda, bangku, meja, lemari, rumah, dan lain-lain. Bersih tempat, seperti ruang tamu, ruang dapur, tempat tidur, tempat makan, tempat belajar, ruang kelas, tempat bemain, halaman, gudang, dapur, WC/kamar mandi, dan lain-lain. 

No comments: