KEGIATAN UNTUK MENGENAL
DAN MENCINTAI
LINGKUNGAN
I. PENDAHULUAN
1. Alam dan lingkungan Indonesia yang indah
permai subur, memiliki kebanggaan alam yang
melimpah dan bermanfaat bagi kehidupan manusia
2. Semua yang ada bermanfaat bagi manusia
tersebut hanya terjadi karena kurunia Tuhan sehingga memungkinkan pada pramuka
akan kebesaran Tuhan
3. Mengenali dan mencintai alam bertujuan untuk
mengembangkan kesadaran peserta didik terhadap alam lingkungannya yang terakhir
dapat memelihara dengan teknologi dan memanfaatkan untuk kehidupan umat manusia
II. MATERI POKOK
1. Dalam kegiatan mengenal dan mencintai alam,
diperlukan kecakapan yang harus dimiliki lebih dahulu oleh peserta didik,
antara lain meliputi ruang lingkup :
a. pengetahuan cara menaksir
b. mengukur dengan anggota badan
c. pengetahuan tentang binatang dan benda di
langit
d. mengenal tumbuh-tumbuhan, binatang,
jenis-jenis tanah
e. mengetahuan hukum alam dan sistem ekologi
dalam kehidupan, dsb
2. Untuk melaksanakan latihan mengenal dan
mencintai alam lingkungan, sebagai berikut:
a. melatih keterampilan kepramukaan, sehingga
para pramuka mampu mengamalkannya untuk kepentingan upaya meningkatkan
kecintaannya kepada alam dan lingkunganya misalnya : keterampilan menaksir
tinggi pohon, lebar sungai, serta berat barang.
b. mengadakan kunjungan ke kebun raya atau
kebun binatang atau ke tempat lain yang
sejenis dengan itu kehidupan blora dan fauna
c. membuat herbarium dan insektarium
d. mengadakan penelitian tentang fauna dan
flora mendata, mengklasifikasi dan menemukan mana yang mendekati kepunahan
e. mengadakan pengembaraan dengan tugas-tugas
mengadakan pengamat lingkungan dalam rangkaian program penyelamatan dan
rehabilitasi hutan lindung.
3. Alam, lingkungan dan seisinya merupakan
suatu sistem dalam kehidupan yang saling membutuhkan dan saling ketergantungan
satu dengan lainnya. Oleh karena itu
kepedulian Pramuka kepada alam dan lingkungan rasanya mutlak untuk didikkan
sedini mungkin, sebagai upaya pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode
Kehormatan Pramuka
III. PENUTUP
Keseimbangan menata alam
semesta dengan ekosistem pembangunan modern yang bermanfaat, hanya dapat dimulai
dengan menanamkan rasa cinta dan bakti pada anak-anak dan pemuda-pemuda
Indonesia terhadap alam, bumi pertiwi, tanah air dan bangsa
KEPUSTAKAAN
1. Bahan KML. Kwarnas.
Jakarta. 1983
No comments:
Post a Comment