Saturday, 3 September 2016

KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF BAGI PRAMUKA PENGGALANG

KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF

 BAGI PRAMUKA PENGGALANG

I.     PENDAHULUAN
1.    Kegiatan  kreatif dan rekreatif dalam kepramukaan selalu bermuatan: modern, bermanfaat  dan adanya ketaatan kepada Kode Kehormatan Pramuka.
2.    Kegiatan kratif dan rekreatif yang dilakukan pada setiap kegiatan, akan memicu meningkatnya krativitas peserta didik dalam menghadapi segala tantangan yang timbul menjadi peluang untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.


II.   MATERI POKOK
1.    Manfaat kratifvitas dalam menghadapi tantangan, ialah :
a.     dapat membangun harga diri
b.    menguatkan kesadaran diri
c.     membangun rasa memiliki integritas diri dalam mengembangkan bakat dan keterampilanya
d.    dapat merubah tantangan menjadi peluang usaha
e.     dapat mengukur kemampuan diri

2.    Cara mengembangkan Kreativitas Pramuka Penggalang

a.     Pembina Pramuka Penggalang untuk dapat mengembangkan kreativitas Pramuka Penggalang hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik akan tugas-tugas pekembangan mereka, diataranya ialah :
1)    berfikir kritis
2)    mudah terjadi identifikasi yang sangat emosional
3)    minat dan aktivitasnya mulai mencerminkan jenis (kelamin) secara lebih
4)    dorongan kuat untuk ekspansi diri dan bertualang
5)    pengaruh kelompok sebaya sangat besar
6)    memerlukan kehangatan dan keserasian dalam keluarga di rumah
7)    memerlukan dukungan emosional orang tua bila mengalami kekecewaan dalam bergaul
8)    mengenangi perilaku yang penuh kejutan, tantangan dan perilaku mengganggu orang lain
9)    permainan kelompok/tim sangat menarik baginya.




b.    Pembina Pramuka Penggalang memberi fasilitas dan kesempatan seluas-luasnya kepada para Pramuka Penggalang lewat Dewan Pasukan Penggalang  untuk menciptakan kegiatan sesuai dengan kebutuhan pemenuhan tugas-tugas perkembangan jiwa mereka.  Kegiatan yang mereka susun sendiri sedemikian ini pasti merupakan kegiatan yang menyenangkan, sehingga dengan kegiatan tersebut mereka mengadakan rekreasi.
c.     Pembina Penggalang ikut terlibat dalam kegiatan, dan bilamana kegiatan yang mereka susun, dapat mereka laksanakan dengan sukses maka akan terkembangkan kreativitas yang ada pada mereka.
d.    Keikut sertaan Pembina dalam kegiatan tidak untuk memberikan petunjuk-petunjuk, tetapi semata-mata untuk memberikan dukungan moral saja.

3.    Sebagai  fasilitator Pembina Pramuka akan berperan :
       a.     mendorong belajar mandiri sebanyak mungkin 
b.    memotivasi pada peserta didik untuk berani memberikan kritik secara konstruktif serta mampu menilai diri sendiri
c.     berusaha menghindari pemberian dukungan atau celaan terhadap ide-ide yang tidak biasa
d.    dapat menerima perbedaan menurut waktu dan kecepatan antara peserta didik dalam kemampuan melahirkan ide-ide baru

4.    Kegiatan kreatif akan mendidik Pramuka Penggalang untuk selalu menemukan hal-hal baru, dengan jalan :
a.     merubah yang sudah ada menjadi baru
b.    menciptakan hal yang baru sama sekali

Bila mana hal ini dilakukan secara berkesinambungan akan tertanam semangat inovotif pada peserta didik yang akan membekali mereka pada kehidupan yang penuh tantangan, persaingan, dan hambatan.  Bagi mereka yang berjiwa inovatif hal tersebut tidak akan menjadi masalah, karena tantangan, persaingan dan hambatan yang mereka hadapi akan mereka rubah menjadi suatu peluang usaha.

5.    Kegiatan kreatif dapat mengembangkan kemampuan
a.     berfikir kritis
b.    berfikir luwes
c.     berfikir orisinil
d.    berfikir terperinci
e.     berani mengambil resiko

 III. PENUTUP
Pembina hendaknya lebih banyak memberikan tantangan dari pada tekanan.  Tantangan yang diberikan pada peserta didik akan memberikan peluang bagi peserta didik untuk membangkitkan kreativitasnya dalam menghadapi tantangan tersebut disamping itu akan melatih rasa percaya diri, berfikir kritis, mengembangkan kemampuan menganalisis, mengembangkan kemampuan menemukan keputusan serta mengembangkan keberanian untuk bertindak


KEPUSTAKAAN
1.      Munanadar, Prof. Dr. S.C. Utami. PENGEMBANGAN  BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK SEKOLAH, PENUNTUN BAGI GURU DAN ORANG TUA. Jakarta. Gramedia.1987.
2.      Semiawan. Prof. Dr. Conny. PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Jakarta. Gramedia. 1989.
3.      Widyono. Bambang S. MENYIAPKAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIF PESERTA DIDIK. Surabaya. 1996.
4.      Atmasulistya, Drs. H. Endy, PANDUAN PRAKTIS MEMBINA PRAMUKA, Jakarta, 2000.

No comments: