Wednesday, 9 March 2016

contoh Program Tahunan Bahasa Indonesia kelas 5 KTSP

contoh Program Tahunan Bahasa Indonesia kelas 5 KTSP
















PROGRAM TAHUNAN
SEKOLAH DASAR NEGERI ARAHAN KIDUL II
Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan                  :  SEKOLAH DASAR
Kelas                                       :  V
Tahun pelajaran                       :  2010 - 2011
            Semester
Materi
Alokasi waktu






      I
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.
a.        Menanggapi penjelasan narasumber(petani ,pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan  santun berbahasa
b.        Mengindentipikasi unsure cerita tentang cerita rakyat yang didengar.


24 jm
Berbicara
2. Mengungkapan pikiran pendapat, perasanaan, fakta secara lisan, denagan menanggapi suatu persoalan, menceritkan hasil pengamatan atau berwawancara
a.        Menceritakan kembali pengamatan /kunjaungan denagn bahasa yang rumit , baik, dan benar,
b.        Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang , nelayan, karyawan, dll ) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa

24 jm
Membaca
3.   Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata /menit dan membaca puisi.
a.        Membaca teks percakapa dengan lafal dan intonasi yang tepat.
b.        Berwawancara sederhana dengan narasumber petani ,pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan  santun berbahasa.

25  jm
Menulis
4.   Mengungkapan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
a.     Menulis karangan dengan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan pengguanaan ejaan.
b.     Menulis surat undangan ( ulang tahun, agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas ,dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. 


25  jm
Ujian Akhir Semester I
2 jm



      II
Mendengarkan
5.  Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yng disampaikan secara lisan.
a.       Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar yang disampaikan secar lisan.
b.      Mengindentifikasi unsure cerita ( tokoh, tema, latar, amanat)

24 jm
Berbicara.
6.  Mengungkapan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
a.        Mengomentari persalan factual disertatai dengan las an mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
b.        Memerankan dengan tokh drama dengan lafal, intonasi, dan ekpresi yang tepat 

24 jm
Membaca
7.  Memahami teks secara sekilas, membaca memindahi, dan membaca cerita anak.
a.        Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
b.        Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus 9 buku petunjuk telepaon, jadwal perjalanan, daftar susuanan acara daftar menu, dll) yang dilakukan memalui membaca memindai.
c.        Menyimpulkan isi cerita anak dalam bebera kalimat.

25 jm
Menulis
8.  Mengungkapan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
a.       Meringkas isi buku yang dipilh sendiri dengan memperhatikan pengguanaan ejaan.
b.      Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (cacatan, konsep awal, werbaknan, final) denagn memperhatikan pengguanaan ejaan
c.       Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

25 jm

Ujian Akhir Semester II
2 jm
Jumlah
200 jm
                                                                                              Arahan Kidul,         Juli 2010
                                                                                               Di tetapkan di  :  ArahyanKidul

   Kepala Sekolah                                             Guru Kelas V,



   NURSILAH, S.Pd                                      AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I

   NIP:19640204198402002                           NIP: 19650703200711011


No comments: