RPP KELAS 1 TEMATIK IPA & MATEMATIKA SMT 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA KECAMATAN :
TEMA : KELUARGA
MATA PELAJARAN : TEMATIK ( IPA dan MATEMATIKA )
KELAS / SEMESTER : I / I
HARI / TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
v IPA
1.
Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya serta perawatannya
v MATEMATIKA
1.
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
2.
Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
II.
KOMPETENSI
DASAR
v IPA
1.3.
Membiasakan
hidup sehat
v MATEMATIKA
1.4.
Menyelesaikan
masalah yang berklaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
2.1.
Menentukan
waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
III.
INDIKATOR
v IPA
-
Menjelaskan
keuntungan mencuci tangan sebelum makan
-
Menjelaskan
keuntungan memotong kutu yang panjang
-
Menjelaskan
keuntungan melakukan olahraga, beristirahat dan tidur yang teratur dan kuat
-
Memberikan
contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan (cuci tangan, memotong kuku,
olahraga, beristirahat dan tidur)
v MATEMATIKA
-
Memecahkan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
-
Mengurangkan
bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
-
Siswa dapat
menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
-
Siswa dapat
memecahkan permasalahan sehari-hariyang terkait penjumlahan dan pengurangan
hasil sampai 20
-
Siswa dapat
mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
-
Siswa dapat
mengenal konsep waktu
V.
MATERI
AJAR
v MATEMATIKA
-
Operasi hitung
bilangan
-
Satuan
pengukur waktu
v IPA
-
Kebutuhan
tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
ALOKASI
WAKTU
5 x 35 menit
VIII.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
PENGORGANISASIAN
SILABUS
|
NILAI
PENDIDIK YANG DIKEMBANGKAN
|
|
SISWA
|
WAKTU
|
|||
A
|
PENDAHULUAN
Apresiasi
/ motivasi
-
Mengkondisikan
siswa untuk berdo’a
-
Mengabsen
-
Mengumpulkan
tugas atau PR
-
Tanya
jawab tentang pelajaran yang lalu
-
Menyampaikan
materi pelajaran yang akan diajarkan.
|
K
K
I
I
K
K
|
35 menit
|
Disiplin
|
B
|
KEGIATAN INTI
- Memperagakan mencuci tangan sebelum
dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan
menjadi kotor
- Melalui peengalaman siswa dapat
mengungkapkan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata
- Mengerjakan soal penjumlahan
|
K
K
I
|
105 menit
|
Kreatif
Rasa ingin tahu
Disiplin
|
C
|
PENUTUP
- Melakukan refleksi dengan menanyakan
kepada siswa, bagaimana pembelajaran hari ini
- menilai hasil kerja siswa
- memberi sanjungan pada siswa yang
mendapatkann nilai baik
- menyanyi lagu anak-anak
- penugasan / PR
- berdo’a
|
G
GI
I
K
I
K
|
35
Menit
|
Tanggung
jawab
|
IX.
PENILAIAN
-
Teknik tes : tertulis
-
Prosedur tes : proses tes dan post tes
-
Bentuk : uraian dan
pengamatan
X.
SUMBER
/ BAHAN AJAR
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(……………………………………….)
NIP/NIK.
|
|
Arahan, ……………………………… 2012
Guru Kelas I,
(………………………………………)
NIP/ NIK.
|
No comments:
Post a Comment