Lampiran
1. Materi
Membaca
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ `ÏB Îh° $tB t,n=y{ ÇËÈ `ÏBur Îh° @,Å%yñ #sÎ) |=s%ur ÇÌÈ `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sÎ) y|¡ym ÇÎÈ
1. Penilaian
Tehnik penilaian : Tes Lisan
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian tes lisan
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 1
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar
|
2
|
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 2
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar
|
3
|
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 3
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar
|
4
|
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 4
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar
|
5
|
Dapat membaca QS. al-Falaq ayat 5
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar
|
Rubrik Penilaian
Petunjuk :
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5-10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk
menilai setiap anggota kelompok
c.
Membuat rekap penilaian untuk
tiap-tiap peserta didik.
|
||||||||
No.
|
Pernyataan
|
Pilian Jawaban
|
Sekor
|
|||||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang Baik
|
|||||
1
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar
|
|||||||
2
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar
|
|||||||
3
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar
|
|||||||
4
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar
|
|||||||
5
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar
|
|||||||
Jumlah Skor
|
||||||||
Keterangan
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Selalu
|
= Skor 4 (100-90)
|
|||||||
Sering
|
= Skor 3 (80-89)
|
|||||||
Kadang-kadang
|
= Skor 2 (70-79)
|
|||||||
Tidak pernah
|
= Skor 1 (60-79)
|
|||||||
CATATAN :
..............................................................................................................................................
................................................................................................................................................
|
||||||||
1. Penilaian ketrampilan
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S. al-Falaq
Contoh Rubrik Penilaian
No.
|
Nama siswa
|
Katagori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Keterangan :
1= kurang 2 = sedang 3=
baik 4 = sangat baik
Sangat baik : Hafalan lancer, tartil, lagu/berirama
Baik : hafalan lancer sesuai kaidah
bacaan
Sedang :
Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan
Kurang : Hafalan tidak lancar;
Lampiran
1. Materi
ö@è% èqããr& Éb>tÎ/ È,n=xÿø9$# ÇÊÈ `ÏB Îh° $tB t,n=y{ ÇËÈ `ÏBur Îh° @,Å%yñ #sÎ) |=s%ur ÇÌÈ `ÏBur Ìhx© ÏM»sV»¤ÿ¨Z9$# Îû Ïs)ãèø9$# ÇÍÈ `ÏBur Ìhx© >Å%tn #sÎ) y|¡ym ÇÎÈ
2.
Instrumen penilaian
Membaca
Nama siswa :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 1 dengan benar
|
||||
2
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 2 dengan benar
|
||||
3
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 3 dengan benar
|
||||
4
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 4 dengan benar
|
||||
5
|
Bacalah QS. al-Falaq ayat 5 dengan benar
|
||||
Jumlah
|
Keterangan : 1= kurang 2=
sedang 3= baik 4= sangat baik
Penilaian sikap
Nama siswa : kelas
:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rentang nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Keterlibatan
|
||||
2
|
Inisiatif
|
||||
3
|
Perhatian
|
||||
4
|
Tanggung jawab
|
||||
Skor
|
|||||
Skor maksimal
|
Keterangan
: 1 = kurang 2 = sedang 3 = baik
4 = sangat baik
Penilaian
Menghafal QS. al-Falaq
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menghafal Q.S.
al-Falaq
Rubric
Penilian :
No.
|
Nama siswa
|
Katagori
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
1 = kurang 2 = sedang 3 = baik 4 = sangat baik
Sangat baik :
Hafalan lancar, tartil, lagu/berirama
Baik :
Hafalan lancar sesuai kaidah bacaan
Sedang :
Hafalan kurang lancar sesuai kaidah bacaan.
Kurang : Hafalan tidak lancer
Catatan:
·
Guru dapat mengembangkan Instrumen Penilaian
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
·
Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau
nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses
pembelajaran. Terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh
peserta didik, penilaian dapat dilakukan melalui tabel berikut.
No comments:
Post a Comment