Friday, 11 March 2016

RPP IPA KELAS V IPA KURTINEM

RPP IPA KELAS V IPA KURTINEM











RPP IPA KELAS V IPA KURTINEM

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                : SDN Arahan Kidul II
Mata Pelajaran                : IPA
Kelas / Semester              : V/ 1
Hari & Tanggal                   : Senin, 6 Februari 2012

        I.            Standara Kompetensi    :
Mengindetifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

      II.            Kompetensi Dasar           :
Mengindentifikasi fungsi organ pernafasan manusia

    III.            Indikator :
1.       Mencocokan setiap organ pada saluran pernapasan dengan namanya
2.       Menjelaskan fungsi organ manusia.
3.       Menunjukkan  setiap nama organ pernapasan manusia dan fungsinya
4.       Mendemontrasikan cara kerja model organ pernapasan.
5.       Membuat tabel penyakit, penebab, ciri-ciri penyekit yang menyerang organ pernapasan
6.       Menjelaskan cara memlihara pada saluran pernapasan

    IV.            Tujuan Pembelajaran     :

1.       Mengamati model /gambar saluran pernapasan  manusia
2.       Mencocokkan nama organ manusia dengan gambar pernapasan manusia
3.       Menunjukkan setiap nama organ pernapasan  manusia.
4.       Melakukan percobaan untuk mengetahui bahan-bahan yang dikeluarkan saat bernapas
5.       Membuat table penyakit, penyebab, cirri-ciri penyakit yang menyerang organ pernapasan
6.       Mendiskusikan cara memlihara organ pada saluran pernapasan
7.       Membuat saran mengenai memlihara kesehatan organ pernapasan manusia

      V.            Materi    : alat pernapasan manusia.

    VI.            Metode                 : ceramah, diskusi, tanya jawab, demontrasi.

  VII.            Alokasi waktu                    : 2 x 35 menit ( 1 X pertemuan )

VIII.            Langkah Pembelajaran  :

NO.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Pendidikan yang diajarkan
WAKTU
SISWA
Nilai Pendidikan yang diajarkan
A.
Pendahuluan
·         Mengkondisukan kelas
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

4 menit
1 menit
kelompok
Relijius, mandiri, rasa ingin tahu
B.
Kegiatan Inti
50 menit
kelompok

v  Eksplorasi



Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
   F siswa dapat memahami peta konsep tentang alat pernapasan.
F menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan : 1. Paru-paru, 2. Hidung , 3 tenggorokan.
F   memahami pernapasan dada dan pernapasan perut.
F   memahami proses pernapasan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan

4 menit

4 menit

2  menit
2 menit
2 menit

1 menit

Klasikal

Individual

Individual
klasikal
Invidual

Kelompok

Rasa ingin tahu
kreatif

kreatif
Kerja keras

Rass ingin tahu
RIT
&  Elaborasi
10 menit


Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui  tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindakk tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tulisan, secara indivial maupu kelompok:
F    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.

5 menit

5 menit


5 menit

10 menit


10 menit

Klasikal


Klasikal

Klasikal


Kelompok


kelompok

Gemar membaca

kreatif

mandiri


Kerja keras


Kreatif
&  konfirmasi
7 menit


Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
F   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberkan penguatan dan penyimpulan.

4 menit

3 menit


Klasikal

Klasikal

kreatif

 jawab
 Jujur
C.
Penutup
10 menit



m  Memberikan kesimpulan dan penguatan.
      F  evaluasi.
2 menit
8 menit
Klasikal
klasikal
Tanggung jawab dan jujur

    IX.            Alat / Sumber
A.      Alat perga gambar organ pernapasan manusia dan torso
B.      Sumber : Buku IPA BSE hal: 4 – 6



      X.            PENILAIAN         :
a.       Tehnik Penilaian

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
Intrumen / soal
o Kerja keras: perilaku  gmenunjukkan upaya sungguh dalam menngatasi berbagai hambatan belajar dan tugas dengan sebaik-baiknya.
o Kreatif : berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o Mandiri: sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelasaikan tugas.
o Rasa Ingin tahu: sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih dan mendalam dan melaus dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

o  Mengidentifikasi alat pernapasan manusia
o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia misalkann menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.
Tugas individu dan kelompok
Laporan dan untuk kerja
o  Apakah funsi alat
pernapasan ?
o  Sebutkan 2 (dua) gangguan alat pernapasan manusia?
o  Sebutkan 4 dari 6 penyakit pada alat pernapasan manusia?
o  Bagaiman agar tidak terganggu alat pernapasan?
o  Sebutkan 4 dari 6 cara agar alat pernapasan kita tidak tergannggu?







b.      Bentuk / Jenis Tes : 
1.       Bentuk adalah laporan.
2.       Jenis tes : tertulis

c.       Penilaian Proses       : -
d.      Life Skill Yang Dikembangkang        :
1.       Berprilaku hidup sehat
2.       Bila terkena penyakit alat pernapasan segera ke dokter.




Kepala SDN Arahan Kidul II





NURSILAH, S.Pd
NIP: 19640204198402002
Arahan , 6 Februari 2012
Guru kelas V,





AKHAMD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP: 196507032001011011




No comments: