Thursday, 10 November 2016

Materi pelajaran membaca surah al-falaq kelas IV pai sd

Materi pelajaran membaca surah al-falaq kelas IV pai sd


Lampiran
1.      Materi
Membaca


ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ   `ÏB ÎhŽŸ° $tB t,n=y{ ÇËÈ   `ÏBur ÎhŽŸ° @,Å%yñ #sŒÎ) |=s%ur ÇÌÈ   `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ   `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sŒÎ) y|¡ym ÇÎÈ  


1.      Penilaian
Tehnik penilaian        : Tes Lisan
Bentuk Instrumen     : Lembar Penilaian tes lisan
Kisi-kisi                       :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 1
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar
2
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 2
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar
3
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 3
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar
4
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 4
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar
5
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 5
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar

Rubrik Penilaian
 Petunjuk :
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5-10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik.
 No.
Pernyataan
Pilian Jawaban
Sekor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
1
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar





2
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar





3
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar





4
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar





5
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar





Jumlah Skor





Keterangan
NILAI
NILAI AKHIR
Selalu
=  Skor   4 (100-90)
 = ....


Sering
=  Skor    3 (80-89)


Kadang-kadang
=  Skor   2 (70-79)


Tidak pernah
=  Skor   1 (60-79)


CATATAN :
..............................................................................................................................................
................................................................................................................................................

1.      Penilaian ketrampilan
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Falaq
Contoh Rubrik Penilaian

No.
Nama siswa
Katagori
1
2
3
4












Keterangan :
1= kurang       2 = sedang     3= baik           4 = sangat baik

Sangat baik    : Hafalan lancer, tartil, lagu/berirama
Baik                 : hafalan lancer sesuai kaidah bacaan
Sedang                        : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan
Kurang            : Hafalan tidak lancar;

                    Lampiran
1.     Materi
ö@è% èŒqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ   `ÏB ÎhŽŸ° $tB t,n=y{ ÇËÈ   `ÏBur ÎhŽŸ° @,Å%yñ #sŒÎ) |=s%ur ÇÌÈ   `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ   `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sŒÎ) y|¡ym ÇÎÈ  

2.     Instrumen penilaian
Membaca
Nama siswa :
No.
Aspek yang dinilai
Rentang nilai
1
2
3
4
1
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar




2
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar




3
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar




4
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar




5
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar




Jumlah




Keterangan : 1= kurang  2= sedang  3= baik  4= sangat baik

            Penilaian sikap
            Nama siswa :                                                                         kelas :
            No.
Aspek yang dinilai
Rentang nilai
1
2
3
4
1
Keterlibatan




2
Inisiatif




3
Perhatian




4
Tanggung jawab




Skor




Skor maksimal

            Keterangan : 1 = kurang  2 = sedang  3 = baik   4 = sangat baik
            Penilaian Menghafal QS. al-Falaq
            Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Falaq
            Rubric Penilian :
No.
Nama siswa
Katagori
1
2
3
4
1.





2.





3.





4.











              1 = kurang   2 = sedang     3 = baik          4 = sangat baik
Sangat baik    : Hafalan lancar, tartil, lagu/berirama
Baik                 : Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang           : Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang           : Hafalan tidak lancer
Catatan:
·           Guru dapat mengembangkan Instrumen Penilaian sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
·           Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik, penilaian dapat dilakukan melalui tabel berikut. 

No comments: