RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ……………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI
Semester : 1
I.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
III.
INDIKATOR
· Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
· Menjelaskan peranan BPUPKI dalam memeparsiapkan
kemerdekaan Indonesia
IV.
ALOKASI WAKTU :
2 X 35 MENIT (1 X PERTEMUAN)
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mendeskripsikan nilai-nilai juang
dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
VI.
MATERI AJAR
· Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
VII. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
Pemberian Tugas
VIII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Kegiatan Awal
· Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
· Menyimak informasi tentang
tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
· Menggali pengetahuan siswa tentang
perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah
|
Klasikal
|
10 Menit
|
B
|
Kegiatan Inti
· Menyimak penjelasan tentang persiapan
kemerdekaan Indonesia
· Siswa ditugaskan untuk mencari informasi dan
bertanya jawab tentang tokoh-tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
· Siswa ditugaskan untuk membaca buku sumber
tentang peranan BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
· Bertanya jawab tentang peranan BPUPKI
|
Klasikal
Kelompok
Individual
Klasikal
|
50 Menit
|
C
|
Kegiatan Penutup
§ Membuat rangkuman tentang persiapan kemerdekan
Indonesia
§ Pemberian tugas/PR
|
Individual
|
10 Menit
|
IX.
ALAT DAN SUMBER
A. Sumber Belajar
·
Buku PKn kelas VI
·
Buku penunjang yang relevan
B. Alat peraga
·
Gambar tokoh-tokoh kemerdekaan
X.
PENILAIAN
1. Teknik tes :
Tertulis, Lisan dan Perbuatan
2. Prosedur tes :
Proses tes dan Post tes
3. Bentuk :
Uraian, Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung
dengan mengamati aktivitas siswa,
terutama ketika melaksanakan tugas atau diskusi kelompok/ kelas
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
||
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||
1 - 3
|
1 - 3
|
1
- 4
|
|||
1.
2.
3.
dst
|
|
|
|
|
|
B. Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir Kompetensi dasar, (soal
terlampir)
5. Penilaian :
A. Pilihan Ganda : Jawaban yang benar mendapat skor 1
Jawaban yang salah mendapat skor 0
B. Uraian : Jawaban yang benar mendapat skor 2
Jawaban yang mendekati benar mendapat skor 1
Jawaban yang salah mendapat skor 0
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
……………..,
………………. 20…..
Guru Kelas V
|
………………………………….
NIP.
|
|
………………………………….
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ……………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI
Semester : 1
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
III.
INDIKATOR
·
Menuliskan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan
Ir. Soekarno
·
Menyebutkan hari lahirnya pancasila
·
Menyebutkan rumusan teks Pancasila secara berurutan
IV.
ALOKASI WAKTU :
2 X 35 MENIT (1 X PERTEMUAN)
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia dengan menuliskan rumusan dasar negara yang dikemukakan
oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno serta teks pancasila sebagai dasar negara
Republik Indonesia
VI.
II. MATERI AJAR
·
Rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir.
Soekarno serta teks pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
VII. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab,
Pemberian Tugas
VIII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
|
Siswa
|
Waktu
|
||
A
|
Kegiatan Awal
· Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
· Menyimak informasi tentang
tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
· Bertanya jawab
tentang persiapan kemerdekaan
Indonesia
|
Klasikal
|
10 Menit
|
B
|
Kegiatan Inti
§ Siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang
rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno
§ Siswa ditugaskan untuk menuliskan rumusan dasar
negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno
§ Tanya jawab tentang hari lahirnya Pancasila
§ Mengucapkan teks Pancasila secara bersama-sama
|
Kelompok
Individual
Klasikal
|
50 Menit
|
C
|
Kegiatan Penutup
§ Membuat rangkuman tentang rumusan dasar negara
yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno serta teks pancasila
sebagai dasar negara Republik Indonesia
§ Pemberian tugas/PR
|
Individual
|
10 Menit
|
IX.
ALAT DAN SUMBER
A. Sumber Belajar
·
Buku PKn kelas VI
·
Buku penunjang yang relevan
B. Alat peraga
·
Gambar tokoh-tokoh kemerdekaan
·
Chart teks Pancasila
VI. PENILAIAN
1. Teknik tes :
Tertulis, Lisan dan Perbuatan
2. Prosedur tes :
Proses tes dan Post tes
3. Bentuk :
Uraian, Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung
dengan mengamati aktivitas siswa,
terutama ketika melaksanakan tugas atau diskusi kelompok/ kelas
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Jumlah
Nilai
|
||
Keberanian
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|||
1 - 3
|
1 - 3
|
1
- 4
|
|||
1.
2.
3.
dst
|
|
|
|
|
|
B. Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir Kompetensi dasar, (soal
terlampir)
5. Penilaian :
A. Pilihan Ganda : Jawaban yang benar mendapat skor 1
Jawaban yang salah mendapat skor 0
B. Uraian : Jawaban yang benar mendapat skor 2
Jawaban yang mendekati benar mendapat skor 1
Jawaban yang salah mendapat skor 0
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
……………..,
………………. 20…..
Guru Kelas V
|
………………………………….
NIP.
|
|
………………………………….
NIP.
|
No comments:
Post a Comment