contoh silabus kelas 1 kurtilas tema keluarga
SILABUS
TEMATIK
KELAS
/ SEMESTER : I / I
TEMA
: KELUARGA
ALOKASI
WAKTU: 3 MINGGU
No
|
Mata
Pelajaran / Standar Kompetesi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
|
PKn
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
, dan
suku bangsa
|
-Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama,
dan suku
bangsa
|
Jenis
Kelamin
|
-Menunjukan sikap saling menghargai perbedaan dalam
lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
- Menunjukan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di
rumah dan di sekolah
|
-Menunjukan sikap saling menghargai perbedaan dalam
lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah
- Menunjukan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di
rumah dan di sekolah
|
Tes
perbuatan
|
Sikap
|
-
|
- Buku PKn Kelas I BSE
Buku PKn Kelas I yang relevan
|
2.
|
B.INDONESIA
- Memahami
bunyi bahasa perintah, dan dongeng yang
dilisankan
- Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi,
secara lisan dengan
perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda
dan fungsi anggota
tubuh,
dan deklamasi
- Memahami teks pendek
dengan membaca
nyaring
- Menulis permulaan
dengan
menjiplak,
menebalkan,
mencontoh,
melengkapi,
dan
menyalin
|
- Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam
cerita
- Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat
Sederhana
- Menyapa orang lain
dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
- Membaca nyaring kalimat sederhana
dengan lafal dan intonasi yang tepat dan lafal yang tepat
- Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
- Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf lingkaran, dan bentuk huruf
- Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
|
Diri
Sendiri
|
- melakukan sesuatu sesuai perintah dan permintaaan
guru
- menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya
sendiri
- Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
- Memperagakan isi dongeng didepan kelas
- Membaca nyaring ( didengar siswa)
- Membaca nyaring kalimat seederhana dengan lafal dan
intonasi yang benar
- mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku
kata , kata-kata, dan kalimat sederhana
- Menjiplak berbagai huruf dan gambar
- Menebalkan berbagai betuk gambar ,dan bentuk huruf
- Menyalin / mencontoh huruf, kata kalimat dan papan
tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas
- Menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menyalin pada buku sendiri dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan
gambar
|
- melakukan sesuatu sesuai perintah dan permintaaan
guru
- menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya
sendiri
- Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
- Memperagakan isi dongeng didepan kelas
- Membaca nyaring ( didengar siswa)
- Membaca nyaring kalimat seederhana dengan lafal dan
intonasi yang benar
- mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku
kata , kata-kata, dan kalimat sederhana
- Menjiplak berbagai huruf dan gambar
- Menebalkan berbagai betuk gambar ,dan bentuk huruf
- Menyalin / mencontoh huruf, kata kalimat dan papan
tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas
- Menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menyalin pada buku sendiri dengan menggunakan
huruf tegak bersambung
- Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan
gambar
|
Tes Lisan
Tes Perbuatan
Demonstrasi
|
Uraian
sikap
|
|
Buku
B.Indonesia
Kelas
I BSE
|
3.
|
MATEMATIKA
Bilangan
- Melakukan
penjumlahan
dan
pengurangan
bilangan
sampai 20
|
- Membilang
banyak benda
- Mengurutkan
banyak benda
|
Mengurukan
bilangan
|
-
Membandingkan dua kumpulan bendamelalui istilah lebih banyak dan lebih
sedikit
-
Membaca dan menulis lambing bilangan
-
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teraturdari yang terkecil.
- Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar
|
-
Membandingkan dua kumpulan bendamelalui istilah lebih banyak dan lebih
sedikit
-
Membaca dan menulis lambing bilangan
-
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teraturdari yang terkecil.
- Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar
|
Tes
Lisan
Tes
Tertulis
Tes
Perbuatan
|
Isian
Uraian
demonstrasi
|
|
-
Buku Matematika Kelas I BSE
|
4.
|
IPA
- Mengenal anggota
tubuh dan
kegunaan
nya, serta cara
perawatannya
|
-Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air,
pakaian,
udara, lingkungan sehat)
|
Kebutuhan
tubuh
|
-
Mengemukakan cirri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
-
Menjelaskan bahwa air kotor ,tumpukan sampah ,asap kendaraan merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
-
Menunjukan cara merawat tubuh
-
membiasakan Membuang sampah pada
tempatnya
|
-
Mengemukakan cirri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
-
Menjelaskan bahwa air kotor ,tumpukan sampah ,asap kendaraan merupakan
kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
-
Menunjukan cara merawat tubuh
-
membiasakan Membuang sampah pada
tempatnya
|
Tes
Perbuatan
Tes
Lisan
|
Sikap
uraian
|
|
Buku IPA Kelas I
BSE
|
5.
|
IPS
- Memahami identitas
diri dan keluarga,
serta sikap saling
menghormati
dalam
kemajemukan
keluarga
|
- Menceriterakan
pengalaman diri
|
Pengalaman
ku
|
-
Memberi contoh kemajemukan Keluarga ( Jenis kelamin, suku bangsa, agama,
kebiasaan,dll)
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
|
-
Memberi contoh kemajemukan Keluarga ( Jenis kelamin, suku bangsa, agama,
kebiasaan,dll)
- Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
|
Tes
Lisan
|
Isian
Uraian
|
|
-
Buku IPS Kelas I BSE
|
6.
|
SBK
- Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
-Mengidentifikasi unsur tari pada benda di alam Sekitar
|
|
- Mengelompok
kan gerak tari sesuai level
- Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai
- Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan
menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh (internal)
|
- Mengelompok
kan gerak tari sesuai level
- Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai
- Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan
menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh (internal)
|
Tes
Perbuatan
Demonstrasi
Tes
Lisan
|
Sikap
Uraian
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP.
|
|
…………, ………………… 20…
Guru Kelas I
______________________
NIP.
|
No comments:
Post a Comment