PRINSIP
DASAR KEPRAMUKAAN
SEBAGAI
NORMA HIDUP ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA
I. PENDAHULUAN
1. Prinsip Dasar adalah asas yang mendasar,
yang menjadi dasar dalam berpikir dan bertindak.
2. Prinsip Dasar Kepramukaan adalah asas yang
mendasari kegiatan Kepramukaan dalam upaya membina watak peserta didik.
3. Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode
Kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dan pendidikan
lainnya.
II. MATERI POKOK
1. Komponen - komponen pada Kepramukaan,
diantaranya :
a. Tujuan Kepramukaan, pembinaan watak
(karakter)
b. Prinsip Dasar Kepramukaan
c. Metode Kepramukaan
d. Kegiatan yang menarik, menyenangkan dan
menantang
e. Alam terbuka
2. Prinsip Dasar Kepramukaan harus diupayakan
dididikkan Pembina Pramuka kepada peserta didik agar secara sukarela mereka
memilikinya yang berangsur-angsur mampu mempengaruhi jiwa mereka dalam bersikap
dan bertindak pada kehidupan mereka sehari-hari, baik sebagai mahluk Tuhan,
individu, maupun sebagai anggota masyarakat dan lingkungannya.
3. Dengan menghayati isi Prinsip Dasar
Kepramukaan pada jiwa peserta didik
tertanam jiwa :
a. Iman
dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ;
dengan meningkatkan keimanannya kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan beribadah sesuai dengan tata cara agama yang dipeluknya
dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya.
b. Peduli
terhadap Bangsa dan Tanah Air, sesama hidup dan alam se isinya ;
1) mengakui bahwa manusia tidak hidup sendiri,
melainkan hidup bersama dan saling membutuhkan dengan mahluk lain khususnya
sesama manusia yang telah diberi derajat yang lebih mulia dari mahluk lainnya,
dalam kehidupan bersama didasari oleh prinsip perikemanusiaan yang adil dan
beradab;
2) bertanggungjawab, menghormati keberadaan
setiap orang, berperan aktif dan konstruktif dalam masyarakat, siap menolong
saat dibutuhkan;
3) menyadari bahwa diberi tempat untuk hidup
dan berkembang oleh Tuhan Yang Maha Esa di bumi yang berunsurkan tanah, air dan
udara yang merupakan tempat bagi manusia untuk hidup bersama, berkeluarga,
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan rukun dan damai;
4) merasa memiliki kewajiban untuk menjaga dan
melestarikan lingkungan sosial serta memperkokoh persatuan, menerima
kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
5) menyadari bahwa manusia memerlukan
lingkungan hidup yang bersih dan sehat agar dapat memberikan kenyamanan dan
kesejahteraan hidupnya, karena itu merasa wajib peduli terhadap lingkungan
hidupnya, dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang
baik.
c. Peduli terhadap dirinya sendiri
Dengan diperankan sebagai subyek
pendidikan, peserta didik diharapkan memiliki motivasi diri bahwa mereka harus
selalu berusaha meningkatkan kualitas diri dibidang mental/spiritual, moral,
intelektual, fisik, sosial dan emosionalnya agar dapat mengambil peran aktif
dalam kehidupannya di masyarakat, bangsa dan negara.
d. Taat
kepada Kode Kehormatan Pramuka
Kode Kehormatan Pramuka
merupakan janji dan ketentuan moral Pramuka yang wajib ditepati dan diamalkan
setiap hari dalam kehidupannya, setelah dengan sukarela dan penuh kesadaran
diucapkan oleh seorang Pramuka.
4. Prinsip Dasar Kepramukaan
dengan demikian merupakan seperangkat sikap jiwa yang dimiliki Pramuka dan akan
merupakan tata nilai dan norma hidup seorang Pramuka dalam bertingkah laku dan
perbuatannya sehari-hari baik sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa, individu dan
anggota masyarakat.
5. Cara mendidikkan Prinsip
Dasar Kepramukaan
a. Setiap acara kegiatan hendaknya disusun
dengan tema tertentu yang bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan, sehingga
setelah selesai bergiat dengan bantuan pembina, para Pramuka menemukan apa tema
kegiatan tersebut serta apa pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa Pramuka.
b. Pembina Pramuka hendaknya dapat menentukan
metode yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan, karena dengan menggunakan metode
yang tepat peserta didik akan dapat melaksanakan kegiatan dengan penuh
kegairahan, disamping itu berdampak timbulnya pemahaman dan penghayatan
terhadap Prinsip Dasar kepramukaan.
c. Lewat kegiatan yang menarik, menyenangkan
dan menantang yang dilaksanakan di alam terbuka akan sangat membantu pembina
untuk menanamkan Prinsip Dasar Kepramukaan kepada para peserta didik.
III. PENUTUP
1. Mendidikkan Prinsip Dasar
Kepramukaan kepada para Pramuka dilakukan dengan mendayagunakan kegiatan
sebagai medianya dengan jalan :
a. Memasukkan Prinsip Dasar
Kepramukaan sebagai tema kegiatan.
b. Menggunakan pilihan Metode
Kepramukaan yang tepat dalam suatu kegiatan kepramukaan.
c. Mengkondisikan situasi
sedemikian rupa sehingga para peserta didik siap menerima dan mengamalkan
Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup mereka.
2. Prinsip Dasar Kepramukaan
dalam kegiatan, berfungsi sebagai :
a. Norma hidup Pramuka.
b. Landasan Kode Etik Gerakan
Pramuka.
c. Landasan Sistem Nilai
Gerakan Pramuka.
d. Pedoman dan arah Pembinaan
Anggota Gerakan Pramuka.
e. Landasan Gerak dan Kegiatan
Gerakan Pramuka dalam mencapai Sasaran dan Tujuan Gerakan Pramuka.
3. Pengamalan Kode Kehormatan
Pramuka akan terwujud dengan jelas dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran
bilamana dalam jiwa Pramuka terpateri dengan kuat Prinsip Dasar Kepramukaan
karena Prinsip Dasar Kepramukaanlah yang akan menjadi dasar filosofi pelaksanaan
Kode Kehormatan Pramuka dalam kehidupan sehari-hari seorang Pramuka, sebagai
mahluk Tuhan Yang Maha Esa, individu dan anggota masyarakat serta
lingkungannya.
KEPUSTAKAAN/REFERENSI
1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
Gerakan Pramuka
2. Panduan Praktis Membina Pramuka, Drs. H.
Endy R. Atmasulistya dkk.
3. Fundamental Principles,
4. Scouting and Educational System, WOSM
Gambar Prinsip Dasar
No comments:
Post a Comment