Monday, 14 March 2016

contoh silabus kelas 1 kurtilas tema keluarga

contoh silabus kelas 1 kurtilas tema keluarga
















contoh silabus kelas 1 kurtilas tema keluarga

SILABUS TEMATIK
KELAS / SEMESTER : I / I
TEMA : KELUARGA
ALOKASI WAKTU: 3 MINGGU



No

Mata Pelajaran / Standar Kompetesi

Kompetensi Dasar

Materi

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.
PKn
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
, dan suku bangsa


-Menjelaskan perbedaan jenis kelamin,  agama,
dan suku bangsa


Jenis Kelamin

-Menunjukan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
- Menunjukan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah

-Menunjukan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
- Menunjukan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah

Tes perbuatan


Sikap

-

- Buku PKn Kelas I BSE
Buku PKn Kelas I yang relevan
2.
B.INDONESIA
-  Memahami bunyi bahasa perintah, dan   dongeng yang dilisankan











- Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi,  
  secara lisan dengan 
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda
  dan fungsi anggota 
  tubuh,  dan deklamasi  

- Memahami teks pendek
  dengan membaca
  nyaring 

- Menulis permulaan 
   dengan menjiplak,
   menebalkan, 
   mencontoh,   
   melengkapi, dan
   menyalin 


- Melaksanakan sesuatu sesuai dengan  perintah atau petunjuk sederhana Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita  
- Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat 
 Sederhana

- Menyapa orang lain  dengan menggunakan  kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

- Membaca nyaring kalimat  sederhana  dengan lafal dan intonasi yang tepat dan               lafal yang tepat

- Menjiplak
berbagai bentuk gambar,     lingkaran, dan bentuk huruf

- Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf lingkaran,  dan bentuk huruf

- Mencontoh huruf, kata, atau kalimat              sederhana  dari buku atau papan tulis  dengan benar

- Melengkapi kalimat yang belum selesai   berdasarkan gambar


Diri Sendiri

- melakukan sesuatu sesuai perintah dan permintaaan guru

- menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
- Memperagakan isi dongeng didepan kelas
- Membaca nyaring ( didengar siswa)

- Membaca nyaring kalimat seederhana dengan lafal dan intonasi yang benar

- mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata , kata-kata, dan kalimat sederhana

- Menjiplak berbagai huruf dan gambar
- Menebalkan berbagai betuk gambar ,dan bentuk huruf

- Menyalin / mencontoh huruf, kata kalimat dan papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas

- Menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalin pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

- melakukan sesuatu sesuai perintah dan permintaaan guru


- menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
- Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng

- Memperagakan isi dongeng didepan kelas
- Membaca nyaring ( didengar siswa)



- Membaca nyaring kalimat seederhana dengan lafal dan intonasi yang benar
- mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata , kata-kata, dan kalimat sederhana

- Menjiplak berbagai huruf dan gambar
- Menebalkan berbagai betuk gambar ,dan bentuk huruf

- Menyalin / mencontoh huruf, kata kalimat dan papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas

- Menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalin pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung

- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

Tes Lisan
Tes Perbuatan
Demonstrasi

Uraian
sikap


Buku B.Indonesia
Kelas I BSE
3.
MATEMATIKA
Bilangan
- Melakukan    
  penjumlahan dan  
  pengurangan bilangan
  sampai 20


- Membilang
banyak benda
-  Mengurutkan
banyak benda


Mengurukan bilangan

- Membandingkan dua kumpulan bendamelalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit
- Membaca dan menulis lambing bilangan
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teraturdari yang terkecil.
-  Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar


- Membandingkan dua kumpulan bendamelalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit
- Membaca dan menulis lambing bilangan
- Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teraturdari yang terkecil.
-  Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar


Tes Lisan
Tes Tertulis
Tes Perbuatan

Isian
Uraian
demonstrasi


- Buku Matematika Kelas I BSE

4.
IPA
- Mengenal anggota
   tubuh dan kegunaan
   nya,     serta cara 
   perawatannya


-Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar  tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, 
pakaian, udara, lingkungan sehat)


Kebutuhan tubuh

- Mengemukakan cirri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
- Menjelaskan bahwa air kotor ,tumpukan sampah ,asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
- Menunjukan cara merawat tubuh
- membiasakan  Membuang sampah pada tempatnya

- Mengemukakan cirri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
- Menjelaskan bahwa air kotor ,tumpukan sampah ,asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
- Menunjukan cara merawat tubuh
- membiasakan  Membuang sampah pada tempatnya

Tes Perbuatan
Tes Lisan


Sikap
uraian


Buku IPA Kelas I
BSE
5.
IPS
- Memahami identitas
  diri  dan keluarga, 
  serta sikap saling 
  menghormati dalam
  kemajemukan
  keluarga

- Menceriterakan  pengalaman diri

Pengalaman ku

- Memberi contoh kemajemukan Keluarga ( Jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,dll)
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga.

- Memberi contoh kemajemukan Keluarga ( Jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan,dll)
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga.

Tes Lisan

Isian
Uraian


- Buku IPS  Kelas I BSE

6.
SBK
- Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari


-Mengidentifikasi unsur tari pada benda di alam   Sekitar


- Mengelompok
kan gerak tari sesuai level
- Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai
- Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh (internal)

- Mengelompok
kan gerak tari sesuai level
- Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai
- Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh (internal)

Tes Perbuatan
Demonstrasi
Tes Lisan

Sikap
Uraian




Mengetahui
Kepala Sekolah

_________________________
NIP.

…………, ………………… 20…        
Guru Kelas  I

______________________
NIP.

No comments: