Thursday 3 November 2016

Contoh rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan

Contoh rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan

Contoh Penilaian Aspek Pengetahuan
Tehnik penilaian          : Tes Lisan
            Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian tes lisan
            Kisi-kisi                       :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33

Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!

2
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11

Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!

3
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan

Artikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
4


5



Instrumen Penilaian aspek Pengetahuan

Kelas / Semester
:
Vi
Kompetensi Dasar
:
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
Tehnik Penilaian
:
Lisan
Penilaia
:
Guru





No.
Indicator
Instrument
1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikut ini   !
Kalau bisa quran tertulis
2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikut ini !

 
3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawah ini !

 








No.
Jawaban
1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
 
3.
Barang siapa menghendaiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya  raih pula dengan ilmu









 Rubrik penilaian

No.
Nama Surat
Kriteria
SKOR
Sangat  tartil
Tartil
Kurang tartil
Tidak tartil
1.
QS. Al Mujadalah (58): 11





2.
QS. Ar-Rahman (55): 33





3.






Jumlah sekor





Keterangan
Nilai


Nilai akhir

Sangat tartil
= skor  4
Skor yang diperoleh
-------------------------       X  100  =
Skor maksimal
Tartil
= skor  3
Kurang tartil
= skor  2
Tidak tartil
= skor  1
Catatan Guru
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




















No comments: