Contoh
Penilaian Aspek Pengetahuan
Tehnik penilaian : Tes Lisan
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian tes lisan
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Artikan Q.S.
Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!
|
2
|
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
|
Artikan Q.S.
Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!
|
3
|
Dapat mengartikan salah satu hadits yang berkaitan dengan ilmu
pengetahuan
|
Artikan salah
satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Instrumen Penilaian aspek Pengetahuan
Kelas / Semester
|
:
|
Vi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
|
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
|
Tehnik Penilaian
|
:
|
Lisan
|
Penilaia
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indicator
|
Instrument
|
1.
|
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikut ini !
Kalau bisa quran tertulis
|
2.
|
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33
berikut ini !
|
3.
|
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawah ini !
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Jawaban
|
1.
|
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha
mengetahui apa yang kamu kerjakan.
|
2.
|
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus
(melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat
menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
3.
|
Barang siapa menghendaiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang
siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang
menghendaki keduanya raih pula dengan
ilmu
|
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
SKOR
|
||||
Sangat tartil
|
Tartil
|
Kurang tartil
|
Tidak tartil
|
||||
1.
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah sekor
|
|
|
|
|
|
||
Keterangan
|
Nilai
|
|
|
Nilai akhir
|
|
||
Sangat tartil
|
= skor
4
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
=
Skor maksimal
|
|||||
Tartil
|
= skor
3
|
||||||
Kurang tartil
|
= skor
2
|
||||||
Tidak tartil
|
= skor
1
|
||||||
Catatan Guru
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||||
No comments:
Post a Comment