Thursday, 17 March 2016

RPP TEMATIK TEMA KEGIATAN KELAS 3 KURTILAS

RPP TEMATIK TEMA KEGIATAN KELAS 3 KURTILAS


RPP TEMATIK TEMA KEGIATAN KELAS 3 KURTILAS 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SD                               : …………………………
Mata Pelajaran            : Tematik
Tema                           : Kegiatan
Kelas / Semester         : III/1



I.           STANDAR KOMPETENSI
Pendidikan Kewarganegaraan
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1.      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan
Membaca
3.     Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf atau puisi
Matematika
1.      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
2.      Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
Ilmu Pengetahuan Alam
1.     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
2.     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
3.      Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Ilmu Pengetahun Sosial
1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
Seni budaya dan Keterampilan
Seni Rupa
2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Keterampilan
7.      Membuat benda yang dapat digerakkan angin secara sederhana

II.          KOMPETENSI DASAR
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1  Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
1.2  Mengamalkan nilai-nilai sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
1.1   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
2.3   Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan ntonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Matematika
1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
2.1 Memilih alat ukur yang sesuai dengan fungsinya
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat

Ilmu Pengetahuan Alam
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas
Ilmu Pengetahun Sosial
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
Seni budaya dan Keterampilan
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana
7.3 Membuat benda yang dapat digerakan angin dari bahan kertas

III.        INDIKATOR
Pendidikan Kewarganegaraan
·       Menyebutkan tokoh pemuda pada Konges Pemuda
·       Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I
·       Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda II
·       Menjelaskan peranan masing-masing tokoh dalam peristiwa 28 Oktober 1928
·       Menceritakan peristiwa pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·       Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam mempersatukan Indonesia
Bahasa Indonesia
·       Mendengarkan penjelasan tentang menolong teman
·       Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·       Menceritakan pengalaman  yang mengesankan
·       Melakukan percakapan tentang pengalaman
·       Menanggapi cerita pengalaman teman
·       Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·       Membuat kesimpulan isi bacaan
·       Mengemukakan pendapat sesuai isi bacaan
·       Menulis kalimat dengan menggunakan tanda koma untuk memisahkan rupiah dan sen
·       Menyusun paragraf dari dari kalimat acak  dengan memperhatikan ketepatan penggunaan ejaan
Matematika
·       Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan
·       Menentukan pola pada barisan bilangan
·       Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·       Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·       Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·       Melakukan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian
·       Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
·       Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·       Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yan akan diukur
·       Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·       Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·       Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit,jam, minggu, bulan dan tahun
·       Menentukan hubungan antarsatuan berat: kg, ons, dan gram
Ilmu Pengetahuan Alam
·       Mempraktekan cara merawat tanaman
·       Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat
·       Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan tidak sehat
·       Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·       Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda padat
·       Mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan
·       Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda cair
·       Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda gas



Ilmu Pengetahun Sosial
·       Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·       Menjelaskan akibat jika tidak memelihara lingkungan
·       Mempraktekan cara memlihara lingkungan buatan
·       Menuliskan pengalaman tentang kerjasama di lingkungan sekolah
·       Menjelaskan manfaat kerjasama dalam bekerja
Seni budaya dan Keterampilan
·       Menyanyikan lagu wajib nasional Satu Nusa Satu Bangsa
·       Menggambar tanaman sedang merawat tanaman
·       Membuat kapal-kapalan dari kertas

IV.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat:
·       Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa melalui teks sumpah pemuda
·       Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa melalui lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·       Menceritakan upaya menggalang persatuan dan kesatuan melalui kegiatan kepemudaan
·       Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa melalui sejarah latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda
·       Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·       Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif
·       Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·       Menyusun paragraf dengan memperhatikan penggunaan ejaan
·       Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan
·       Menentukan pola pada barisan bilangan
·       Melakukan operasi hitung campuran dengan mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian atau sebaliknya
·       Menggunakan alat ukur yang tepat dalam kehidupan sehari-hari
·       Menentukan hubungan antarsatuan waktu dan antarsatuan berat
·       Memelihara makhluk hidup melalui peragaan
·       Mebedakan sifat-sifat khusus pada benda padat, cair dan gas
·       Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat melalui pembuatan kliping
·       Memelihara lingkungan alam dan buatan dengan baik
·       Menjelaskan akibat jika tidak memelihara lingkungan
·       Menunjukkan kerjasama di lingkungan sekolah
·       Menyanyikan lagu wajib nasional

V.          MATERI AJAR
·       Sumpah Pemuda
·       Cerita / kasus
·       Bahan Penjelasan
·       Teks 20-25 kalimat
·       Teks 100-150 kata
·       Garis bilangan
·       Operasi hitung campuran (perkalian dan pembagian)
·       Hubungan antar satuan waktu dan berat
·       Makhluk Hidup
·       Kesehatan Lingkungan
·       Sifat-sifat benda padat, cair dan gas
·       Lingkungan alam dan buatan
·       Kerjasama di sekolah
VI.        ALOKSI WAKTU : 5 x 35 Menit

VII.      METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi, Pemberian Tugas, Latihan

VIII.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 1
Mata Pelajaran: PKn , Bahasa Indonesia
Alokasi waktu : 5 X 35 Menit     
Indikator       :
Hari /Tanggal : ………………………
§     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·                Menghafal teks Sumpah Pemuda
·                Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran (berdoa, memeriksa kebersihan badan, gigi dan kuku siswa) ( Religius )
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Klasikal

15 Menit
B
Inti
§  Membaca bersuara tentang peristiwa Sumpah Pemuda
§  Menyimak penjelasan tentang Sumpah Pemuda
§  Membaca teks Sumpah Pemuda dengan lafal dan intonasi yang tepat
§  Menghapal teks Sumpah Pemuda
§  Secara bergiliran, siswa sudah hapal memimpin siswa lain mengucapkan Sumpah Pemuda
§  Menuliskan teks Sumpah Pemuda

Klasikal


Individual
140 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang sumpah Pemuda
§  Melaksanakan tes lisan mengucapkan Sumpah Pemuda

Klasikal
Individual
20 Menit

Pertemuan ke 2
Mata Pelajaran: Matematika, IPA SBK
Alokasi waktu : 6X 35 Menit               
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan
·      Menentukan pola pada barisan bilangan
·      Mempraktekan cara merawat tanaman
·      Menggambar tanaman sedang merawat tanaman
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran (berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Klasikal
15 Menit
B
Inti
§  Mengamati garis bilangan
§  Melakukan tanya jawab tentang posisi suatu bilangan pada garis bilangan
§  Melengkapi garis bilangan dengan dengan tepat
§  Menyimak penjelasan tentang pola bilangan
§  Berlatih menentukan suatu bilangan sesuai dengan pola bilangannya
§  Menyimak cerita tentang merawat tanaman, seperti pola waktu menyiram 2 hari sekali, menyiangi 10 hari sekali
§  Salah seorang siswa diminta memperagakan cara merawat tanaman kemudian siswa lain memberi komentar
§  Menggambar tanaman atau orang sedang merawat tanaman


Klasikal









Individual
180 Menit
C
Penutup
§  Menilai dan memajangkan karya siswa
§  Pemberian tugas membawa satu gambar lingkungan sehat

Klasikal
15 Menit
Pertemuan ke 3
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, IPS
Alokasi waktu : 6X 35 Menit               
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
·      Menceritakan kembali  isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri
·      Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran (berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§  Menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta

Klasikal
15 Menit
B
Inti
§  Membaca teks tantang “ Memelihara Lingkngan Alam”
§  Mencari kosa kata baru dari teks yang dibaca
§  Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca
§  Secara bergiliran siswa diminta menceritakan kembali  isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri
§  Menuliskan contoh-contoh memelihara lingkungan alam dengan cara yang baik

Individual



180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini yang menekankan pada pentingnya memelihara lingkungan alam
§  Penilaian terhadap jawaban siswa tentang isi teks dan cara memalihara tanaman

Klasikal
15 Menit

Pertemuan ke 4
Mata Pelajaran: IPA, Matematika
Alokasi waktu : 6X 35 Menit               
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat
·      Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·      Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran (berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Memelihara kebersihan badan, kuku, gigi dan pakaian
§  Bercerita tentang lingkungan sehat

Klasikal

15 Menit
B
Inti
§  Siswa diminta menunjukkan gambar/foto lingkungan sehat yang dibawanya
§  Membuat kliping tentang lingkungan sehat pada kertas manila
§  Menuliskan pendapat / komentar pada setiap gambar
§  Penjelasan tentang bentuk perkalian (Misalnya: Ketika membuat kliping setiap kelompok 6 orang semuanya 7 kelompok, jadi jumlah siswa  42 orang)
§  Tanya jawab tentang cara mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
§  Aktif berlatih mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian

Individual

Kelompok

Klasikal




Individual
180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini pentingnya lingkungan sehat
§  Penilaian dan pemajangan kliping

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 5
Mata Pelajaran: PKn, Bahasa Indonesia, SBK
Alokasi waktu : 5 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Mengaitkan Sumpah Pemuda dengan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·      Memberikan tanggapan dan saran sederhana
·      Menyanyikan lagu wajib nasional Satu Nusa Satu Bangsa
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§  Bertanya jawab tentang pelaksanakan upacara pengibaran bendera yang menyanyikan lagu wajib

Kalsikal
15 menit
B
Inti
§  Membaca teks lagu Satu nusa Satu Bangsa
§  Bertanya jawab tentang isi lagu
§  Menyimak panjelasan tentang kaitan Sumpah Pemuda dengan lagu Satu nusa Satu Bangsa
§  Berdikusi untuk memberi tanggapan dan saran terhadap sikap siswa yang tidak serius pada saat upacara / menyanyikan lagu wajib
§  Guru membimbing siswa belajar menyanyikan lagu Satu nusa Satu Bangsa

Klasikal



Kelompok


Klasikal

145 Menit
C
Penutup
§  Tes perbuatan menyanyikan lagu Satu nusa Satu Bangsa
§  Pemantapan yang menekankan pada pentingnyabersikap dsiplin dalam mengikuti upacara

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 6
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Mendengarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan melalui telepon
·      Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan
·      Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·      Melakukan operasi hitung campuran perkalian dan pembagian
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran ( berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Bertanya jawab tentang pengalaman bertelepon

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Menyimak penjelasan tentang cara penggunaan telepon
§  Memperagakan menggunakan telepon rumah
§  Membuat percakapan telepon tentang pengerjaan PR matematika perkalian dan pembagian
§  Membacakan teks percakapan
§  Mengingat kembali hubungan perkalian dan pembagian
§  Bertanya jawab tentang cara mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
§  Aktif berlatih tentang operasi hitung campuran perkalian dan pembagian  

Klasikal

Berpasangan



Individual

180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan siswa

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 7
Mata Pelajaran: IPA, Bahasa Indonesia, IPS
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan tidak sehat
·      Memberikan tanggapan dan saran sederhana
·      Mempraktekan cara memelihara lingkungan buatan
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyiapkan alat dan bahan pembuatan kliping

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Siswa diminta menunjukkan gambar/ foto lingkungan yang tidak sehat
§  Siswa diminta memberi tanggapan dan saran sederhana terhadap salah satu gambar
§  Membuat kliping dengan cara menempelkan foto/gambar pada kertas manila
§  Menuliskan tanggapan dan saran di bawah setiap gambar/ foto
§  Setiap kelompok mempresentasikan kliping serta tanggapan dan sarannya, siswa atau kelompok lain menanggapi
§  Beberapa siswa diminta memperagakan cara memelihara lingkungan buatan

Individual



Kelompok



Klasikal

180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran menekankan pada pesan-pesan tentang pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan
Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 8
Mata Pelajaran: Matematika, IPA,B.Indonesia
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
·     Menggunakan huruf kafital dan tanda baca pada kalimat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda padat
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Membaca soal cerita tentang perkalian dan pembagian
§  Siswa diminta menunjukkan huruf kafital dan tanda baca pada soal cerita
§  Menuliskan kata-kata yang menggunakan huruf kafital
§  Menyalin soal cerita dengan ejaan yang benar
§  Membuat kalimat matematika dari soal cerita
§  Menentukan jawaban dari soal cerita
§  Aktif berlatih menyelesaikan soal cerita tentang perkalian dan pembagian
§  Bertanya jawab tentang benda padat pada soal cerita (misal: apel, kelereng, pensil dll)
§  Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat pada benda padat dan menuliskannya

Individual








Klasikal
180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan siswa
Kalsikal
15 Menit



Pertemuan ke 9
Mata Pelajaran       : PKn, IPS
Alokasi waktu        : 5 X 35 Menit        
Indikator                                :
Hari /Tanggal         : ………………………
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya sumpah pemuda
·     Menyebutkan nama-nama organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan
·     Menuliskan pengalaman tentang kerjasama di lingkungan sekolah
·     Menjelaskan manfaat kerjasama dalam bekerja
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kalsikal
15 menit
B
Inti
§  Membaca buku sumber tentang latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
§  Bertanya jawab tentang nama-nama organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan
§  Bermain peran tentang tokoh-tokoh organisasi kedaerahan yang menyadari pentingnya organisasi tunggal serta kerjasama mencapai satu tujuan
§  Menggali pengalaman siswa tentang kegiatan kerjasama di lingkungan sekolah
§  Menuliskan manfaat kerjasama dalam bekerja

Individual



Kelompok


Klasikal

145 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini dan memberi nasihat tentang pentingnya bersatu dan kerjasama dalam bekerja
Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 10
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, IPA, SBK
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda gas
·     Membuat kapal-kapalan dari kertas
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Membaca bersuara secara bergiliran dan berkesinambungan (melanjutkan bacaan teman) teks bacaan Bermain Layang-layang
§  Mencari kata depan di dan ke pada teks bacaan
§  Menuliskan kalimat yang menggunakan kata depan di dan ke
§  Bertanya jawab tentang macam-macam mainan yang digerakkan angin
§  Menyimak penjelasan tentang sifat-sifat gas
§  Membuat model kapal-kapalan dari kertas
§  Memperagakan cara menerbangkan kapal-kapalan

Individual




Klasikal

180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini dan memajangkan hasil karya siswa
Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 11
Mata Pelajaran: IPA, Matematika          
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·      Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yan akan diukur
·      Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda cair
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Bertanya jawab tentang pengalaman membeli benda cair (minyak tanah, minyak goreng, dll)

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Mengamati gambar macam-macam alat ukur
§  Bertanya jawab tentang kegunaan masing-masing alat ukur pada gambar
§  Disajikan beberapa gambar alat ukur dan cerita, siswa diminta memillih alat ukur dibutuhkan pada cerita
§  Siswa diminta menyebutkan alat ukur untuk benda cair
§  Melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat air,yaitu:
-       Mengamati air pada gelas dan baskom
-       Mengamati permukaan air tenang
-       Mengalirkan air ke tempat yang lebih rendah dengan selang
-       Memperagakan air meresap melalui celah-celah kecil
§  Melaporkan hasil percobaan

Klasikal





Klompok
180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran tentang sifat-sifat benda cair dan alat ukur benda cair

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 12
Mata Pelajaran: Matematika,BahasaIndonesia
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator   :
Hari /Tanggal : ………………………
§  Menentukan hubungan antarsatuan berat: kg, ons, dan gram
·      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
·      Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar
·      Menulis kalimat dengan tanda seru
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Menyimak penjelasan tentang satuan berat: kg, ons, gram
§  Memperagakan mengukur berat benda dengan timbangan kue
§  Mencatat pada tabel berat benda yang diukur dalam satuan kg, ons, gram
§  Menyimpulkan hubungan antarsatuan kg, ons, gram
§  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk berbelanja (misal:  membeli 1 kg gula, ½ kg telur, 2 ons mentega)
§  Siswa diminta mengubah kalimat petunjuk menjadi kalimat perintah (dengan tanda seru)
§  Memperagakan kegiatan berbelanja sesuai penjelasan

Klasikal





Individual

180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan siswa tentang hubungan antarsatuan berat: kg, ons, dan gram

Kalsikal
15 Menit


Pertemuan ke 13
Mata Pelajaran : PKn, IPA
Alokasi waktu : 5 X 35 Menit              
Indikator     :
Hari /Tanggal : ……..……………………
§  Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·      Menceritakan kegiatan pemuda yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
·      Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kalsikal
15 menit
B
Inti
§  Menyimak penjelasan tentang makna sumpah pemuda
§  Bertanya jawab tentang kegiatan kepemudaan di lingkungannya
§  Membuat daftar kegiatan remaja dan pemuda di lingkungannya
§  Mengamati gambar/ foto lingkungan sehat dan tidak sehat
§  Menuliskan manfaat bertempat tinggal di lingkungan sehat
§  Menjelaskan akibat jika tinggal di lingkungan tidak sehat
§  Menceritakan kegiatan pemuda dalam menjaga kesehatan lingkungan

Klasikal



Kelompok

145 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini yang menekankan pada pentingnya pemuda aktif menjaga kesehatan lingkungan

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 14
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator     :
Hari /Tanggal : ……..………………
§  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
·      Menyimpulkan isi teks dengan kata-kata atau kalimat sendiri
·      Menulis kalimat yang menggunakan tanda hubung
·      Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·      Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, memeriksa kebersihan badan, gigi dan kuku siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Membaca teks Kegiatanku (Jadwal Kegiatan: 05.00 bangun, 06.30 berangkat sekolah, dst)
§  Mencari kata yang menggunakan tanda hubung pada teks bacaan
§  Menuliskan kalimat lain yang menggunakan tanda hubung
§  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
§  Menyimpulkan isi teks dengan bahasa sendiri
§  Menunjukkan tanda waktu pada teks bacaan Kegiatanku
§  Menggerakkan jarum jam sesuai waktu pada teks bacaan
§  Menggambar jam sesuai pernyataan tanda waktu

Individu







180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang tanda waktu
§  Penilaian dan pemajangan karya siswa
Kalsikal
15 Menit


Pertemuan ke 15
Mata Pelajaran : IPS, Bahasa Indonesia
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator     :
Hari /Tanggal : ……..……………………
§  Menjelaskan akibat jika tidak memelihara lingkungan
·    Menyusun paragraf dari dari kalimat acak dengan memperhatikan ketepatan penggunaan
    ejaan
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Menyimak penjelasan tentang kenampakan lingkungan alam (sungai, gunung, laut, dll) dan lingkungan buatan ( taman, gedung, waduk, kollam, dll)
§  Menuliskan manfaat lingkungan alam dan buatan bagi manusia
§  Mendiskusikan akibat jika tidak memelihara lingkungan
§  Disajikan 4 kalimat acak tentang memelihara lingkungan, siswa diminta menyusunnya menjadi sebuah paragraf padu
§  Aktif berlatih meyusun kalimat acak tentang lingkungan menjadi sebuah paragraf

Klasikal




Kelompok



Individual
180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang lingkungan dan manfaatnya bagi manusia
§  Penilaian dan pemajangan karya terbaik siswa

Kalsikal
15 Menit

Pertemuan ke 16
Mata Pelajaran : Matematika, IPA
Alokasi waktu : 6 X 35 Menit              
Indikator     :
Hari /Tanggal : ……..……………………
§  Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit,jam, minggu, bulan dan tahun
·      Mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Pembuka
§  Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§  Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§  Menyanyikan lagu Nama-nama Hari

Kalsikal
15 Menit
B
Inti
§  Bertanya jawab tentang nama-nama bulan Masehi
§  Mengamati Kalender masehi kemudian menghitung jumlah minggu dan hari pada setiap bulan
§  Melengkapi tabel hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, minggu, bulan dan tahun
§  Mengamati gambar pencemaran lingkungan
§  Mendiskusikan tentang penyebab pencemaran lingkungan
§  Melaporkan hasil diskusi

Klasikal




Kelompok

180 Menit
C
Penutup
§  Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang hubungan antarsatuan waktu
§  Bercerita yang menekankan pada pesan agar menjaga lingkungan serta tidak boleh melakukan pencemaran lingkungan
Kalsikal
15 Menit

IX.        PENILAIAN
1. Teknik tes    : Tertulis, Lisan dan Perbuatan
2. Prosedur tes                : Proses tes dan Post tes
3. Bentuk                         : Uraian. Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen    :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dengan mengamati aktivitas siswa,
terutama ketika diskusi kelompok/ kelas


No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Nilai
Keberanian
Keaktifan
Kerja sama
1  -  3
1  -  3
 1  -  4
1.
2.
3.
dst






B. Penampilan ( Membaca Bersuara)
No
Aspek Penilaian
Bobot nilai
1.
Keberanian dan percaya diri
2
2.
Kejelasan ucapan
4
3.
Ketepatan intonasi sesuai tanda baca
4

C. Hasil karya tertulis (karangan, teks percakapan)
No
Aspek Penilaian
Bobot nilai
1.
Keruntutan dan kesesuaian cerita
4
2.
Penggunaan ejaan dan tanda baca
2
3.
Pemilihan kata dan keterpaduan kalimat
2
4.
Kerapihan tulisan
2

D.  Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir tema, (soal terlampir)


X.         ALAT DAN SUMBER
A. Sumber Belajar
·                Buku PKn SD Kelas 3
·                Buku Bahasa Indonesia SD Kelas 3
·                Buku IPA SD Kelas 3
·                Buku IPS SD Kelas 3
·                Buku Matematika SD Kelas 3
·                Buku SBK  SD Kelas 3

B. Alat peraga
·                Chart Teks Sumpah Pemuda
·                Gambar/foto lingkungan sehat dan tidak sehat
·                Model Jam
·                Gambar lingkungan alam dan buatan
·                Timbangan Kue






Mengetahui
Kepala Sekolah

…………….., ………………. 20…..
Guru Kelas III



………………………………….
NIP.




………………………………….
NIP.

No comments: