CARA
MENYUSUN PROGRAM KEGIATAN
PESERTA
DIDIK (YOUTH PROGRAMME)
I. PENDAHULUAN
1. Program kegiatan merupakan faktor yang sangat penting bagi suatu
perkumpulan/organisasi dalam upaya mencapai tujuan bersama dengan cara yang
efektif dan efisien.
2. Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan
merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, mempunyai tugas pokok
menyelenggarakan kepramukaan guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi
generasi yang baik yang sanggup bertanggung jawab dan mempu membina serta
mengisi kemerdekaan nasional.
3. Kepramukaan ialah pendidikan luar lingkungan
sekolah dan luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat,
teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di ALAM TERBUKA dengan PRINSIP DASAR
KEPRAMUKAAN dan METODE KEPRAMUKAAN, yang sasaran akhirnya pembentukan watak.
II. MATERI POKOK
1. Kegiatan yang menarik, menyenangkan dan
menantang bagi peserta didik/mitra didik adalah kegiatan yang sesuai dengan
minat, kebutuhan dan kemampuan peserta didik, oleh karena itu hanyalah peserta
didik sendiri yang tahu persis kegiatan mana yang mereka minati dan butuhkan
tersebut.
2. Kepramukaan merupakan proses kegiatan
belajar sendiri yang progresif (maju dan meningkat) bagi kaum muda untuk mengembangkan
diri pribadi seutuhnya baik dalam aspek mental/spritual, pisik, intelektual,
emosional maupun sosial.
3. Kepramukaan adalah suatu
proses, dan aktivitas bagi kaum muda/peserta didik yang dinamis dan selalu
bergerak maju, kapan saja dan dimana saja, serta selalu berubah sesuai dengan
kepentingan, kebutuhan dan kondisi setempat.
4. Program Kegiatan Peserta
Didik (Prodik) merupakan keseluruhan apa yang dilakukan peserta didik, serta
pengalaman-pengalaman yang didapat karena keikutsertaan mereka dalam kegiatan
kepramukaan yang menarik dan menantang yang dilaksanakan dengan menerapkan
Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among dengan
selalu berorientasi atas tercapainya tujuan Gerakan Pramuka.
|
|
5. Kegiatan
apa yang dilakukan peserta didik metode
yang diterapkan, dan tujuan
yang mau dicapai merupakan tiga bagian terpadu dalam PRODIK
6. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
menyusun Program Kegiatan peserta Didik.
a. Kegiatan yang menarik dan menantang bagi peserta didik adalah kegiatan
yang sesuai dengan minat kebutuhan serta kemampuan peserta didik yang
bersangkutan.
b. Minat, kebutuhan dan kemampuan peserta didik
hanyalah ketahui secara tepat oleh mereka sendiri sehingga dalam menyusun
program kegiatan peserta didik hendaknya dilibatkan langsung.
c. Kegiatan kepramukaan selalu berorientasi
pada asas:
1) Modern,
sesuai dengan kepentingan, kebutuhan, situasi dan kondisi peserta didik dan
masyarakat linkungannya.
2) Manfaat,
bagi peserta didik dan masyarakat.
3) Ketaantan,
pada pengalaman Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Kode
Kehormatan Pramuka.
d. Keterlibatan Pembina dalam penyusunan dan
pelaksanaan PRODIK.
1) Membantu menyeleksi macam-macam kegiatan
yang terhimpun yang selanjutnya membantu merancang program kegiatan mingguan,
bulanan, semesteran dan tahunan.
2) Membantu menetapkan memilih metode yang
tepat pada masing-masing kegiatan mereka menjadi media pembinaan watak oleh
Pembina.
3) Mengupayakan setiap kegiatan memiliki tema
tertentu serta mengkaitkan dengan tercapainya sasaran Strategik Gerakan
Pramuka, ialah :
a) Sikap & Moral Pancasila :
-
penghayatan Kode Kohormatan Pramuka
-
pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
b) Keterampilan Manajerial :
-
kepemimpinan
-
manajemen
-
hubungan insani (human relation)
-
kehumasan (public relation)
c) Ketrampilan kepramukaan :
-
keterampilan "Survival"
-
olah raga
-
pengembaraan di alam terbuka
-
pengabdian
d) Keterampilan Teknologi
-
kewirausahaan
-
SAKA
4) Membantu memberikan bimbingan agar kegiatan
yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan aman, sehingga
dapat memberikan kepuasan batin kepada para peserta didik terlibat dalam
kegiatan tersebut.
5) Mengadakan koordinasi dengan orang tua
peserta didik, masyarakat serta badan/lembaga yang terkait dengan program,
dalam upaya menciptakan keterlibatan mereka dan memberi dukungan (support) pada
proses pendidikan progresif sepanjang hayat lewat kegiatan yang menarik,
menantang, bersifat rekreatif, dialam terbuka dan bermuatan/mengandung
pendidikan dengan penerapan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
6) Memerankan diri sebagai fasilitator,
konselor pembimbing, motivator, dinamisator serta dukungan atas kegiatan
peserta didik.
7. Cara menyusun PRODIK
a. Pembina bersama Peserta Didik (Dewan
S/G/T/D) menghimpun macam-macam kegiatan yang menjadi minat dan kebutuhan
peserta didik, perkembangan teknologi, trend, dan masyarakat lingkungannya,
misalnya terhimpun keinginan kegiatan bagi Pramuka Penggalang sebagai berikut :
1) lintas alam
2) mendaki gunung (moutainering)
3) berkemah
4) peluncuran
5) penjelajahan
6) pengembaraan
7) arum jeram
8) panjat tebing dan turun tebing
9) bela diri
10) berkebun
11) menolong bencana alam
12) teknologi tapat guna
13) dll
b. Sebagai fasilitator dan konsultan pembina
bersama Peserta Didik memilah-milah materi kegiatan tersebut di atas, untuk
kemudian kegiatan yang sejenis dikelompokkan menjadi satu kelompok, sehingga
dimungkinkan akan didapat beberapa kelompok kegiatan, misalnya :
1) Kelompok Kegiatan I : Lintas alam, panjat
tabing, peluncuran, pengembaraan, arum jeram, pendakian.
2) Kelompok Kegiatan II : berkemah, menolong
bencana alam, teknologi
c. Pelaksanaan kegiatan, misalnya :
a. Kelompok Kegiatan I dilaksanakan pada
semester 1 (6 bulan)
b. Kelompok kegiatan II dilaksanakan pada
semester 2 (6 bulan)
d. Selanjutnya diupayakan
menjabarkan/mengadakan analisis materi kegiatan, misalnya :
Kelompok Kegiatan I
NO
|
JENIS
KEGIATAN
|
ANALISIS
MATERI KEGIATAN
|
1.
|
Lintas Alam
|
1.
peta medan
2.
peta pita
3.
penggunaan kompas
4.
panorama sket
5.
mengenal peta topografi
6.
isyarat/semboyan
7.
sandi
8.
tanda jejak
9.
dll
|
2.
|
Pendakian
|
1.
pengetahuan tentang cuaca
2.
tanda-tanda gejala alam
3.
tali-menali
4.
pembekalan fisik
5.
latihan survival
6.
P3k
7.
dll
|
3.
|
dan
seterusnya .........
|
|
Analisis/uraian materi kegiatan tersebut
diramu manjadi beberapa kegiatan mingguan yang bervariatif selama 6 bulan (1
semester) dengan puncak kegiatan, misalnya pendakian Pengunungan Teger (bagi
satuan yang berada di sekitarnya), pada akhir semester 1.
8. Pelaksanaan Prodik
a. Dalam segala kegiatan, Pembina Pramuka
selalu memposisikan peserta didik sebagai subyek pendidikan, oleh karena itu
pelaksanaan kegiatan kepramukaan dilakukan sendiri oleh peserta didik dengan
bimbingan pembina untuk membantu mereka agar kegiatan tersebut dapat berjalan
dengan lancar, teratur, terarah, sesuai dengan yang diharapkan serta aman.
b. SKU/TKU,SKK/TKK,SPG/TPG, merupakan alat
pendidikan terus menerus diupayakan pelaksanaannya, sejalan dengan pelaksanaan
Prodik.
c. Pada setiap akhir, Pembina menciptakan
suasana rileks untuk memasuki ketahap penerangan dalam upaya mengadakan
ketegangan, dan pada saat demikian pembina mengajak para peserta didik untuk
mengadakan evaluasi kegiatan serta menggali peroleh apa saja yang didapat dari
kegiatan tersebut, termasuk perolehan perkembangan tentang
mental/spiritual,pisik,intelektual, emosional maupun sosial.
III. PENUTUP
1. PRODIK dilaksanakan dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
a. Perencanaan : disusun
Peserta Didik bersama Pembina Pramuka
b. Pelaksanaan
: oleh
Peserta Didik dengan dukungan Pembina yang bertindak sebagai konsultan,
konselor, pembimbing dan fasilitator.
c. Evaluasi : oleh
Peserta Didik bersama Pembina
2. Sasaran Pembinaan
Melalui PRODIK diharapkan peserta didik memiliki
kemantapan mental/spiritual, pisik, intelektual, emosi, sehingga akhirnya
mereka menjadi pribadi yang : mandiri, peduli, bertanggung jawab dapat
dipercaya, terampil, demokratis, menghargai pendapat orang lain.
3. Prodik dilaksanakan sesuai dengan
golongan peserta didik dan kepentingan kebutuhan, situasi dan kondisi kaum muda
dan masyarakatnya.
KEPUSTAKAAN/REFERENSI
1. Makalah, PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK
(PRODIK), Youth Programme, oleh Drs. Endy R. Atmasulistya, Lemdikanas
2. AD & ART Gerakan Pramuka
3. Youth Programme = A GUIDE TO PROGRAMME
DEVELOPMENT ; WOSM.
4. Youth Programme = THE WORLD PROGRAMME POLICY ; WOSM.
No comments:
Post a Comment