Monday, 12 September 2016

KEGIATAN UNTUK MENGENAL DAN MENCINTAI LINGKUNGAN

KEGIATAN  UNTUK MENGENAL DAN MENCINTAI

LINGKUNGAN

KEGIATAN  UNTUK MENGENAL DAN MENCINTAI
LINGKUNGAN

I.     PENDAHULUAN
1.    Alam dan lingkungan Indonesia yang indah permai subur, memiliki kebanggaan alam yang  melimpah dan bermanfaat bagi kehidupan manusia

2.    Semua yang ada bermanfaat bagi manusia tersebut hanya terjadi karena kurunia Tuhan sehingga memungkinkan pada pramuka akan kebesaran Tuhan

3.    Mengenali dan mencintai alam bertujuan untuk mengembangkan kesadaran peserta didik terhadap alam lingkungannya yang terakhir dapat memelihara dengan teknologi dan memanfaatkan untuk kehidupan umat manusia

II.   MATERI POKOK
1.    Dalam kegiatan mengenal dan mencintai alam, diperlukan kecakapan yang harus dimiliki lebih dahulu oleh peserta didik, antara lain meliputi ruang lingkup :
a.     pengetahuan cara menaksir
b.    mengukur dengan anggota badan
c.     pengetahuan tentang binatang dan benda di langit
d.    mengenal tumbuh-tumbuhan, binatang, jenis-jenis tanah
e.     mengetahuan hukum alam dan sistem ekologi dalam kehidupan, dsb

2.    Untuk melaksanakan latihan mengenal dan mencintai alam lingkungan, sebagai berikut:
a.     melatih keterampilan kepramukaan, sehingga para pramuka mampu mengamalkannya untuk kepentingan upaya meningkatkan kecintaannya kepada alam dan lingkunganya misalnya : keterampilan menaksir tinggi pohon, lebar sungai, serta berat barang.
b.    mengadakan kunjungan ke kebun raya atau kebun binatang atau ke tempat  lain yang sejenis dengan itu kehidupan blora dan fauna
c.     membuat herbarium dan insektarium
d.    mengadakan penelitian tentang fauna dan flora mendata, mengklasifikasi dan menemukan mana yang mendekati kepunahan
e.     mengadakan pengembaraan dengan tugas-tugas mengadakan pengamat lingkungan dalam rangkaian program penyelamatan dan rehabilitasi hutan lindung.

3.    Alam, lingkungan dan seisinya merupakan suatu sistem dalam kehidupan yang saling membutuhkan dan saling ketergantungan satu dengan lainnya.  Oleh karena itu kepedulian Pramuka kepada alam dan lingkungan rasanya mutlak untuk didikkan sedini mungkin, sebagai upaya pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka
III. PENUTUP
Keseimbangan menata alam semesta dengan ekosistem pembangunan modern yang bermanfaat, hanya dapat dimulai dengan menanamkan rasa cinta dan bakti pada anak-anak dan pemuda-pemuda Indonesia terhadap alam, bumi pertiwi, tanah air dan bangsa


KEPUSTAKAAN
1.      Bahan KML. Kwarnas. Jakarta. 1983

No comments: