KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN
KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN
I. PENDAHULUAN
1. Keterampilan kepramukaan merupakan
keterampilan yang didapat seseorang pramuka dari kegiatan kepramukaan yang
diikutinya : keterampilan kepramukaan selalu siap untuk dimanfaatkan sewaktu -
waktu dalam menghadapi tantangan.
2. Pemilikkan keterampilan kepramukaan pada
seseorang pramuka banyak sedikitnya tergantung pada :
a. golongan usia pramuka (S,G,T,D)
b. berapa
lama pramuka tersebut mengikuti kegiatan kepramukaan
c. bagaimana
kualitas pembinanya
II. MATERI POKOK
1. Keterampilan kepramukaan merupakan
kebutuhan untuk dimiliki peserta didik/kaum muda/pramuka, karena masyarakat
mempunyai asumsi bahwa seseorang pramuka pasti memiliki keterampilan
kepramukaan yang dapat digunakan sebagai modal pramuka dalam kehidupanya sehari
- hari di masyarakat.
2. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut
diatas, Pembina Pramuka dituntut agar memiliki seperangkat keterampilan
kepramukaan. Keterampilan kepramukaan
oleh Pembina Pramuka dapat difungsikan sebagai media pendidikan/pembinaan watak
peserta didik.
3. Keterampilan kepramukaan dapat
dikelompokkan sebagai berikut :
a.
Keterampilan Spiritual
b.
Keterampilan Emosional
c.
Keterampilan Manajerial
d.
Keterampilan Pisik
e.
Keterampilan Mengenal Alam
f.
Keterampilan Sosial
4. Keterampilan Spiritual
Keterampilan Spiritual ialah
keterampilan sikap dan perilaku seseorang pramuka yang dalam keseharian
mencerminkan perwujudan :
a. pengamalan
kaidah - kaidah agama yang dianutnya.
b. pengalaman
Prinsip Dasar Kepramukaan
c. pengamalan
Kode Kehormatan Pramuka
d. pengamalan
Pancasila
5. Keterampilan Emosional
Keterampilan Emosional ialah
keterampilan menata emosi, sehingga yang bersangkutan antara lain menjadi
pramuka yang :
a.
cermat dalam menghadapi masalah
b.
bijak dalam mengambil keputusan
c.
sabar
d.
tidak tergesa - gesa dalam menentukan sikap
e.
menghormati lawan bicara
f.
sopan
g.
santun dalam berbicara
h.
hormat kepada orang tua
6 Keterampilan Manajerial
Keterampilan Manajerial ialah
keterampilan merencanakan dan mengelola kegiatan sehingga mencapai
kesuksesan. Pramuka yang memiliki
keterampilan manajerial, diantaranya memiliki keterampilan :
a.
kepemimpinan
b.
perencanaan, pemrograman dan pelaksanaan kegiatan
c.
administrasi
d.
hubungan antar insani (relationship)
e.
penyusunan pelaporan
7. Keterampilan Pisik
Keterampilan Pisik ialah keterampilan
yang secara pisik menjadi kebutuhan peserta didik bekal dalam mengatasi
tantangan/rintangan. Yang tergolong
keterampilan pisik, ialah :
a. Tali - temali
ialah keterampilan dengan menggunakan
dasar tali, dikelompokkan dalam :
* SIMPUL,
ialah ikatan pada tali, diantaranya :
- simpul ujung tali
simpul untuk menjaga agar
tali tidak terurai
- simpul mati
simpul untuk menyambung dua tali yang
sama besar
- simpul anyam
simpul untuk menyambung dua tali yang
tidak sama besarnya dalam kondisi kering
- Simpul anyam berganda
simpul untuk menyambung dua tali yang
tidak sama besarnya dalam kondisi basah atau kering
- simpul erat
untuk memulai suatu ikatan
- simpul pangkal
simpul digunakan untuk permulaan ikatan
- simpul tiang
simpul untuk mengikat leher binatang agar
tidak terjerat dan masih dapat bergerak bebas.
- simpul tarik
simpul digunakan untuk menuruni
tebing/pohon dan tidak akan kembali
- simpul kursi
gunanya untuk mengangkat dan menurunkan
orang atau barang.
- simpul kembar
simpul untuk menyambung dua tali yang
sama besar dan dalam kondisi licin atau basah.
- simpul jangkar
digunakan untuk membuat tandu darurat
* IKATAN
- ikatan palang
ikatan untuk membentuk palang yang
bersudut 90 derajat
- ikatan silang
ikatan untuk membentuk tongkat
bersilangan dan talinya membentuk diagonal
b. Memahami peta, kompas dan cara
menggunakannya
- membaca peta topografi
- membuat peta pita
- membuat panorama sket
- memahami kompas dan cara penggunaannya
c. Isyarat dan Sandi
- membaca dan mengirim isyarat dengan semaphore
- membaca dan mengirim isyarat dengan morse,
dengan menggunakan : peluit, bendera, senter, pesawat telegraph
- memecahkan/membaca macam-macam sandi, kita
harus menemukan dan memahami terlebih dahulu apa yang menjadi kunci
sandi yang ada.
d. Menafsir
- menafsir tinggi pohon/tiang
- menafsir lebar sungai
- menafsir berat, dll
8. Keterampilan Mengenal Alam
a. Kabut
1) kabut tipis dan merata pertanda cuaca baik
2) terang benderang di pagi hari pertanda buruk
3) kabut di gunung-gunung pertanda akan turun
hujan
4) udara sejuk dan berembun di pagi hari
pertanda akan turun hujan di siang hari.
b. Matahari
1) matahari terbit berwarna kemerah-merahan dan
diliputi garis-garis awan hitam pertanda akan ada hujan
2) matahari terbit berwarna kemerahan yang
terang pertanda cuaca baik
3) matahari terbit kemerahan dan dicampuri
garis-garis awan kekuning-kuningan pertanda akan hujan lebat
4) matahari terbenam dengan warna
kekuning-kuningan pertanda akan ada hujan
5) warna merah pada saat matahari terbenam
pertanda akan terjadi angin yang cukup kencang
c. Binatang
1) semut,
akan tetap berada dalam liangnya bila cuaca akan buruk, tetapi akan keluar dari
liangnya dan berjalan mondar-mandir bila cuaca akan tetap baik
2) ayam,
akan tetap berjalan-jalan dan membiarkan dirinya kehujanan menandakan bahwa
hujan tidak akan berlangsung lama; tetapi kalau ayam tersebut berteduh saat
hujan turun pertanda bahwa hujan akan berlangsung lama
3) lalat,
akan tetap hinggap di tembok apabila akan turun hujan; apabila beterbangan kian
kemari pertanda cuaca cerah.
4) cacing,
pada malam hari menimbun tanah berbutir-butir di kebun pertanda akan datang
hujan, dan bila cacing keluar dari liangnya menandakan hujan akan turun lama.
5) tanda-tanda lain jika cuaca akan buruk :
- kucing,
duduk dengan membelakangi api sambil mengusap-usap kepalanya dengan kaki
depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
- burung-burung,
membasahi bulunya dengan paruhnya
- burung-burung
laut, beterbangan menuju daratan
9. Keterampilan Sosial
Keterampilan sosial ialah
keterampilan-keterampilan yang muncul/timbul karena dorongan kepeduliannya
terhadap kebutuhan masyarakat, diantaranya terhadap kebutuhan masyarakat,
diantaranya :
a. Keterampilan PPPK (Pertolongan Pertama Pada
Kecelakaan)
diantaranya :
1) keterampilan tentang kesehatan lapangan
2) keterampilan dapur umum
3) keterampilan tentang evakuasi
4) keterampilam Search And Rescue (SAR)
b. Keterampilan tentang kesehatan masyarakat
c. Keterampilan tentang pengamanan masyarakat
1) keterampilan pengamanan TKP (Tempat Kejadian Perkara)
2) keterampilan pemadam kebakaran
3) keterampilan konservasi tanah dan air
III. PENUTUP
Masyarakat berasumsi bahwa
setiap Pramuka pasti memiliki keterampilan Kepramukaan kiranya asumsi
tersebut masuk akal juga, oleh karena itu menjadi kewajiban bagi kitalah untuk memberikan
bekal keterampilan kepada Pramuka dengan sebanyak-banyaknya yang meliputi :
keterampilan spiritual, keterampilan emosional, keterampilan manajerial,
keterampilan fisik, keterampilan mengenal alam dan keterampilan sosial.
KEPUSTAKAAN
1. AD
& ART GERAKAN PRAMUKA, Kepres RI No. 34 Tahun 1999 dan Kep.Ka Kwarnas No.
107 Tahun 1999. Kwarnas, Jakarta, 1999.
2. RENSTRA
GERAKAN PRAMUKA PANCA KARSA UTAMA 1999 - 2004, Kep Ka. Kwarnas No. 72 Tahun
1999, Kwarnas, Jakarta, 1999.
3. PANDUAN
KEGIATAN PERKEMAHAN DAN KETERAMPILAN PRAMUKA, Kwarda DKI Jakarta, 1999.
4. Powell, Lord Baden. MEMANDU UNTUK PRAMUKA,
Kwarnas, Jakarta, 1998.
No comments:
Post a Comment