Saturday, 12 March 2016

contoh RPP PKN Kelas 6 Kurtilas

contoh RPP PKN Kelas 6 Kurtilas



contoh RPP PKN Kelas 6 Kurtilas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                 : ……………………….
Mata Pelajaran      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI
Semester              : 1


I.           STANDAR KOMPETENSI
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

II.          KOMPETENSI DASAR
1.1          Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

III.        INDIKATOR
·       Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·       Menjelaskan peranan BPUPKI dalam memeparsiapkan kemerdekaan Indonesia

IV.        ALOKASI WAKTU        : 2 X 35 MENIT (1 X PERTEMUAN)

V.         TUJUAN PEMBELAJARAN
·       Siswa dapat mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

VI.        MATERI AJAR
·       Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

VII.      METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Pemberian Tugas

VIII.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Kegiatan Awal
·       Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
·       Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·       Menggali pengetahuan siswa  tentang  perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah

Klasikal


10 Menit
B
Kegiatan Inti
·      Menyimak penjelasan tentang persiapan kemerdekaan Indonesia
·      Siswa ditugaskan untuk mencari informasi dan bertanya jawab tentang tokoh-tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·      Siswa ditugaskan untuk membaca buku sumber tentang peranan BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·      Bertanya jawab tentang peranan BPUPKI

Klasikal

Kelompok


Individual

Klasikal 
50 Menit
C
Kegiatan Penutup
§  Membuat rangkuman tentang persiapan kemerdekan Indonesia
§  Pemberian tugas/PR

Individual

10 Menit

IX.        ALAT DAN SUMBER
A. Sumber Belajar
·         Buku PKn kelas VI
·         Buku penunjang yang relevan
B. Alat peraga
·         Gambar tokoh-tokoh kemerdekaan

X.         PENILAIAN
1. Teknik tes    : Tertulis, Lisan dan Perbuatan
2. Prosedur tes                : Proses tes dan Post tes
3. Bentuk                         : Uraian, Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen    :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dengan mengamati aktivitas siswa,
terutama ketika melaksanakan tugas atau diskusi kelompok/ kelas

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Nilai
Keberanian
Keaktifan
Kerjasama
1  -  3
1  -  3
 1  -  4
1.
2.
3.
dst






B.  Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir Kompetensi dasar, (soal terlampir)

5. Penilaian      : 
A. Pilihan Ganda      :  Jawaban yang benar mendapat skor 1
   Jawaban yang salah mendapat skor 0
B. Uraian                 :  Jawaban yang benar mendapat skor 2
   Jawaban yang mendekati benar mendapat skor 1
   Jawaban yang salah mendapat skor 0


Mengetahui
Kepala Sekolah

…………….., ………………. 20…..
Guru Kelas V



………………………………….
NIP.




………………………………….
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                 : ……………………….
Mata Pelajaran      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI
Semester              : 1


I.           STANDAR KOMPETENSI
1.        Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

II.          KOMPETENSI DASAR
1.1   Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

III.        INDIKATOR
·         Menuliskan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno
·         Menyebutkan hari lahirnya pancasila
·         Menyebutkan rumusan teks Pancasila secara berurutan

IV.        ALOKASI WAKTU        : 2 X 35 MENIT (1 X PERTEMUAN)

V.         TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Siswa dapat mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menuliskan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno serta teks pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

VI.        II. MATERI AJAR
·         Rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno serta teks pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia

VII.      METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Pemberian Tugas

VIII.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
A
Kegiatan Awal
·       Mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
·       Menyimak informasi tentang tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·       Bertanya jawab  tentang  persiapan kemerdekaan Indonesia

Klasikal

10 Menit
B
Kegiatan Inti
§  Siswa ditugaskan untuk mencari informasi tentang rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno
§  Siswa ditugaskan untuk menuliskan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno
§  Tanya jawab tentang hari lahirnya Pancasila
§  Mengucapkan teks Pancasila secara bersama-sama

Kelompok


Individual

Klasikal 
50 Menit
C
Kegiatan Penutup
§  Membuat rangkuman tentang rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. Moh Yamin dan Ir. Soekarno serta teks pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
§  Pemberian tugas/PR

Individual

10 Menit
IX.        ALAT DAN SUMBER
A. Sumber Belajar
·         Buku PKn kelas VI
·         Buku penunjang yang relevan
B. Alat peraga
·         Gambar tokoh-tokoh kemerdekaan
·         Chart teks Pancasila

VI. PENILAIAN
1. Teknik tes    : Tertulis, Lisan dan Perbuatan
2. Prosedur tes                : Proses tes dan Post tes
3. Bentuk                         : Uraian, Pilihan Ganda dan Pengamatan
4. Instrumen    :
A. Lembar Pengamatan
Dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung dengan mengamati aktivitas siswa,
terutama ketika melaksanakan tugas atau diskusi kelompok/ kelas

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Nilai
Keberanian
Keaktifan
Kerjasama
1  -  3
1  -  3
 1  -  4
1.
2.
3.
dst






B.  Tes tertulis
Dilaksanakan pada akhir Kompetensi dasar, (soal terlampir)

5. Penilaian      : 
A. Pilihan Ganda      :  Jawaban yang benar mendapat skor 1
   Jawaban yang salah mendapat skor 0
B. Uraian                 :  Jawaban yang benar mendapat skor 2
   Jawaban yang mendekati benar mendapat skor 1
   Jawaban yang salah mendapat skor 0


Mengetahui
Kepala Sekolah

…………….., ………………. 20…..
Guru Kelas V



………………………………….
NIP.




………………………………….
NIP.

No comments: