RPP TEMATIK TEMA KEGIATAN KELAS 3 KURTILAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SD : …………………………
Mata Pelajaran :
Tematik
Tema :
Kegiatan
Kelas / Semester : III/1
I.
STANDAR KOMPETENSI
Pendidikan Kewarganegaraan
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan
Membaca
3. Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif dan membaca dongeng
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam bentuk paragraf atau puisi
Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga
angka
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat
dalam pemecahan masalah
Ilmu Pengetahuan Alam
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Ilmu Pengetahun Sosial
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
Seni budaya dan Keterampilan
Seni Rupa
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni Musik
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Keterampilan
7. Membuat benda yang dapat digerakkan angin secara
sederhana
II.
KOMPETENSI DASAR
Pendidikan Kewarganegaraan
1.1 Mengenal makna satu nusa,
satu bangsa, dan satu bahasa
1.2 Mengamalkan nilai-nilai
sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
2.3 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan ntonasi yang
tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Matematika
1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian
bilangan tiga angka
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
2.1 Memilih alat ukur yang sesuai dengan fungsinya
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan
antar satuan berat
Ilmu Pengetahuan Alam
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputi benda padat, cair dan gas
Ilmu Pengetahun Sosial
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
Seni budaya dan Keterampilan
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri
sendiri
4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, lagu anak-anak dengan atau
tanpa iringan sederhana
7.3 Membuat benda yang dapat digerakan angin dari bahan kertas
III.
INDIKATOR
Pendidikan
Kewarganegaraan
· Menyebutkan tokoh pemuda pada Konges Pemuda
· Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I
· Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda II
· Menjelaskan peranan masing-masing tokoh dalam
peristiwa 28 Oktober 1928
· Menceritakan peristiwa pertama kali Sumpah Pemuda
dibacakan
· Menceritakan peranan Sumpah Pemuda dalam
mempersatukan Indonesia
Bahasa
Indonesia
· Mendengarkan penjelasan tentang menolong teman
· Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang
menolong teman
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan
· Melakukan percakapan tentang pengalaman
· Menanggapi cerita pengalaman teman
· Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
· Membuat kesimpulan isi bacaan
· Mengemukakan pendapat sesuai isi bacaan
· Menulis kalimat dengan menggunakan tanda koma
untuk memisahkan rupiah dan sen
· Menyusun paragraf dari dari kalimat acak dengan memperhatikan ketepatan penggunaan
ejaan
Matematika
· Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan
· Menentukan pola pada barisan bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan
hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Melakukan operasi hitung campuran perkalian dan
pembagian
· Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dan pembagian
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yan
akan diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat
jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum
jam
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit,jam,
minggu, bulan dan tahun
· Menentukan hubungan antarsatuan berat: kg, ons,
dan gram
Ilmu
Pengetahuan Alam
· Mempraktekan cara merawat tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat
· Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan tidak
sehat
· Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda
padat
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran lingkungan
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda
cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda gas
Ilmu
Pengetahun Sosial
· Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara
yang baik
· Menjelaskan akibat jika tidak memelihara
lingkungan
· Mempraktekan cara memlihara lingkungan buatan
· Menuliskan pengalaman tentang kerjasama di
lingkungan sekolah
· Menjelaskan manfaat kerjasama dalam bekerja
Seni
budaya dan Keterampilan
· Menyanyikan lagu wajib nasional Satu Nusa Satu
Bangsa
· Menggambar tanaman sedang merawat tanaman
· Membuat kapal-kapalan dari kertas
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat:
· Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa melalui teks sumpah pemuda
· Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa melalui lagu Satu Nusa Satu Bangsa
· Menceritakan upaya menggalang persatuan dan
kesatuan melalui kegiatan kepemudaan
· Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa melalui sejarah latar belakang lahirnya Sumpah Pemuda
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
· Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif
· Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang
tepat
· Menyusun paragraf dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
· Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada
garis bilangan
· Menentukan pola pada barisan bilangan
· Melakukan operasi hitung campuran dengan mengubah
bentuk perkalian menjadi pembagian atau sebaliknya
· Menggunakan alat ukur yang tepat dalam kehidupan
sehari-hari
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu dan
antarsatuan berat
· Memelihara makhluk hidup melalui peragaan
· Mebedakan sifat-sifat khusus pada benda padat,
cair dan gas
· Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
melalui pembuatan kliping
· Memelihara lingkungan alam dan buatan dengan baik
· Menjelaskan akibat jika tidak memelihara
lingkungan
· Menunjukkan kerjasama di lingkungan sekolah
· Menyanyikan lagu wajib nasional
V.
MATERI AJAR
· Sumpah Pemuda
· Cerita / kasus
· Bahan Penjelasan
· Teks 20-25 kalimat
· Teks 100-150 kata
· Garis bilangan
· Operasi hitung campuran (perkalian dan pembagian)
· Hubungan antar satuan waktu dan berat
· Makhluk Hidup
· Kesehatan Lingkungan
· Sifat-sifat benda padat, cair dan gas
· Lingkungan alam dan buatan
· Kerjasama di sekolah
VI.
ALOKSI WAKTU : 5 x 35 Menit
VII. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi, Pemberian Tugas, Latihan
VIII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1
Mata Pelajaran: PKn , Bahasa Indonesia
|
Alokasi waktu : 5 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari /Tanggal : ………………………
|
§ Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·
Menghafal teks Sumpah Pemuda
·
Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
(berdoa, memeriksa kebersihan badan, gigi dan kuku siswa) ( Religius )
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Klasikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Membaca bersuara tentang peristiwa Sumpah Pemuda
§ Menyimak penjelasan tentang Sumpah Pemuda
§ Membaca teks Sumpah Pemuda dengan lafal dan
intonasi yang tepat
§ Menghapal teks Sumpah Pemuda
§ Secara bergiliran, siswa sudah hapal memimpin
siswa lain mengucapkan Sumpah Pemuda
§ Menuliskan teks Sumpah Pemuda
|
Klasikal
Individual
|
140 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang sumpah
Pemuda
§ Melaksanakan tes lisan mengucapkan Sumpah Pemuda
|
Klasikal
Individual
|
20 Menit
|
Pertemuan ke 2
Mata Pelajaran: Matematika, IPA SBK
|
Alokasi waktu
: 6X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Menentukan posisi bilangan pada garis bilangan
· Menentukan
pola pada barisan bilangan
· Mempraktekan cara merawat tanaman
· Menggambar
tanaman sedang merawat tanaman
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
(berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Klasikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Mengamati garis bilangan
§ Melakukan tanya jawab tentang posisi suatu
bilangan pada garis bilangan
§ Melengkapi garis bilangan dengan dengan tepat
§ Menyimak penjelasan tentang pola bilangan
§ Berlatih menentukan suatu bilangan sesuai dengan
pola bilangannya
§ Menyimak cerita tentang merawat tanaman, seperti
pola waktu menyiram 2 hari sekali, menyiangi 10 hari sekali
§ Salah seorang siswa diminta memperagakan cara
merawat tanaman kemudian siswa lain memberi komentar
§ Menggambar tanaman atau orang sedang merawat
tanaman
|
Klasikal
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menilai dan memajangkan karya siswa
§ Pemberian tugas membawa satu gambar lingkungan
sehat
|
Klasikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 3
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, IPS
|
Alokasi
waktu : 6X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
· Menceritakan kembali isi teks yang dibaca dengan bahasa sendiri
· Memberi
contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
(berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Menyanyikan lagu Desaku yang Kucinta
|
Klasikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Membaca teks tantang “ Memelihara Lingkngan
Alam”
§ Mencari kosa kata baru dari teks yang dibaca
§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang dibaca
§ Secara bergiliran siswa diminta menceritakan
kembali isi teks yang dibaca dengan
bahasa sendiri
§ Menuliskan contoh-contoh memelihara lingkungan
alam dengan cara yang baik
|
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini yang menekankan
pada pentingnya memelihara lingkungan alam
§ Penilaian terhadap jawaban siswa tentang isi
teks dan cara memalihara tanaman
|
Klasikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 4
Mata Pelajaran: IPA, Matematika
|
Alokasi
waktu : 6X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat
· Mengubah
bentuk perkalian menjadi pembagian
· Membedakan
bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
(berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Memelihara kebersihan badan, kuku, gigi dan
pakaian
§ Bercerita tentang lingkungan sehat
|
Klasikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Siswa diminta menunjukkan gambar/foto lingkungan
sehat yang dibawanya
§ Membuat kliping tentang lingkungan sehat pada
kertas manila
§ Menuliskan pendapat / komentar pada setiap
gambar
§ Penjelasan tentang bentuk perkalian (Misalnya:
Ketika membuat kliping setiap kelompok 6 orang semuanya 7 kelompok, jadi
jumlah siswa 42 orang)
§ Tanya jawab tentang cara mengubah bentuk
perkalian menjadi pembagian
§ Aktif berlatih mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian
|
Individual
Kelompok
Klasikal
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini pentingnya
lingkungan sehat
§ Penilaian dan pemajangan kliping
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 5
Mata Pelajaran: PKn, Bahasa Indonesia, SBK
|
Alokasi
waktu : 5 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Mengaitkan Sumpah Pemuda dengan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
· Memberikan
tanggapan dan saran sederhana
· Menyanyikan
lagu wajib nasional Satu Nusa Satu Bangsa
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Bertanya jawab tentang pelaksanakan upacara
pengibaran bendera yang menyanyikan lagu wajib
|
Kalsikal
|
15 menit
|
B
|
Inti
§ Membaca teks lagu Satu nusa Satu Bangsa
§ Bertanya jawab tentang isi lagu
§ Menyimak panjelasan tentang kaitan Sumpah Pemuda
dengan lagu Satu nusa Satu Bangsa
§ Berdikusi untuk memberi tanggapan dan saran
terhadap sikap siswa yang tidak serius pada saat upacara / menyanyikan lagu
wajib
§ Guru membimbing siswa belajar menyanyikan lagu
Satu nusa Satu Bangsa
|
Klasikal
Kelompok
Klasikal
|
145 Menit
|
C
|
Penutup
§ Tes perbuatan menyanyikan lagu Satu nusa Satu
Bangsa
§ Pemantapan yang menekankan pada
pentingnyabersikap dsiplin dalam mengikuti upacara
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 6
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§ Mendengarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan melalui telepon
· Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan
· Mengubah
bentuk pembagian menjadi perkalian
· Melakukan
operasi hitung campuran perkalian dan pembagian
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran (
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Bertanya jawab tentang pengalaman bertelepon
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Menyimak penjelasan tentang cara penggunaan
telepon
§ Memperagakan menggunakan telepon rumah
§ Membuat percakapan telepon tentang pengerjaan PR
matematika perkalian dan pembagian
§ Membacakan teks percakapan
§ Mengingat kembali hubungan perkalian dan
pembagian
§ Bertanya jawab tentang cara mengubah bentuk
pembagian menjadi perkalian
§ Aktif berlatih tentang operasi hitung campuran
perkalian dan pembagian
|
Klasikal
Berpasangan
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan
siswa
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 7
Mata Pelajaran: IPA, Bahasa Indonesia, IPS
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan tidak sehat
· Memberikan
tanggapan dan saran sederhana
· Mempraktekan cara memelihara lingkungan buatan
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyiapkan alat dan bahan pembuatan kliping
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Siswa diminta menunjukkan gambar/ foto
lingkungan yang tidak sehat
§ Siswa diminta memberi tanggapan dan saran
sederhana terhadap salah satu gambar
§ Membuat kliping dengan cara menempelkan
foto/gambar pada kertas manila
§ Menuliskan tanggapan dan saran di bawah setiap
gambar/ foto
§ Setiap kelompok mempresentasikan kliping serta
tanggapan dan sarannya, siswa atau kelompok lain menanggapi
§ Beberapa siswa diminta memperagakan cara
memelihara lingkungan buatan
|
Individual
Kelompok
Klasikal
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran menekankan pada
pesan-pesan tentang pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 8
Mata Pelajaran: Matematika, IPA,B.Indonesia
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
· Menggunakan huruf kafital dan tanda baca pada
kalimat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda
padat
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Membaca soal cerita tentang perkalian dan
pembagian
§ Siswa diminta menunjukkan huruf kafital dan
tanda baca pada soal cerita
§ Menuliskan kata-kata yang menggunakan huruf
kafital
§ Menyalin soal cerita dengan ejaan yang benar
§ Membuat kalimat matematika dari soal cerita
§ Menentukan jawaban dari soal cerita
§ Aktif berlatih menyelesaikan soal cerita tentang
perkalian dan pembagian
§ Bertanya jawab tentang benda padat pada soal
cerita (misal: apel, kelereng, pensil dll)
§ Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat pada
benda padat dan menuliskannya
|
Individual
Klasikal
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan
siswa
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 9
Mata
Pelajaran : PKn, IPS
|
Alokasi
waktu : 5 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
· Menjelaskan latar belakang terwujudnya sumpah
pemuda
· Menyebutkan nama-nama organisasi pemuda yang
bersifat kedaerahan
· Menuliskan pengalaman tentang kerjasama di
lingkungan sekolah
· Menjelaskan manfaat kerjasama dalam bekerja
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 menit
|
B
|
Inti
§ Membaca buku sumber tentang latar belakang
terwujudnya Sumpah Pemuda
§ Bertanya jawab tentang nama-nama organisasi
pemuda yang bersifat kedaerahan
§ Bermain peran tentang tokoh-tokoh organisasi
kedaerahan yang menyadari pentingnya organisasi tunggal serta kerjasama
mencapai satu tujuan
§ Menggali pengalaman siswa tentang kegiatan
kerjasama di lingkungan sekolah
§ Menuliskan manfaat kerjasama dalam bekerja
|
Individual
Kelompok
Klasikal
|
145 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini dan memberi
nasihat tentang pentingnya bersatu dan kerjasama dalam bekerja
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 10
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia, IPA, SBK
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
· Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang
tepat
· Menggunakan kata depan di- dan ke-
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda gas
· Membuat kapal-kapalan dari kertas
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Membaca bersuara secara bergiliran dan
berkesinambungan (melanjutkan bacaan teman) teks bacaan Bermain Layang-layang
§ Mencari kata depan di dan ke pada teks bacaan
§ Menuliskan kalimat yang menggunakan kata depan
di dan ke
§ Bertanya jawab tentang macam-macam mainan yang
digerakkan angin
§ Menyimak penjelasan tentang sifat-sifat gas
§ Membuat model kapal-kapalan dari kertas
§ Memperagakan cara menerbangkan kapal-kapalan
|
Individual
Klasikal
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini dan memajangkan hasil
karya siswa
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 11
Mata Pelajaran: IPA, Matematika
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih
alat ukur yang sesuai dengan benda yan akan diukur
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus pada benda
cair
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Bertanya jawab tentang pengalaman membeli benda
cair (minyak tanah, minyak goreng, dll)
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Mengamati gambar macam-macam alat ukur
§ Bertanya jawab tentang kegunaan masing-masing
alat ukur pada gambar
§ Disajikan beberapa gambar alat ukur dan cerita,
siswa diminta memillih alat ukur dibutuhkan pada cerita
§ Siswa diminta menyebutkan alat ukur untuk benda
cair
§ Melakukan percobaan untuk membuktikan
sifat-sifat air,yaitu:
-
Mengamati air pada gelas dan baskom
-
Mengamati permukaan air tenang
-
Mengalirkan air ke tempat yang lebih rendah dengan selang
-
Memperagakan air meresap melalui celah-celah kecil
§
Melaporkan hasil percobaan
|
Klasikal
Klompok
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran tentang sifat-sifat benda
cair dan alat ukur benda cair
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 12
Mata Pelajaran: Matematika,BahasaIndonesia
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ………………………
|
§
Menentukan hubungan antarsatuan berat: kg, ons, dan gram
· Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
· Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar
· Menulis
kalimat dengan tanda seru
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Menyimak penjelasan tentang satuan berat: kg,
ons, gram
§ Memperagakan mengukur berat benda dengan
timbangan kue
§ Mencatat pada tabel berat benda yang diukur
dalam satuan kg, ons, gram
§ Menyimpulkan hubungan antarsatuan kg, ons, gram
§ Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
berbelanja (misal: membeli 1 kg gula,
½ kg telur, 2 ons mentega)
§ Siswa diminta mengubah kalimat petunjuk menjadi
kalimat perintah (dengan tanda seru)
§ Memperagakan kegiatan berbelanja sesuai
penjelasan
|
Klasikal
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan dan pembahasan hasil pekerjaan
siswa tentang hubungan antarsatuan berat: kg, ons, dan gram
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 13
Mata Pelajaran : PKn, IPA
|
Alokasi
waktu : 5 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ……..……………………
|
§
Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
· Menceritakan kegiatan pemuda yang berupaya
menggalang persatuan dan kesatuan
· Membandingkan lingkungan sehat dan tidak sehat
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 menit
|
B
|
Inti
§ Menyimak penjelasan tentang makna sumpah pemuda
§ Bertanya jawab tentang kegiatan kepemudaan di
lingkungannya
§ Membuat daftar kegiatan remaja dan pemuda di
lingkungannya
§ Mengamati gambar/ foto lingkungan sehat dan
tidak sehat
§ Menuliskan manfaat bertempat tinggal di
lingkungan sehat
§ Menjelaskan akibat jika tinggal di lingkungan
tidak sehat
§ Menceritakan kegiatan pemuda dalam menjaga
kesehatan lingkungan
|
Klasikal
Kelompok
|
145 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini yang menekankan
pada pentingnya pemuda aktif menjaga kesehatan lingkungan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 14
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia, Matematika
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ……..………………
|
§
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
· Menyimpulkan isi teks dengan kata-kata atau
kalimat sendiri
· Menulis
kalimat yang menggunakan tanda hubung
· Membaca
tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
· Membaca
tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, memeriksa kebersihan badan, gigi dan kuku siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Membaca teks Kegiatanku
(Jadwal Kegiatan: 05.00 bangun, 06.30 berangkat sekolah, dst)
§ Mencari kata yang menggunakan tanda hubung pada
teks bacaan
§ Menuliskan kalimat lain yang menggunakan tanda
hubung
§ Menjawab pertanyaan tentang isi teks
§ Menyimpulkan isi teks dengan bahasa sendiri
§ Menunjukkan tanda waktu pada teks bacaan Kegiatanku
§ Menggerakkan jarum jam sesuai waktu pada teks
bacaan
§ Menggambar jam sesuai pernyataan tanda waktu
|
Individu
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang tanda
waktu
§ Penilaian dan pemajangan karya siswa
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 15
Mata Pelajaran : IPS, Bahasa Indonesia
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari /Tanggal
: ……..……………………
|
§
Menjelaskan akibat jika tidak memelihara lingkungan
· Menyusun
paragraf dari dari kalimat acak dengan memperhatikan ketepatan penggunaan
ejaan
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Menyimak penjelasan tentang kenampakan
lingkungan alam (sungai, gunung, laut, dll) dan lingkungan buatan ( taman,
gedung, waduk, kollam, dll)
§ Menuliskan manfaat lingkungan alam dan buatan
bagi manusia
§ Mendiskusikan akibat jika tidak memelihara
lingkungan
§ Disajikan 4 kalimat acak tentang memelihara
lingkungan, siswa diminta menyusunnya menjadi sebuah paragraf padu
§ Aktif berlatih meyusun kalimat acak tentang
lingkungan menjadi sebuah paragraf
|
Klasikal
Kelompok
Individual
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang
lingkungan dan manfaatnya bagi manusia
§ Penilaian dan pemajangan karya terbaik siswa
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
Pertemuan ke 16
Mata Pelajaran : Matematika, IPA
|
Alokasi
waktu : 6 X 35 Menit
|
Indikator :
|
Hari
/Tanggal : ……..……………………
|
§
Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit,jam, minggu, bulan dan
tahun
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran
lingkungan
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Pembuka
§ Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
berdoa, membaca Al-Quran, menertibkan siswa)
§ Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
§ Menyanyikan lagu Nama-nama Hari
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
B
|
Inti
§ Bertanya jawab tentang nama-nama bulan Masehi
§ Mengamati Kalender masehi kemudian menghitung
jumlah minggu dan hari pada setiap bulan
§ Melengkapi tabel hubungan antarsatuan waktu:
menit, jam, minggu, bulan dan tahun
§ Mengamati gambar pencemaran lingkungan
§ Mendiskusikan tentang penyebab pencemaran
lingkungan
§ Melaporkan hasil diskusi
|
Klasikal
Kelompok
|
180 Menit
|
C
|
Penutup
§ Menyimpulkan pelajaran hari ini tentang hubungan
antarsatuan waktu
§ Bercerita yang menekankan pada pesan agar
menjaga lingkungan serta tidak boleh melakukan pencemaran lingkungan
|
Kalsikal
|
15 Menit
|
IX.
PENILAIAN
1. Teknik tes : Tertulis, Lisan
dan Perbuatan
2. Prosedur tes :
Proses tes dan Post tes
3. Bentuk :
Uraian. Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dengan mengamati
aktivitas siswa,
terutama ketika diskusi kelompok/ kelas
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Nilai
|
||
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kerja sama
|
|||
1 - 3
|
1 - 3
|
1 - 4
|
|||
1.
2.
3.
dst
|
|
|
|
|
|
B. Penampilan ( Membaca Bersuara)
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot nilai
|
1.
|
Keberanian dan percaya diri
|
2
|
2.
|
Kejelasan ucapan
|
4
|
3.
|
Ketepatan intonasi sesuai tanda baca
|
4
|
C. Hasil karya tertulis (karangan, teks percakapan)
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot nilai
|
1.
|
Keruntutan dan kesesuaian cerita
|
4
|
2.
|
Penggunaan ejaan dan tanda baca
|
2
|
3.
|
Pemilihan kata dan keterpaduan kalimat
|
2
|
4.
|
Kerapihan tulisan
|
2
|
D. Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir tema, (soal terlampir)
X.
ALAT DAN SUMBER
A. Sumber
Belajar
·
Buku PKn SD Kelas 3
·
Buku Bahasa Indonesia SD Kelas 3
·
Buku IPA SD Kelas 3
·
Buku IPS SD Kelas 3
·
Buku Matematika SD Kelas 3
·
Buku SBK SD Kelas 3
B. Alat peraga
·
Chart Teks Sumpah Pemuda
·
Gambar/foto lingkungan sehat dan tidak sehat
·
Model Jam
·
Gambar lingkungan alam dan buatan
·
Timbangan Kue
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
……………..,
………………. 20…..
Guru Kelas III
|
………………………………….
NIP.
|
|
………………………………….
NIP.
|
No comments:
Post a Comment