RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA KECAMATAN :
TEMA : KEGIATAN
MATA PELAJARAN : TEMATIK ( BAHASA INDONESIA DAN IPS )
KELAS / SEMESTER : I / I
HARI / TANGGAL :
MINGGU KE 2
I.
STANDAR
KOMPETENSI
v BAHASA
INDONESIA
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
v IPS
1.
Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan
keluarga
II. KOMPETENSI
DASAR
v BAHASA
INDONESIA
3.1.
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
3.2.
Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
v IPS
1.4.
Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
III. INDIKATOR
v BAHASA
INDONESIA
-
Membaca
nyaring dengan lafal yang tepat
-
Membaca teks
pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat
v IPS
-
Menunjukkan
sikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari
-
Menunjukkan
sikap tidak membeda-bedakan perilaku dalam keluarga
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
v BAHASA
INDONESIA
-
Siswa dapat
membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar
v IPS
-
Siswa dapat
menjelaskan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
V. MATERI AJAR
v BAHASA
INDONESIA
-
Bacaan teks
sederhana
v IPS
-
Hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga
VI. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Demonstrasi
5.
Pemberian
tugas
VII. ALOKASI WAKTU
5
x 35 menit
VIII. KEGITAN
PEMBELAJARAN
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
PENGORGANISASIAN
SILABUS
|
NILAI
PENDIDIK YANG DIKEMBANGKAN
|
|
SISWA
|
WAKTU
|
|||
A
|
PENDAHULUAN
Apresiasi / motivasi
-
Mengkondisikan
siswa untuk berdo’a
-
Mengabsen
-
Mengumpulkan
tugas atau PR
-
Tanya
jawab tentang pelajaran yang lalu
-
Menyampaikan
materi pelajaran yang akan diajarkan.
|
K
K
I
I
K
K
|
35 menit
|
Disiplin
|
B
|
KEGIATAN
INTI
- Guru membagikan teks bacaan
- Siswa membaca teks bacaan dengan
benar
- Menjelaskan sikap saling menghargai
dalam kehidupan sehari-hari
- Memberi contoh sikap tidak
membeda-bedakan perilaku dalam kehidupan
- Menjelaksan sikap hidup rukun dalam
keluarga
- Mengerjakan soal tes
- Tanya jawab tentang haal-hal yang
belum dimengerti siswa
- Guru dan siswa menyimpulkan materi
pembelajaraan serta memberi pengamatan
|
K
K
I
|
105 menit
|
Kreatif
Rasa ingin tahu
Disiplin
|
C
|
PENUTUP
- mengumpulkan hasil kerja siswa
- menilai hasil kerja siswa
- memberi sanjungan pada siswa yang
mendapatkann nilai baik
- menyanyi lagu anak-anak
- penugasan / PR
- berdo’a
|
G
GI
I
K
I
K
|
35 Menit
|
Tanggung jawab
|
IX.
PENILAIAN
-
Tes tertulis
-
Tes lisan
X.
SUMBER
/ BAHAN BELAJAR
1.
SUMBER
-
Buku Bahasa Indonesia Kelas I
BSE
Ismayadi
Nanadang
R Pamungkas
Ahmad
Supena
-
Buku IPS kels
I BSE
Muhammad Ridwan
Muhammad Nurkholis
Margono
2.
BAHAN AJAR
Teks bacaan pendek
Berbagai gambar
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(……………………………………….)
NIP/NIK.
|
Arahan, ……………………………… 2012
Guru Kelas I,
(………………………………………)
NIP NIK.
|
SOAL
A. TES
TERTULIS
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan tepat
1.
Nasehat orang
tua harus kita ……….
2.
Manfaat hidup
rukun ialah ………………
3.
Sering
bertengkar dengan teman menunjukkan sikap ……………..
4.
Kerukunan
menghindarkan kita dari …………….
5.
Semua anggota
keluarga hidup rukun, kita harus saling ……..
B. TES
LISAN
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dengan benar
1.
Apa judul
bacaan diatas ?
2.
Adi berlibur
kerumah siapa ?
3.
Rumah bibi
dimana ?
4.
Dari rumah Adi
naik apa?
5.
Udara di desa
terasa ?
JAWABAN
A. TES
TERTULIS
1.
Taati / patuhi
2.
Damai, aman
dan tentram
3.
Tidak rukun /
tidak baik
4.
Pertengkaran
5.
Menghormati
B. TES
LISAN
1.
Ke rumah Bibi
2.
Bibi
3.
Di desa
4.
Kendaraan umum
5.
Sejuk
No comments:
Post a Comment