contoh RPP PKN Kelas 5 kurtilas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN ARAHAN KIDUL II
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
II. Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
III.Indikator
-
Menjelaskan
pengertian NKRI
-
Menyebutkan
dasar hukum NKRI.
-
Menjelaskan
satuan daerah otonom dalam NKRI.
-
Menjelaskan
tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
-
Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI
-
Menyebutkan
posisi lintang dan bujur NKRI.
-
Memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
-
Menjelaskan
fungsi wilayah daratan NKRI.
-
Menjelaskan
fungsi wilayah laut NKRI.
-
Menjelaskan
fungsi wilayah udara NKRI.
IV. Tujuan Pembelajaran
–
Siswa dapat
mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.(Cinta tanah air)
–
Siswa dapat
mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya(cinta tanah air).
–
Siswa dapat
memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. (cinta tanah air).
–
Siswa memahami
fungsi wilayah darat NKRI. (cinta tanah air).
–
Siswa memahami
fungsi wilayah laut NKRI. (cinta tanah air).
–
Siswa memahami
fungsi wilayah udara NKRI. (cinta tanah air)
V. Materi Pokok
–
Batas wilayah
NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
–
Fungsi wilayah
darat, laut, dan udara NKRI.
VI. Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
VII.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
–
Pendekatan
Kontekstual.
–
Diskusi dengan
teman sebangku.
–
Tanya jawab.
–
Ceramah.
–
Penugasan.
VIII. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pengelolaan
Kelas
|
||
waktu
|
siswa
|
Nilai Pendidikan yang dikembangkan
|
||
A.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
|
– Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru
dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
|
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Relijius
Disiplin
Cinta
tanah air
|
|
B.
|
INTI
|
40
menit
|
|
|
–
Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua
siswa.
– Guru menjelaskan
batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
–
Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan
berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
–
Guru menyiapkan kelas diskusi.
–
Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan
panduan guru.
–
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.
–
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
–
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Grup
Grup
Indfividu
Klasikal
|
Cinta
tanah air
Demontrasi
Komunikatif
Menghargai
prestasi
Komunikatif
|
|
C.
|
PENUTUP
|
20
menit
|
|
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
– Siswa
dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan
itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar. ( komunikatif)
– Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.( komunikatif )
– Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. ( relijius )
|
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Komunikatif
Bersahabat
Relijius
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pengelolaan
Kelas
|
|||
waktu
|
siswa
|
Nilai Pendidikan yang dikembangkan
|
|||
A.
|
PENDAHULUAN
|
10
menit
|
|
|
|
– Siswa
dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru
dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut,
dan pengalaman naik pesawat terbang.
|
|
klasikal
klasikal
klasikal
|
Relijius
Cinta
tanah air
komunikatif
|
||
B.
|
INTI
|
40 menit
|
|
|
|
–
Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah
darat, laut, dan udara NKRI.
–
Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
–
Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
–
Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
–
Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
–
Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
–
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
–
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber,
–
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
–
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
dalam mencapai kompetensi dasar:
–
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
–
membantu menyelesaikan masalah;
–
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
–
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
–
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
|
|
klasikal
grup
grup
grup
grup
grup
grup
grup
grup
grup
klasikal
grup
klasikal
grup
klasikal
individu
klasikal
klasikal
klasikal
|
|
||
Cinta tanah air
Komunikatif
Demontrasi
Tanggung
jawab
Kreatif
Komunikatif
Bersahabat
Komunikatif
Mandiri
Bersahabat
Kreatif
Menghargai
prestasi
Komunikatif
Bersahabat.
mandiri
kreatif
kreatif
semangat kebangsaan
|
|||||
C.
|
PENUTUP
|
20
menit
|
|
|
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
–
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
–
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
–
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
–
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
–
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya peta dunia.
|
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Individu
individu
|
Kreatif
Menghargai
prestasi
Komunikatif
Mandiri
Tanggung
jawab.
Cinta
tanah air
|
IX.
Sumber/Bahan Belajar
-
Gambar/foto
tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan
udara.
-
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
(BSE)untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Pusat perbukuan.
X.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar
hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan
daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang
hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§ Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan
pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi
utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau
perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi
lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi
wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi
wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi
wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi
kelompok
§ Diskusi
kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk
kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan
negara berbentuk ....
§ Satuan daerah
otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki
bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu
mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI
adalah ....
§ Batas selatan NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI
adalah ....
§ Batas timur NKRI
adalah ....
§ Indonesia terletak
di ... derajat ...
§ sampai ... derajat
..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat
....
§ Fungsi wilayah
daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut
NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah
udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi
Eksklusif adalah ....
|
Mengetahui
Kepala sekolah,
NURSILAH, S.Pd
NIP.: 196402041984102002
|
Arahan, ....................................... 20 .....
Guru Kelas V,
AKHMAD NAKIDIN,
S.Pd.I
NIP.: 196507032007011011
|
No comments:
Post a Comment