contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 2 Kurtinem
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Tematik ( PKn
dan Bahasa Indonesia )
Tema : Kegiatan
Kelas / Semester : II / I
Hari / Tanggal : ...............................................
I.
Standar
Kompetensi
1.
PKn
1.1. Membiasakan hidup bergotong royong
1.
Bahasa
Indonesia
3.1.
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
II.
Kompetensi
Dasar
1.
PKn
1.1. Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
1.
Bahasa
Indonesia
1.1. Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat sendiri isi teks pendek.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
PKn
§ Menjelaskan arti tolong menolong.
§ Menyebutkan contoh-contoh saling
berbagi di sekolah.
Bahasa Indonesia
-
Mendengarkan teks pendek yang
dibacakan.
-
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata
sesuai isi teks.
-
Menceritakan kembali isi teks dengan
bahasa sendiri.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa
dapat Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
-
Siswa
dapat Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks
pendek.
V.
Materi
Ajar
-
Tolong
Menolong
-
Teks
Pendek
VI.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Latihan
/ Penugasan
VII.
Alokasi
Waktu
5
x 35 menit ( 1 x pertemuan )
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Nilai Pendikar yang dikembangkan
|
|
Siswa
|
Waktu
|
|||
A.
|
Pendahuluan
- Membangkitkan minat siswa dengan cara
mengamati dan bertanya jawab gambar kegiatan tolong menolong di sekolah.
- Memotivasi siswa dengan cara menyanyikan
lagu sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
|
Klasikal
|
35 menit
|
- Kreatif
- Disiplin
- Kerja keras
- Bersahabat
|
B.
|
Kegiatan Inti
-
Menerangkan arti tolong
menolong.
-
Mengidentifikasi
contoh-contoh saling tolong menolong di sekolah.
-
Melakukan pengamatan
melalui gambar kegiatan tolong menolong di sekolah.
-
Menyimak teks
pendek yang dibacakan guru yang berjudul “Membuat Layang-Layang”.
-
Melengkapi
kalimat yang rumpang yang diucapkan guru dari teks “Bobi mengajari ......
membuat layang-layang.
-
Menceritakan
kembali isi teks“Membuat Layang-Layang”. yang dibacakan guru dengan bahasa sendiri,
siswa lain menanggapi.
|
Klasikal
Individual
|
105 menit
|
- Mandiri
- Cinta tanah air
- Toleransi
- Peduli sosial
- Peduli lingkungan
|
C.
|
Penutup
- Melakukan refleksi dengan menanyakan
kepada siswa, bagaimana pembelajaran hari ini, apa yang di dapatkan, apa yang
diinginkan untuk pertemuan akan datang, bagaimana perasaannya ketika belajar
hari ini.
- Melakukan umpan balik dengan memberi
pujian dan memperingatkan agar belajar dengan sungguh-sungguh.
- Guru bercerita / mendongeng yang
berisi tentang ajakan untuk menjadi siswa yang rajin, disiplin, dan tepat
waktu agar tercapai cita-citanya.
|
Klasikal
|
35 menit
|
- Mandiri
- Cinta tanah air
- Cinta damai
- Demokratis
|
IX.
Penilaian
a.
Teknik
tes : Tertulis, Lisan, dan Perbuatan
b.
Prosedur
tes : Proses tes dan Post tes
c.
Bentuk : Uraian, Isian dan pengamatan
d.
Instrumen :
A. Lembar Pengamatan/Perbuatan (ketika
proses pembelajaran berlangsung)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Nilai
|
||
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kesesuaian Cerita
|
|||
1 – 3
|
1 – 3
|
1 – 3
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
B. soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Tes
|
Bentuk
Tes
|
Contoh
Instrumen Soal
|
PKn
§ Menjelaskan arti tolong menolong.
§ Menyebutkan contoh-contoh saling
berbagi di sekolah.
|
Tertulis
Perbuatan
|
Jawaban
Singkat
Pengamatan
|
1. Membantu
teman yang sedang mengalami kesulitan disebut .......
2. Karena
tolong menolong, pekerjaan yang berat menjadi ......
3. Apakah
yang dimaksud dengan tolong menolong ?
4. Siapa
yang berani memeragakan contoh saling tolong menolong !
|
Bahasa Indonesia
§ Mendengarkan
teks pendek yang dibacakan.
§ Melengkapi
kalimat rumpang dengan kata sesuai isi teks.
§ Menceritakan
kembali isi teks dengan bahasa sendiri.
|
Lisan
Lisan
Lisan
|
Melengkapi
Pengamatan
|
1.
....Andi dan Angga ke rumah Bobi.
2.
Bobi mengajari ........ membuat
layang-layang.
3.
Apa judul dari bacaan teks pendek?
4.
Siapa yang berani menceritakan kembali
cerita yang didengar!
|
X. Sumber/Bahan Ajar
§ Buku Pkn
§ Buku Bahasa Indonesia
§ LKS
§ Gambar kegiatan tolong menolong di
sekolah.
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
…………….., ………………. 20…..
Guru Kelas II
|
………………………………….
NIP.
|
|
………………………………….
NIP.
|
No comments:
Post a Comment