contoh silabus kelas 1 kurtilas tema lingkungan
SILABUS
TEMATIK
KELAS / SEMESTER : I / I
TEMA : LINGKUNGAN
Mata Pelajaran/
Standar Kompetesi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrument
|
||||||
PKn
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
, dan suku bangsa
|
- Menjelaskan perbedaan jenis
kelamin, agama, dan suku bangsa
|
-Suku bangsa
|
-Menyebutkan
suku yang terbesar di Indonesia
- Membedakan
cirri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adapt istiadat
- Menjelaskan dari arti semboyan Bhineka Tungal Ika
|
-Menyebutkan
# suku yang terbesar di Indonesia
- Membedakan
cirri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adapt istiadat
- Menjelaskan dari arti semboyan Bhineka Tungal Ika
|
Tes tulis
|
Isian
|
-
|
- Buku PKn Kelas I BSE
Buku PKn Kelas I yang relevan
|
B.INDONESIA
- Memahami bunyI bahasa perintah, dan dongeng yang dilisankan
- Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi,
secara lisan dengan
perkenalan dan tegur
sapa, pengenalan benda
dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamasi
- Memahami teks pendek
dengan membaca
nyaring
- Menulis permulaan
dengan menjiplak,
menebalkan,
mencontoh,
melengkapi, dan
menyalin
|
- Membedakan berbagai bunyi bahasa
- Menyapa orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan
bahasa yang
santun
- Membaca nyaring suku kata dan
kata
dengan lafal yang tepat
- Menjiplak berbagai bentuk gambar,
lingkaran, dan bentuk huruf
- Menebalkan berbagai bentuk
gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
- Mencontoh huruf, kata, atau kalimat
sederhana dari buku atau papan
tulis dengan benar
- Melengkapi kalimat yang belum
selesai
berdasarkan gambar
|
Mengamati
Lingkungan
|
- Mendemonstrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru
- Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
- menjawab pertanyaan dengan menjelaskan isi dongeng
- Memperagakan tokoh dongeng didepan kelas
- Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang santun
- Bercerita berdasarkan gambar
- Memasangkan nama buah dengan ciri-ciri yang tepat
- Mengenali huruf-huruf dengan membacanya sebagai suku kata ,kata-kata
,dankalimat sederhana
- Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar
- menjiplak berbagai bentuk huruf
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf
- Menyalin /mencontoh huuf kata,kalimat dari papan tulis atau buku dengan
benar.
- menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis
guru dan menyalinnya pada buku sendiri
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
|
- Mendemonstrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru
- Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
- menjawab pertanyaan dengan menjelaskan isi dongeng
- Memperagakan tokoh dongeng didepan kelas
- Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua
dengan bahasa dan cara yang santun
- Bercerita berdasarkan gambar
- Memasangkan nama buah dengan ciri-ciri yang tepat
- Mengenali huruf-huruf dengan membacanya sebagai suku kata ,kata-kata
,dankalimat sederhana
- Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang benar
- menjiplak berbagai bentuk huruf
- Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf
- Menyalin /mencontoh huuf kata,kalimat dari papan tulis atau buku dengan
benar.
- menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis
guru dan menyalinnya pada buku sendiri
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
|
Tes Lisan
Tes Perbuatan
Demonstrasi
|
Uraian
sikap
|
|
Buku
B.Indonesia
Kelas I BSE
|
MATEMATIKA
Bilangan
- Melakukan
penjumlahan dan
pengurangan bilangan
sampai 20
|
-Melakukan
Penjumlahan dan
Pengurangan
Bilangan
sampai 20
|
Penjumlahan
dan Pengurangan
|
- Memecahkan
masalh sehari-hari yang terkait penjumlahan sampai 20
-Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan 20
- Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
|
- Memecahkan
masalh sehari-hari yang terkait penjumlahan sampai 20
-Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan 20
- Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
|
Tes Lisan
Tes Tertulis
|
Isian
Uraian
|
|
- Buku
Matematika Kelas I BSE
|
IPA
- Mengenal anggota
tubuh dan kegunaan
nya, serta cara
perawatannya
|
- Membiasakan hidup sehat
|
Cara Merawat
tubuh
|
- Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan
- Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang
- Menjelaskan keuntungan melakukan olahraga ,beristirahat dan tidur
yangteratur agar tubuh sehat dan kuat
- memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan (cuci tangan ,
memotng kuku, olah raga, beristirahat dan tidur)
|
- Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan
- Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang
- Menjelaskan keuntungan melakukan olahraga ,beristirahat dan tidur
yangteratur agar tubuh sehat dan kuat
- memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan (cuci tangan ,
memotng kuku, olah raga, beristirahat dan tidur)
|
Tes
Perbuatan
Tes Lisan
Tes Tulis
|
Sikap
Uraian
Demonstrasi
|
|
Buku IPA Kelas I
BSE
|
IPS
- Memahami identitas
diri dan keluarga,
serta sikap saling
menghormati dalam
kemajemukan
keluarga
|
-Menceriterakan
pengalaman diri
|
Kasih saying
Keluargaku
|
- Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas
- Menceritakan tentang teman main dirumah
- Menceritakan peristiwa waktu kecil yang paling berkesan
|
- Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas
- Menceritakan tentang teman main dirumah
- Menceritakan peristiwa waktu kecil yang paling berkesan
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
|
- Buku
IPS Kelas I BSE
|
SBK
- Mengapresiasi karya seni musik
|
- Mengidentifikasi unsur/elemenmusik dari berbagai
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
- Mentukan sumber bunyi
- Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan
- Membedakan
panjang dan pendeknya bunyi
-
Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan.
|
- Mentukan sumber bunyi
- Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan
- Membedakan
panjang dan pendeknya bunyi
-
Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan.
|
Tes
Perbuatan
Tes Lisan
|
Demonstrasi
Uraian
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
__________________________
NIP.
|
|
…………, ………………… 20…
Guru Kelas I
______________________
NIP.
|
No comments:
Post a Comment