Tuesday, 8 March 2016

contoh program tahunan kurtilas

contoh program tahunan kurtilas















contoh program tahunan kurtilas

PROGRAM TAHUNAN
Tahun pelajaran : 2015 – 2016

SEKOLAH                            : SDN Pranggong III
MATA PELAJARAN          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS                                  : I
SEMESTER                          : 1 ( Ganjil )


No.
Kompetensi Isi
Kompetensi Dasar
Sub KD
Alokasi Waktu
Ket.
PELAJARAN 1 (  Kasih Sayang )
1.
3. Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah.
3.12  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Kasih sayang Nabi Muhammad saw.


2.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.

4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammada saw. 


Kasih sayang Allah swt


PELAJARAN  2  ( Aku cinta al-Qur’an)
3.
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.5
    Terbiasa membaca basmalah setiap memulai aktivitas.
Baca Basmalah


4.
4.  Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.

4.2.1 Melafalkan surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
Lafal QS al-Fatihah dan al-Ikhlas


4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar
dan jelas.
Lafal QS al-Fatihah dan al-Ikhlas


5.
3.  Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah.
3.2
Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.s. al-Fatihah, al-
Ikhlas dan al-’Alaq/96: 1-5.
Pesan QS al-Fatihah dan al-Ikhlas


6.
4.  Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.

4.1
Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.
Lafal Huruf Hijaiyah dan Harokatnya


PELAJARAN 3 ( Iman kepada Allah Swt )
7.
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.2
Meyakini adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayan
Yakin Allah swt. itu ada


8.
3. Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.2
Mengenal keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya
dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
Allah Swt. Itu Esa


PELAJARAN 4 ( Bersih itu Sehat )
9.
3. Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.6.
Mengenal tata cara bersuci.
Bersuci


10.
4.  Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.

4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci.
Tata cara bersuci


11.
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pendidik.
1.4
Terbiasa bersuci sebelum beribadah.
2.8
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna bersuci.

Hidup bersih


PELAJARAN 5  (Cinta Nabi dan Rasu )

12.
3.      Memahamipengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.        Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkn anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlaq mulia.


3.8
Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Keteladanan Nabi Adam as.


3.10
Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.

4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Nuh as.


3.11 Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Hud as.


Jumlah







Kepala Sekolah,




SUKENDAR, S.Pd.
NIP: 196606261988031010
Pranggong ,                          20…

Guru PAI,




AKHMAD NAKIDIN, S.Pd.I
NIP: 196507032007011011


No comments: